falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MAKANAN YANG TERENAK DAN TIDAK TERENAK DIDUNIA.

Hiduplah seorang raja di suatu tempat yang jauh. Suatu ketika raja ingin makanan yang berbeda. Dia berkata pada kokinya,”Wahai Koki yang bijak tolong buat kan aku makanan yang paling enak sedunia!”.

Koki tersebut membuatkannya.
Ketika dihidangkan, raja berkata,”Hmm…enak, suatu sungguh makanan terenak yang pernah kumakan. Terbuat dari apakah ini?” Jawab koki,”Terimakasih raja atas pujiannya..makanan ini terbuat dari lidah sapi!”

Di hari yang lain, raja meminta lagi kepada sang kokinya, seraya berkata,”Wahai koki, kali ini tolong buatkan aku masakan yang paling tidak enak sedunia!” Jawab koki,”Baik raja, akan segera saya lakukan.” Ketika hidangan selesai dan rajapun lalu mencicipinya. Ternyata sesuai dengan permintaannya, raja pun langsung muntah. Raja pun berkata”Wahai Koki yang bijak, makan ini sungguh tidak enak, terbuat dari apakah ini?” Jawab koki,”Makanan ini terbuat dari lidah sapi!”

“Wahai Koki yang bijak mengapa makanan yang terenak dan yang paling tidak enak terbuat dari bahan yang sama?”tanya raja.
Sang koki yang bijak itu langsung menjawabnya,”Begini raja, makan yang paling enak terbuat dari lidah dan yang paling tidak enak pun terbuat dari lidah.

Ini bagaikan sebuah perumpamaan, lidah seseorang atau perkataan seseorang bisa menjadi paling indah dan tentu tak kan menyakitkan hati seseorang. Tetapi lidah pun bisa menjadi hal yang paling tidak enak, lidah dapat melukai hati seseorang lainnya. Oleh karena itu hamba membuat dari bahan yang sama, bisa baik atau buruk, bisa enak atau pun tidak enak!”

About these ads

January 1, 2009 - Posted by | KUMPULAN CERITA BIJAK |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: