falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN APRIL.”

INILAH PERISTIWA-PERISTIWA YANG TERJADI DAN TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN APRIL :

1 April

Tycho Brahe Lahir

1 April tahun 1546, Tycho Brahe, astronom dan matematikawan terkenal asal Denmark terlahir ke dunia. Brahe mendalami astronomi di Jerman yang saat itu terkenal sebagai pusat riset astronomi. Ilmu yang didapatkannya di Jerman itu ia kembangkan di negaranya. Brahe secara ilmiah berhasil menunjukkan penemuannya atas sejumlah bintang baru yang sebelumnya tidak terdeteksi keberadaannya oleh para astronom. Pemerintah Denmark pun menaruh perhatian yang sangat besar terhadap Brahe sampai-sampai Kopenhagen membuatkan sebuah planetarium khusus buatnya yang terletak di Pulau Wen. Berbagai penemuannya di bidang ilmu perbintangan sangat membantu para astronom generasi sesudahnya seperti Keppler, untuk mengembangkan ilmu astronomi. Brahe meninnggal dunia pada tahun 1601.

William Harvey Lahir

1 April tahun 1578, William Harvey, seorang dokter dan ilmuwan mikro-seluler asal Inggris terlahir ke dunia. Harvey lebih dikenal sebagai seorang akademisi di bidang ilmu kedokteran daripada sebagai seorang dokter. Setelah menamatkan pendidikannya, Harvey diminta mengajar di sebuah perguruan tinggi. Pada masa-masa itulah, waktunya banyak dihabiskan untuk melakukan riset di bidang yang sangat ia sukai itu. Pada tahun 1616, Harvey berhasil menemukan sistem perputaran darah dalam tubuh manusia. Harvey meninggal dunia pada tahun 1658.

Mulla Ja’far Tehrani Meninggal Dunia

10 Shafar tahun 1263 hijriah, Mulla Ja’far Syariatmadar Tehrani, penulis dan ilmuwan besar muslim asal Iran meninggal dunia pada usa 66 tahun. Mulla Tehrani dilahirkan pada tahun 1197 hijriah. Saat masih muda, Mulla Tehrani sudah mengembara ke kawasan-kawasan pusat ilmu-ilmu keislaman. Ia baru pulang kembali ka tanah airnya bersamaan dengan peristiwa pengepungan kota Karbala oleh Daud Pasha, penguasa Imperium Ottoman. Mullah Tehrani dikenal karena buku-buku bermutu yang ditulisnya. Di antara karya-karyanya yang terkenal adalah sejumlah kitab berjudul “Mashabih”, Asy-Syari’ul Kabir”, “Safinatun-Najah”, dan Al-Barahinul Qathi’ah”.

Ayatullah Abdul Hadi Syirazi Wafat

10 Shafar tahun 1382 hijriah, Ayatullah Sayyid Abdul Hadi Syirazi, seorang ulama terkenal dunia Islam meninggal dunia. Ayatullah Syirazi telah ditinggal wafat oleh ayahandanya sejak masih kanak-kanak. Ia kemudian diasuh oleh Mirza Syirazi, salah seorang ulama besar zaman itu yang masih merupakan kerabatnya. Dari Mirza Syirazi itulah ia mulai berkenalan dengan dunia ilmu-ilmu keagamaan yang kemudian sangat dicintainya. Minatnya yang sangat besar di bidang ilmu-ilmu agama mendorongnya untuk berguru kepada para ulama terkenal lainnya seperti Akhund Khurasani dan Allamah Yazdi. Di antara karya terkenal Ayatullah Syirazi adalah sebuah buku berjudul Darul Islam.

2 April

Hans Christian Andersen Lahir

2 April tahun 1805, Hans Christian Andersen, seorang penulis buku cerita anak-anak terkenal asal Denmark terlahir ke dunia. Andersen lahir dan dibesarkan dari sebuah keluarga miskin. Untuk membantu kehidupan keluarganya, sejak remaja Andersen sudah mulai mencari penghasilan dengan cara menjadi pemain sandiwara di Kopenhagen. Dari dunia teater inilah ia mulai tertarik untuk menulis cerita-cerita fiksi, dan ia sangat menyukai jenis cerita anak-anak. Pada tahun 1835, Andersen mempublikasikan buku dongeng pertamanya berjudul “Hadir Menjawab”. Setelah karya pertamanya ini meledak di pasaran, Andersen secara rutin menulis dongeng-dongeng berikutnya yang juga meraih kesuksesan. Hingga tahun 1872, Andersen rata-rata menulis sebuah kisah tiap tahunnya. Buku-buku karya Andersen kemudian diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia. Produktivitas dan kepiawaiannya yang memikat dalam berkisah membuat kalangan internasional menjadikan hari kelahiran Andersen ini sebagai “Hari Membaca Anak Internasional”.

AS Bergabung dalam Perang Dunia I

2 April tahun 1917, AS menyataan diri bergabung dengan pasukan sekutu Inggris-Perancis melawan tentara Jerman dalam Perang Dunia Pertama yanmg sudah berlangsung selama tiga tahun. Alasan utama Washinghton melibatkan diri dalam perang itu adalah adanya serangan kapal-kapal selam Jerman terhadap kapal-kapal dagang milik AS yang mengakibatkan tenggelamnya sebagian dari kapal-kapal dagang tersebut. Kesediaan AS untuk bergabung dengan pasukan sekutu akhirnya mengubah peta perimbangan kekuatan kedua pihak yang bertikai.

Tentara Argentina Menduduki Malvinas

2 April tahun 1982, tentara Argentina menduduki Pulau Fackland atau lebih dikenal dengan nama Pulau Malvinas yang terdapat di kawasan tenggara negara itu. Pulau Malvinas ditemukan pada tahun 1832 oleh orang-orang Inggris dan menjadi salah satu koloni Inggris. Argentina sendiri selalu mengklaim bahwa Malvinas adalah bagian dari kawasan negaranya. Dengan alasan inilah, Aregentina menyerbu Pulau Malvinas pada tahun 1982. Tindakan Argentina ini tidak diterima oleh Inggris. Tentara Kerajaan Inggris kemudian dikirim ke kawasan itu dan terjadilah pertempuran di antara keduanya. Kecanggihan militer Inggris akhirnya mengantarkan tentara negara itu meraih kemenangan dan mengusir tentara Argentina dari Malvinas. Meskipun secara militer Argentina telah kalah, Bounes Aires masih melakukan langkah-langkah diplomasi untuk memiliki pulau tersebut.

Ja’far bin Husein bin Ahmad Meninggal Dunia

11 Shafar tahun 501 hijriah, Ja’far bin Husein bin Ahmad, atau yang kebih dikenal dengan nama “Siraj”, seorang ulama, ahli hadits, dan qari terkenal abad ke-VI hijriah meninggal dunia di kota Sour, selatan Lebanon. Siraj terlahir ke dunia pada tahun tahun 419 hijriah. Sejak usia muda, ia sudah menggeluti banyak bidang ilmu pengetahuan seperti fiqh, ilmu hadits, qira`ah, nahwu dan bahasa. Di semua bidang ini, ia dikenal memiliki kecerdasan yang khas. Ia mempelajari semua ilmu itu di sejumlah pusat ilmu-ilmu keagamaan terkenal saat itu seperti Mesir dan Syam. Di antara karya penulisan Siraj adalah sebuah buku berjudul “Nizhamul Manasik”

3 April

Kanselir Jerman Bismark Disingkirkan

3 April tahun 1890, Kanselir Jerman Bismark dicopot dari jabatannya oleh Raja William II. Bismark sebenarnya memilik jasa yang sangat besar terhadap negaranya. Ia dicatat oleh para sejarawan sebagai tokoh pemersatu Jerman. Karena kehebatannya, ia dijuluki sebagai Kanselir Besi. Ketika Raja Wiliam II naik tahta, kedua tokoh utama Jerman itu sering terlibat banyak pertengkaran. Akhirnya, William II memaksa Bismark mengundurkan diri dari jabatannya. Bismark kemudian menjalani kehidupan di rumahnya dan menulis sebuah buku berjudul “Pengetahuan dan Pemikiran”. Buku yang lebih merupakan wasiat politik itu ditulisnya dalam tiga jilid. Dalam buku itu, Bismark menuliskan sejumlah kritikannya kepada sistem Imperium Jerman. Bismark meninggal dunia pada tahun 1898.

Baghdad Dikuasai Pasukan Rasyid Gilani

3 April tahun 1941, kelompok nasionalis Irak di bawah pimpinan Rasyid ‘Ali Gilani berhasil menguasai kota Baghdad. Kelompok Gilani berhasil menduduki Baghdad karena mendapatkan dukungan dari Jerman. Saat itu, Inggris yang menganggap Irak sebagai bagian dari kawasan koloninya melakukan serbuan ke Baghdad untuk mengusir Gilani dari kota itu. Lambatnya bantuan dari pihak Jerman membuat Gilani terusir dari Baghdad. Sejak saat itu, Inggris memberlakukan pengawasan ketat atas Irak. Saat Perang Dunia Kedua meletus, Irak dimasukkan oleh Inggris sebagai kawasan yang mendukung pasukan sekutu.

Serbuan Besar-Besaran Tentara Israel atas Kota Jenin

3 April tahun 2002, pasukan Zionis Israel memulai serangan besar-besaran ke kawasan Jenin, Tepi Barat. Serangan ini merupakan rangkaian kekerasan meluas yang digelar tentara Israel terhadap kawasan Tepi Barat dengan tujuan akhir menumpas gerakan intifadha Al-Aqsha yang sudah berlangsung sejak tahun 2000. Sekitar 200 tank baja dan puluhan helikopter dikerahkan bersama 10.000 tentara Zionis ke kawasan yang hanya berpenduduk 15.000 orang Palestina tersebut. Mereka membombardir kawasan pemukiman warga sipil dari darat dan udara. Dengan senjata seadanya, selama sembilan hari, warga Jenin melakukan perlawanan terhadap aksi brutal tentara Zionis itu.

Akibat serbuan yang berlangsung atas instruksi langsung PM Israel Jenderal Ariel Sharon itu, ratusan warga warga Jenin gugur syahid, ratusan lainnya menderita luka-luka, dan sekitar 5.000 warga kehilangan tempat tinggal. Instalasi listrik, saluran air, dan bangunan-bangunan umum seperti rumah sakit di kawasan Jenin juga rusak berat. Yang lebih mengenaskan, tentara Zionis melarang tim bantuan medis dan kemanusiaan internasional memasuki kawasan Jenin. Akan tetapi, meskipun didera represi biadab tentara Zionis, gelora kebangkitan rakyat Palestina dalam rangka meraih hak-hak mereka tidaklah padam, bahkan semakin menyala-nya.

Salman Sawiji Wafat

12 Shafar tahun 778 hijriah, Khaja Jamaluddin Salman Sawiji, penyair besar Iran meninggal dunia di kota Saweh, tanah kelahirannya. Sejak usia muda, Sawiji sudah menunjukkan mintanya yang sangat besar di bidang keilmuan, terutama yang terkait dengan sastra dan bahasa. Minatnya itu mendorongnya untuk menekuni segala macam ilmu. Ketekunannya dalam mempelajari ilmu ditambah dengan bakatnya yang cemerlang, membuat Sawiji dengan cepat menjadi ilmuwan terkenal ketika ia masih berusia muda. Sawiji juga menunjukkan kecemerlangannya yang sangat hebat di bidang sastra, sampai-sampai Hafizh Shirazi, penyair genius Iran, memuji-muji Sawiji atas kehebatannya itu.

4 April

NATO Berdiri

Tanggal 4 April tahun 1949, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) secara resmi dibentuk di Brussel, Belgia. Saat itu, ada 12 negara yang menandatangani piagam pendirian NATO yaitu Perancis, Luxemburg, Belanda, Inggris, Kanada, Denmark, Eslandia, Italia, Norwegia, Portugis, AS, dan tuan rumah Belgia. Inti dari piagam NATO adalah kesepakatan dari negara-negara penanda tangan tersebut untuk membentuk pertahanan bersama. Dengan demikian, segala bentuk serangan yang ditujukan kepada salah satu negara anggota NATO akan dianggap sebagai serangan terhadap negara-negara lainnya. Beberapa tahun berikutnya, Jerman, Yunani, Spanyol, dan Turki ikut bergabung dengan NATO. Pada saat yang hampir bersamaan, Perancis malah mengambil jarak dengan NATO. Pada tahun 1960, meskipun masih tercatat sebagai anggota NATO, Perancis mulai menarik pasukannya dari NATO dan mengurangi ketergantungannya di bidang keamanan kepada pakta pertahanan tersebut.

Pembentukan NATO sebenarnya adalah konsekwensi dari situasi perang dingin pasca Perang Dunia Kedua. Uni Sovyet yang berhaluan komunis dianggap oleh negara-negara Barat sebagai ancaman. Karena itu, ketika Uni Sovyet mengalami keruntuhan awal tahun 90-an, NATO berusaha keras mencari justifikasi atas keberadaan organisasinya. Apalagi sejumlah negara Blok Timur, termasuk Rusia sendiri, pada akhirnya memilih bergabung dengan NATO. Dengan demikian, NATO semakin kehilangan identitasnya. Yang terlihat pada NATO kemudian adalah dominasi kuat AS atas berbagai kebijakan organisasi. Karena itu, sejumlah negara mulai meminta agar dominasi AS itu dikurangi.

Senegal Merdeka

Tanggal 4 April tahun 1960, Senegal, sebuah negara yang terletak di barat Afrika, memperoleh kemerdekaannya dari Perancis. Awalnya, Senegal dijajah oleh Portugis pada abad ke-15. Kemudian, kawasan koloni Senegal diambil alih oleh Perancis pada abad ke-17. Perancis saat itu melakukan eksploitasi besar-besaran atas sumber daya alam dan rakyat Senegal. Banyak warga kulit hitam Senegal diangkut ke Perancis untuk dijadikan budak. Menyusul melemahnya kekuatan militer Perancis pasca Perang Dunia Kedua, Senegal berhasil memperoleh banyak konsesi dari Paris, meskipun belum mendapatkan kemerdekaan penuh. Barulah pada tahun 1960, Senegal berhasil menjadi negara dengan kemerdekaan penuh. Sejak tahun itu, tanggal 4 April dijadikan hari nasional Senegal. Republik Senegal terletak di pesisir Samudera Atlantik. Negara ini berbatasan dengan Mauritania, Mali, dan Ginea. Luas negara ini 196 ribu kilometer persegi.

Syaikhul Islam Wafat

Tanggal 13 Shafar tanun 303 hijriah, Abu Abdurahman Ahmad bin Syu’aib Nasa`i, lebih dikenal dengan nama Syaikhul Islam, seorang ahli hadits terkenal meninggal dunia. Ia dilahirkan pada tahun 220 hijriah di sebuah pedesaan kawasan Khurasan, Iran. Sejak masa muda, Syaikhul Islam sudah pergi ke Mesir untuk menuntut ilmu. Setelah berhasil memperoleh banyak ilmu di bidang hadits dan fiqh, Syaikhul Islam pergi ke Damaskus. Di kawasan itu, ia banyak berceramah tentang keutamaan Ahlul Bait. Tindakannya ini ternyata banyak menuai kecaman dari kelompok-kelompok yang benci terhadap Ahlul Bait. Syaikhul Islam bahkan pernah diteror oleh kelompok-kelompok tersebut. Akhirnya, ia pergi ke Mekah dan menetap di Tanah Suci itu. Di antara karya Syaikhul Islam yang terkenal adalah kitab berjudul “Khashais Amiril Mu’minin Ali a.s” dan “Sunan Nasa`i”.

5 April

Tragedi Pembantaian Massal Harlem

Tanggal 5 April 1585 sebuah tragedi pembunuhan massal terjadi di Harlem, Belanda. Tragedi yang juga dikenal dengan nama Tragedi Harlem ini terjadi saat Raja Spanyol Philip II menginstruksikan represi secara meluas atas rakyat Belanda yang kemudian berpuncak dengan pembunuhan di Harlem itu. Dalam kasus tersebut, sekitar 6.000 aktivis kemerdekaan Belanda dibunuh oleh tentara Spanyol. Perjuangan rakyat Belanda untuk meraih kemerdekaannya akhirnya mencapai hasil pada tahun 1609.

Kemenangan Angkatan Laut Inggris Atas Belanda

Tanggal 5 April tahun 1654, perang laut besar-besaran antara dua kekuatan Eropa saat itu, yaitu Belanda dan Inggris, berakhir dengan kemenangan di pihak Inggris. Perang yang bermula bulan Maret tahun 1652 itu berlangsung karena kedua negara memperebutkan kekuasaan atas kawasan Laut Utara dan Samudera Atlantik. Dengan kemenangan itu, Inggris berhasil menjadi penguasa satu-satunya atas kawasan laut Eropa.

Imam Khomeini Dibebaskan dari Penjara Syah

Tanggal 5 April tahun 1964, Pemimpin Gerakan Revolusi Islam Iran Imam Khomeini dibebaskan dari tahanan rumah oleh Rezim Syah Pahlevi. Imam ditangkap pada tanggal 5 Juni tahun 1963 dengan tuduhan telah melakukan tindakan menghasut massa melawan pemerintahan Syah. Peristiwa penangkapan Imam tersebut langsung menyulut kemarahan rakyat Iran. Di seluruh kawasan Iran, terjadi demonstrasi besar-besaran menuntut pembebasan Imam.

Demonstrasi itu awalnya dijawab oleh Syah dengan represi hingga terjadi tragedi berdarah 15 Khurdad yang merengut nyawa sekitar lima ribu rakyat Iran. Akan tetapi, tindakan Syah itu malah semakin menyulut kemarahan rakyat. Syah kemudian agak memperlunak sikapnya. Imam memang masih ditahan. Tetapi, kali ini beliau menjalani tahanan rumah di Teheran. Keputusan Syah ini ternyata tidak menyurutkan gelombang protes rakyat. Mereka menuntut pembebasan Imam secara penuh. Akhirnya, karena khawatir terhadap gerakan rakyat, Syah membebaskan Imam. Begitu berita pembebasan Imam ini tersebar ke seluruh Iran, rakyat di seantero negeri ini mengadakan pesta besar-besaran.

Ibnu Syadad Meninggal Dunia

Tanggal 14 Shafar tahun 632 hijriah, Abul Mahasin Bahauddin, atau dikenal dengan nama Ibn Syadad, seorang faqih, hakim, dan sejarawan besar Islam meninggal dunia. Ibnu Syadad lahir di kota Mosul, Irak, pada tahun 539 hijriah. Sejak masih kanak-kanak, Ibnu Syadad sudah mampu menghapal Al-Quran. Ia kemudian mempelajari ilmu-ilmu keagamaan, khususnya di bidang hadits, tafsir, dan qiraah Al-Quran di kota Baghdad. Setelah menyelesaikan masa belajarnya di kota itu, dengan maksud untuk melanjutkan studi, Ibnu Syadad pergi ke sejumlah kawasan ilmu di luar Irak. Ketika sampai ke Syam, Ibnu Syadad bertemu dengan Salahuddin Al-Ayyubi. Kepada Al-Ayyubi, Ibnu Syadad menghadiahkan sebuah kitab tentang jihad dan hukum Islam yang merupakan karyanya sendiri.

Pertemuannya dengan Al-Ayyubi tersebut bahkan menjadi awal mula persahabatan keduanya. Dalam berbagai pengembaraannya, termasuk saat berlangsung Perang Salib, Ibnu Syadad ikut menyertai Al-Ayyubi dan menjadi penasehatnya. Karena memiliki latar belakang sebagai seorang sejarawan, keikutsertaan Ibnu Syadad dalam berbagai peperangan mendorongnya untuk menuliskan berbagai kejadian yang dialaminya sendiri dalam peperangan tersebut. Buku sejarahnya yang berjudul “An-Nawadir As-Sulthaniyyah” menjadi literatur sejarah yang sangat berharga tentang peristiwa Perang Salib.

6 April

Portugis Dikuasai Spanyol

Tanggal 6 April tahun 1580, kerajaan Spanyol secara resmi memasukkan Portugis sebagian bagian dari wilayah kekuasaannya. Awalnya, Portugis adalah sebuah kerajaan dengan kekuatan besar di Eropa. Negara ini bahkan memilik banyak tanah koloni di Asia, Afrika, dan Amerika. Akan tetapi, pada tahun-tahun itu, muncul resesi ekonomi di dalam negeri Portugis. Akibatnya, terjadi emigrasi besar-besaran warga Portugis ke kawasan-kawasan koloninya. Begitu kekuatan dalam negeri Portugis melemah, Spanyol melakukan serangan ke Portugis dan dengan mudah menaklukan negeri itu. Menyusul penaklukan Portugis, tanah-tanah jajahan negara itu juga akhirnya satu-persatu jatuh ke tangan negara penjajah lainnya seperti Belanda. Portugis kembali berhasil meraih kemerdekaannya tahun 1640.

Dimulainya Aksi Kamikaze Tentara Jepang

Tanggal 6 April tahun 1945, dalam Perang Dunia II, pesawat-pesawat Kamikaze Jepang mulai melakukan serangan berani mati ke arah kapal-kapal induk milik AS. Saat itu, para pilot sukarelawan Jepang menabrakkan kapal-kapal tempur bermuatan bom yang dikemudikannya. Aksi bunuh diri yang heroik ini menimbulkan kerugian yang sangat besar di pihak AS. Akan tetapi, karena besarnya kekuatan sekutu, serangan pasukan Jepang yang saat itu bergabung dengan Jerman dan Italia akhirnya berhasil dibendung. Tentara Jepang bahkan berhasil dipukul mundur dari kawasan-kawasan Asia timur yang sebelumnya mereka duduki. Akhirnya, pada bulan Agustus 1945, AS mengebom kota Hiroshima dan Nagasaki dengan bom atom. Bom yang meluluh lantakkan kota serta membunuh ratusan ribu warga sipil Jepang itu mengakhiri Perang Dunia II.

Bentrokan Berdarah di Rwanda

Tanggal 6 April tahun 1994, bentrokan berdarah antara dua suku besar di Rwanda, yaitu Suku Tutsi dan Hutu, dimulai. Dalam waktu tiga bulan, kelompok ekstrimis Hutu membunuh secara massal sekitar 800 ribu orang Tutsi dan orang-orang moderat dari sukunya sendiri. Akibat perang besar ini, dua juta warga Rwanda terpaksa mengungsi ke tempat lain yang lebih aman.

Bentrokan antara dua suku besar di Rwanda ini memang memiliki akar sejarah sejak puluhan tahun lalu. Pada tahun 1994, sebenarnya sudah terjadi rekonsiliasi antara para pemuka suku. Disepakati bahwa mereka akan membentuk pemerintahan koalisi lewat pemilihan umum yang demokratis. Akan tetapi, pada bulan April tahun itu, terjadi insiden misterius berupa jatuhnya pesawat yang mengangkut Presiden Rwanda yang berasal dari Suku Hutu. Kelompok ekstrim Hutu menuduh Suku Tutsi berada di balik insiden tersebut dan langsung mengobarkan perang antar suku. Suku Hutu yang merupakan kelompok mayoritas di Rwanda dikenal dekat dengan Perancis. Sedangkan Tutsi secara terang-terangan mendapatkan dukungan dari AS. Akhirnya, berkat dukungan AS, kelompok minoritas Tutsi berhasil meraih kemenangan dan hingga kini menjadi rezim yang berkuasa di Rwanda.

Bal’ami Meninggal Dunia

Tanggal 15 Shafar tahun 329, Abul Fadhl Bal’ami, sejarawan muslim terkenal asal Iran meninggal dunia. Bal’ami sebenarnya lahir di Bukhara, Uzbekistan. Akan tetapi, karena keluarganya berasal dari sebuah kawasan di Asia kecil bernama Bal’am, ia lebih dikenal sebagai orang Bal’am. Bal’ami mengabdikan diri di dunia keilmuan pada zaman pemerintahan Samani. Kitab sejarah terkenal “Tarikh Thabari”, disebut-sebut sebagai buku yang ditulis dengan menyandarkan sumber utama literaturnya kepada buku-buku karya Bal’ami, termasuk kittab “Tarikh Bal’ami” yang ditulis dalam bahsa Persia.

7 April

Serangan Pasukan Imperium Rusia ke Swedia

7 April tahun 1721, Kaisar Rusia Peter Agung menginstruksikan pasukannya untuk menyerang Swedia. Tindakan ini dilakukan Rusia dalam rangka memperluas kekuasaannya. Dengan jumlah pasukan dan fasilitas militer yang lebih lengkap, Rusia berhasil mengalahkan pasukan Swedia. Kemudian, Peter Agung memaksakan sebuah perjanjian kepada Swedia berisikan kesediaan Swedia melepaskan sebagian kawasannya, termasuk Finlandia yang sebelumnya merupakan bagian dari kawasan Swedia.

Pasukan Italia Menyerang Albania

7 April tahun 1937, Italia memulai serangan besarnya ke Albania. Dua hari sebelumnya, pihak militer Italia dan Jerman melakukan perundingan menyangkut rencana serangan Roma ke Albania tersebut. Dalam perundingan yang dikenal dengan “Perundingan Para Jenderal” itu, Jerman memberikan dukungannya kepada Italia untuk menyerang Albania. Akhirnya, dengan dukungan 400 unit pesawat tempur, 10.000 pasukan Italia menyerang Albania. Setelah bertahan selama lima hari menghadapi gempuran hebat tentara Italia, Albania akhirnya menyerah dan negara ini menjadi salah satu kawasan pendudukan Italia.
Henry Ford Meninggal Dunia

7 April tahun 1948, Henry Ford, penemu dan ilmuwan asal AS meninggal dunia pada usia 84 tahun. Ia dilahirkan pada tahun 1863 di kawasan Greenfield, AS, di tengah keluarga yang miskin. Waktu masih kanak-kanak, Ford bekerja di sebuah perusahaan jam. Ketika menginjak usia remaja, ia menunjukkan minat dan bakatnya yang besar di bidang mekanik. Minat dan bakatnya inilah yang mendorongnya melakukan banyak eksperiman di bidang pembuatan mobil. Saat meninggal dunia, Ford meninggalkan warisan berupa sebuah imperium perusahaan mobil raksasa yang diberi nama sesuai dengan namanya: Ford.

8 April

Pesawat Tempur Zionis Menggempur Sebuah Sekolah Dasar

8 April tahun 1970, pesawat-pesawat tempur Zionis Israel melakukan serangan membabi-buta dengan sasaran sebuah sekolah dasar bernama Bahrul Baqr, 80 kilometer sebelah utara Kairo, Mesir. Dalam peristiwa itu, 46 murid sekolah itu tewas. Aksi yang sangat tidak berperikemanusiaan itu kontan membangkitkan emosi warga dunia. Sebelumnya, masyarakat internasional juga dikejutkan dengan tindakan biadab lainnya yang digelar Rezim Zionis di kawasan Mesir. Bulan Februari tahun itu, pesawat tempur Israel juga menggempur kawasan sipil di timur Kairo. Akibatnya, sebuah pabrik hancur dan 168 pekerja pabrik itu tewas atau terluka.

Ayatullah Baqir Sadr Gugur

8 April tahun 1979, Ayatullah Sayyid Muhamad Baqir Shadr beserta adik perempuannya, Bintul Huda, gugur syahid dieksekusi oleh pasukan keamanan Rezim Saddam Husein. Baqir Sadr adalah seorang ulama besar dengan kejeniusan yang sangat cemerlang. Sejak usia masih sangat muda, Baqir Sadr telah mencapai derajat ijtihad, sebuah posisi keilmuan sangat tinggi dalam tradisi ilmu-ilmu hauzah. Baqir Sadr juga menyampaikan banyak pandangan ilmiah berupa kritikan atas filsafat materialisme Barat.

Pandangan-pandangan brilian ilmiahnya itu kemudian menjadi semakin bermakna ketika Baqir Sadr memutuskan untuk terjun secara langsung ke dunia politik. Langkah Baqir Sadr ini dengan segera menarik perhatian aktivis politik di Irak. Hal inilah yang membuat Rezim Ba`ats menganggap Baqir Sadr sebagai tokoh yang membahayakan kepentingan mereka. Saddam kemudian menangkap Baqir Sadr berikut adik perempuannya. Tindakan Rezim Saddam ini membangkitkan gelombang protes dari banyak kalangan di Irak. Menyadari bahwa Sadr telah menjadi bahaya yang mengancam, Saddam lalu melakukan tindakan pintas dan kejam yaitu dengan membunuh keduanya.

Baqir Sadr juga termasuk pendukung revolusi Islam Iran di bawah pimpinan Imam Khomeini. Berkali-kali Baqir Sadr melakukan korespondensi dengan Imam Khomeini. Melalui surat-suratnya itu, Sadr terus-menerus menunjukkan dukungan dan kesetiannya terhadap gerakan revolusi di Iran. Di antara karya ilmiah Baqir Sadr adalah buku berjudul “Falsafatuna”. “Iqtishaduna”, dan “Durus fi ‘Ilmil Ushul”.

Abus-Su’ud Terlahir ke Dunia

17 Shafar tahun 896 hijriah, Muhamad Mushtafa ‘Imadi, atau yang lebih dikenal dengan nama Abus-Su’ud, ulama dan mufassir terkenal muslim terlahir ke dunia di kawasan pedesaan Mudarris, dekat kota Istanbul, Turki. Karena kecemerlangannya di dunia ilmu, setelah menyelesaikan masa studinya, Abus-Su’ud langsung diminta untuk mengajar di sejumlah pusat keilmuan di Turki. Pada saat yang bersamaan, ia juga diangkat sebagai hakim di Istanbul.

Abus-Su’ud juga memiliki perhatian yang sangat besar terhadap situasi sosial politik di zamannya. Ia sempat terlibat di pemerintahan Imperium Ottoman. Saat itu, ia melakukan banyak pembenahan terhadap hukum negara dan berupaya menjadikan syariat Islam sebagai dasar seluruh hukum negara. Di antara karya tulis Abus-Su’ud adalah kitab berjudul “Irsyadul ‘Aqlis Salim”, “Du’a Nameh”, “Qanun Nameh”, dan “Mafrudhat” .

9 April

Leon Torotski Lahir

9 April 1879 Leon Torotski, salah seorang pemimpin revolusi Rusia terlahir ke dunia. Selama menjani masa-masa perjuangannya, ia sempat dua kali dibuang oleh penguasa Rusia ke Siberia dalam kasus yang berbeda. Dua kali pula ia berhasil keluar dari tempat pembuangannya. Pertama adalah ketika revolusi komunis Sovyet berkobar. Torotski saat itu ditangkap oleh Imperium Rusia dan dibuang ke Siberia. Ketika revolusi tersebut berhasil meraih kemenangannya pada tahun 1917, Torotski kembali ke Kremlin dan diangkat oleh Lenin sebagai Komisaris Urusan Luar Negeri. Setahun berikutnya, ia dipercaya menjadi Komisaris Urusan Perang Uni Sovyet. Selama menjabat sebagai pejabat urusan perang ini, Torotski sempat mengomandoi pasukan negaranya dalam Perang Dunia Pertama. Ketika perang selesai dan negaranya membuat perjanjian damai dengan Jerman, Torotski menginstruksikan tentara merah Sovyet untuk berkonsentrasi menumpas kelompok-kelompok perjuangan anti-revolusi di dalam negeri.

Saat Lenin meninggal dunia, Torotski bertarung memperebutkan posisi pemimpin Uni Sovyet dengan tokoh revolusi lainnya, yaitu Stalin. Dalam pertarungannya itu, Torotski menelan kekalahan dan pada tahun 1925, ia kembali diasingkan ke Siberia. Tahun 1929, ia berhasil melarikan diri ke Turki. Dari negara ini, Torotski melakukan petualangan ke sejumlah negara dunia. Akhirnya, saat ia tengah berada di Meksiko pada tahun 1948, Torotski tewas ditembak oleh orang-orang bersenjata yang disebut-sebut sebagai orang-orang suruhan Stalin.

Pembantaian Massal di Deir Yasin

9 April tahun 1948, terjadi pembantaian besar-besaran di kawasan pedesaan Deir Yasin, yang terletak di barat Baitul Maqdis. Saat itu, lebih dari 270 warga sipil Palestina yang tinggal di desa itu dibantai secara sadis oleh organisasi teroris Irgun. Organisasi Irgun adalah sebuah milisi di bawah pimpinan Menachem Begin, seorang tokoh fundamentalis Zionis yang kelak menjadi Perdana Menteri Israel. Akibat aksi teror menakutkan terus-menerus yang dilakukan tentara Zionis, sejumlah besar warga Palestina mengungsi ke kawasan-kawasan sekitar Palestina.

Georgia Merdeka

9 April tahun 1991, negara Georgia yang terletak di kawasan Kukasus memproklamasikan kemerdekaannya dari Uni Sovyet. Di awal-awal tahun masehi, Georgia secara bergantian dikuasai oleh Imperium Roma dan Persia. Pada tahun 654, kawasan ini dikuasai kaum muslimin. Kemudian, sejak abad 16 hingga 18, kerajaan-kerajaan kuat Iran dan Imperium Ottoman datang silih menguasai Georgia. Di akhir abad 18, kekaisaran Rusia yang saat itu merupakan kekuatan baru di kawasan Eropa datang menduduki Georgia. Ketika terjadi revolusi komunis di Rusia, Georgia sempat menikmati kemerdekaannya. Akan tetapi, tentara merah Uni Sovyet dengan segera mencaplok kembali Georgia. Akhir tahun 80-an, ketika kakuatan Sovyet mulai melewah, Georgia menyatakan diri sebagai negara merdeka. Negara Georgia memiliki luas wilayah 70 ribu kilometer ². Negara ini terletak di pesisir Laut Hitam, dan berrbatasan dengan Rusia, Azerbaijan, Armenia, dan Turki.

Baghdad Jatuh ke Tangan Sekutu

9 April tahun 2003, dalam aksi invasi AS dan sekutunya ke Irak, setelah bertahan sekitar 20 hari, Baghdad akhirnya jatuh ke tangan pasukan AS dan sekutunya. Jatuhnya Baghdad hanya dalam waktu yang sangat singkat mengejutkan banyak pengamat, karena tadinya, pasukan sekutu diprediksikan akan dilawan secara mati-matian oleh pasukan Garda Republik Irak. Setelah berhasil menguasai Irak, AS langsung mengklaim kawasan itu sebagai daerah pendudukan dan menempatkan ratusan ribu pasukannya di negeri 1001 malam itu.

Uwais Al-Qarni Gugur

18 Shafar tahun 37 hijriah, Uwais Al-Qarni, seorang sahabat besar Imam Ali a.s. gugur syahid dalam perang Shiffin. Ia berasal dari Qarn, sebuah kawasan sekitar Yaman. Uwais memeluk agama Islam pada masa Rasulullah masih hidup. Akan tetapi, ia tidak pernah bertemu dengan junjungannya itu karena harus menjaga ibundanya yang sakit keras. Meskipun tidak pernah bertemu dengan Rasulullah, kecintaan Uwais terhadap Nabi yang mulia berikut ajaran suci yang dibawa Rasulullah sangatlah tinggi. Rasulullah SAWW juga berkali-kali menyebut Uwais sebagai seorang muslim yang sangat hebat. Uwais baru mendapatkan kesempatan untuk datang ke Madinah setelah Rasul wafat. Uwais kemudian bergabung dengan para sahabat Rasulullah yang setia dan memberikan kontribusi besar dalam penegakan agama Islam. Ketika pecah perang Shiffin antara pasukan Imam Ali a.s. dan Mu’awiyah, Uwais turut membela Imam Ali. Di perang inilah Uwais menjemput syahadah.

10 April

Tentara Perancis Meninggalkan Lebanon

10 April tahun 1946, tentara terakhir Perancis meninggalkan kawasan Lebanon. Perancis menduduki Lebanon dan Suriah pada tahun 1918 menyusul berakhirnya Perang Dunia Pertama dan terpecah-pecahnya kawasan di bawah Khilafah OttomanTurki. Akan tetapi, saat Perang Dunia II pecah dan Perancis dikuasai Jerman, kekuasaan atas Lebanon berpindah tangan ke Jerman. Tahun 1941, berbagai perkembangan pada perang tersebut membuat L:ebanin kembali jatuh ke tangan pasukan sekutu. Tentara Perancis kemudian kembali menguasai Lebanon. Perjuangan tiada henti rakyat Lebanon yang menginginkan kemerdekaan membuahkan hasil pada tahun 1945. Pada tahun itu, Lebanon memproklamasikan kemerdekaannya, walaupun tentara Perancis masih tetap bercokol di kawasan tersebut. Berbagai perundingan diplomasi antara para tokoh perjuangan Lebanon dan pemerintah Perancis menghasilkan kesepakatan keluarnya tentara pendudukan pada tahun 1946.

Tiga Tokoh Perjuangan Palestina Diteror MOSSAD

10 April tahun 1973, para petugas Badan Intelejen Rahasia Israel (MOSSAD) melakukan aksi teror atas tiga orang tokoh perjuangan Palestina, yaitu Kamal Nashir, Kamal ‘Udwan, dan Mohamad Yusuf Najjar. Ketiganya menjadi sasaran teror MOSSAd saat berada di Beirut, Lebanon. Aksi teror terhadap para tokoh perjuangan Palestina yang sedang berada di luar negeri menjadi model MOSSAD dalam menekan perjuangan bangsa Palestina. 10 tahun berikutnya, pada tahun 1983, aksi yang sama dilakukan MOSSAD terhadap ‘Usham Sarthawi, penasehat politik Yasser Arafat. Sarthawi dibunuh oleh agen-agen MOSSAD saat sedang melakukan lawatan ke Portugis. Meskipun tindakan ini jelas-jelas melanggar hukum internasional dan mendapatkan kecaman keras dari dunia Islam, akan tetapi Rezim Zionis tidak segan-segan melakukan tindakan-tindakan serupa di kemudian hari. Negara-negara Barat yang selalu mengklaim sebagai pendekar HAM serta penegak supremasi hukum, ternyata malah menunjukkan sikap apatisnya atau malah mendukung aksi-aksi Rezim Zionis tersebut.

Vonis Konspiratif Pengadilan Lokal Jerman

10 April tahun 1997, sebuah pengadilan lokal di Jerman mengeluarkan vonis bahwa para pejabat tinggi Republik Islam Iran terlibat dalam pembunuhan terhadap salah seorang tokoh oposisi Iran yang mendapatkan suaka politik dari pemerintah Jerman. Besok harinya, menyusul vonis tersebut, negara-negara yang tergabung ke dalam Uni Eropa secara serentak memanggil pulang para duta besarnya dari Teheran ke negara masing-masing. Sebagai tindakan balasan, Iran juga memanggil para duta besarnya yang berada di negara-negara anggota Uni Eropa. Hubungan diplomatik Iran dan negara-negara Eropa menjadi agak renggang. Teheran sendiri membantah vonis pengadilan lokal Jerman yang dikeluarkan tanpa disertai bukti-bukti kuat tersebut. Perkembangan berikutnya menunjukkan secara jelas bahwa vonis pengadilan lokal Jerman itu merupakan hasil konspirasi Israel dan AS. Karena itu, Iran sejak awal meyakini bahwa tindakan negara-negara Eropa itu tidak akan berkepanjangan. Setelah sepuluh bulan berlalu dari vonis tersebut, perkembangan proses hukum atas vonis pengadilan lokal Jerman menunjukkan bahwa vonis tersebut sangat dipaksakan dan bukti-buktinya semakin kabur dan bias. Karena itu, negara-negara Eropa akhirnya mengirimkan lagi para duta besarnya ke Teheran secara diam-diam.

Ayatullah Langgarudi Wafat

19 Shafar tahun 1383 hijriah, Ayatullah Sayid Murtadha Langgarudi, seorang ulama besar Islam asal Iran meninggal dunia. Beliau dilahirkan di kota Langgarud, sebuah kawasan di utara Iran, pada tahun 1306 hijriah. Sejak masih muda, Ayatullah Langgarudi sudah menunjukkan bakatnya yang besar di bidang agama. Awalnya, ia belajar di hauzah ilmiah Qazvin. Kemudian, ia melanjutkan pelajarannya di Teheran. Pada tahun 1338, saat usianya mencapai 32 tahun, beliau pergi ke Najaf, Irak, dan melanjutkan studinya di pusat keilmuan Islam itu hingga mencapai derajat marji’. Pengabdiannya terhadap Islam dilakukan dengan cara mengajar.

11 April

Refrigator Ditemukan

11 April tahun 1859, sebuah refrigerator atau alat pendingin berhasil dibuat oleh Ferdinand Carre, seorang kimiawan asal Perancis. Carre berhasil menemukan bahwa suhu dingin bisa dihasilkan oleh gas amoniak. Untuk itulah ia kemudian merancang alat tertentu yang bisa mengubah energi yang dimiliki gas amoniak menjadi energi dingin. Penemuan Carre tersebut merupakan sebuah perkembangan besar dalam dunia keilmuan dan industri. Dengan ditemukannya refrigator, bahan-bahan makanan dan obat-obatan bisa diawetkan dalam jangka waktu yang lama meskipun berada di sebuah kawasan berudara panas.

Emilio Zapata Tewas

11 April tahun 1919, Emilio Zapata, pemimpin revolusi Meksiko, tewas dibunuh oleh musuh-musuh perjuangannya. Zapata adalah seorang tokoh perjuangan yang menggerakkan suku-suku kulit merah di kawasan Meksiko untuk bangkit merebut kembali tanah-tanah mereka yang dirampas imigran kulit putih. Perjuangan itu dimulai sejak tahun 1910. Dalam perjuangannya itu, awalnya Zapata bersahabat dengan Presiden Meksiko Fransesco Madero. Zapata menyebut Madero sebagai seorang politisi reformis. Akan tetapi, ketika Zapata mengemukakan sebuah program ferormasi tanah, Madero menolak program itu habis-habisan. Akibatnya, kedua tokoh itu berhadap-hadapan secara frontal. Tahun 1919, Zapata tewas secara misterius. Menurut para sejarawan, Zapata tewas dibunuh oleh orang-orang suruhan Madero. Hingga kini, Zapata dikenang oleh kaum kulit merah Meksiko sebagai tokoh pembebas.

Arba’in Syahadahnya Imam Husein

20 Shafar tahun 61 hijriah, kafilah keluar Rasulullah yang selamat dari tragedi Asyura kembali ke Karbala. Peristiwa ini terjadi tepat 40 hari setelah tragedi itu berlangsung. Tanggal 20 Shafar kemudian dikenang oleh para pengikut Ahlul Bait sebagai hari “Arba’in” atau hari ke-40. Berdasarkan catatan sejarah, setelah berlangsungnya tragedi pahit Asyura, kafilah keluarga Rasulullah yang tersisa, di antaranya Imam Zainal Abidin yang saat itu tengah sakit keras dan putranya Imam Baqir, beserta kaum perempuan, digiring oleh pasukan Ibnu Ziyad sebagai tawanan. Di Kufah, mereka menggugah kesadaran masyarakat tentang hakikat yang sebenarnya terjadi di Karbala. Sebagaimana yang dicatat secara cermat oleh para sejarawan, terjadi banyak distorsi yang dibuat oleh Ibnu Ziyad dalam menutup-nutupi hakikat perjuangan Imam Husein dan sahabat-sahabatnya hingga gugur syahid di Karbala.

Rombongan keluarga Rasulullah itu kemudian dikirim ke Syam untuk dipersembahkan kepada Yazid bin Mu’awiyah. Sisa rombongan itu tadinya diperkirakan akan dipermalukan oleh Yazid untuk akhirnya dibunuh. Akan tetapi, kefasihan Sayyidah Zainab dalam menyampaikan hakikat Karbala kepada masyarakat Syam malah membuat kaum muslimin di sana menjadi tahu kejadian yang sebenarnya. Dengan demikian, keberadaan kafilah itu di Syam hanya membuat sosok Yazid semakin dibenci. Karena itulah Yazid tidak berani membunuh sisa kafilah tersebut. Yazid akhirnya malah membebaskan keluarga Rasulullah.

Sisa keluarga Rasulullah itu akhirnya bertolak dari Syam menuju Karbala, untuk melakukan prosesi pemakaman atas jenazah para syuhada Karbala. Pada saat yang sama, dari Madinah, sahabat Rasulullah yang sudah sangat tua, Jabir bin Hayyan Al-Anshari juga bertolak ke Karbala. Pada tanggal 20 Shafar, kedua rombongan itu bertemu di tanah bersejarah saksi duka nestapa keluarga Rasulullah itu.

12 April

Kaisar Matsuhito Mulai Berkuasa

12 April tahun 1867, Matsuhito, kaisar Jepang yang terkenal atas kebijakan reformasinya, memulai masa kekuasaannya. Matsuhito meraih kekuasaan ketika Jepang mengalami kemunduran di berbagai bidang. Oleh karena itulah, setahun setelah berkuasa, Kaisar Matsuhito memulai gerakan reformasi dan revolusi sosial di Jepang. Di antara kebijakan yang diambil Matsuhito adalah menghapuskan sistem feodalisme, memindahkan ibukota dari Kyoto ke Tokyo, dan menyusun UUD baru. Ketika kekuasaan Matsuhito berakhir tahun 1912, Jepang telah berhasil meraih banyak kemajuan. Namun, pada masa kekaisaran Matsuhito pula meletus perang antara Jepang dan Cina.

Republik Spanyol Berdiri

12 April tahun 1932, pemerintahan Spanyol diubah dari bentuk kerajaan menjadi bentuk republik. Perubahan ini menyusul terjadinya kebangkitan rakyat melawan pemerintahan Raja Alfonso ke-13 yang despotik. Akibatnya, Raja Alfonso ke-13 terpaksa mengundurkan diri dan berdirilah pemerintahan republik di Spanyol. Namun pada tahun 1936, kekuatan kerajaan di bawah pimpinan Jenderal Fransisco Franco mengobarkan perang melawan kekuatan republik. Dua setengah tahun kemudian, Jenderal Franco dan pasukannya meraih kemenangan dan sistem negara Spanyol kembali ke bentuk kerajaan.

Penerbangan Pertama ke Luar Angkasa

12 April tahun 1961, Yuri Gagarin, seorang astronot Rusia berusia 27 tahun, membuat sejarah dengan menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Ia mneggunakan pesawat ulang-alik Vostok One. Dalam waktu 89 menit, pesawat Vostok One berhasil meninggalkan bumi dan melakukan perjalanan mengelilingi planet bumi. Yuri Gagarin sebelum mengemudikan pesawat ulang-alik adalah seorang pilot pesawat tempur. Tujuh tahun kemudian, tanggal 27 Maret 1968, Yuri Gagarin tewas akibat kecelakaan pesawat di dekat Moskow.

Kitab Miftahul Falah Selesai Disusun

21 Shafar tahun 1051, penulisan kitab Miftahul Falah selesai dikerjakan oleh Syaikh Bahai, seorang ilmuwan muslim terkemuka. Penulisan ini dilakukan di kota Ganjeh yang terletak di kawasan Kaukasus. Penerjemahan kitab Miftahul Falah ke dalam bahasa Persia dilakukan oleh Shadraiy Tabrizi, seorang ahli hadis abad ke-11 Hijriah dan memberi nama kitab terjemahan itu dengan nama Adab-e Abasi. Kitab Miftahul Falah terdiri dari enam bab yang berisi penjelasan mengenai amal-amal dan doa-doa di berbagai waktu dalam sehari semalam.

13 April

Pembunuhan Massal di Jallianwala Bagh (India)

13 April tahun 1919, terjadilah pembunuhan massal di sebuah lapangan yang bernama Jallianwala Bagh di kota Amritsar, India. Pada hari itu, sekitar 10.000 rakyat India yang terdiri laki-laki, perempuan, dan anak-anak yang tidak bersenjata, berkumpul di lapangan tersebut untuk memprotes undang-undang subversif yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Inggris. Berdasarkan undang-undang ini, polisi berhak untuk menangkap dan menahan siapa saja yang dianggapnya mencurigakan. Atas perintah seorang komandan pasukan Inggris bernama Dyer, para peserta demonstrasi damai itu dihujani tembakan dengan tanpa diberi peringatan terlebih dahulu. Akibatnya, sekitar 1200 orang tewas dan 4000 lainnya luka-luka. Tentara Inggris bahkan tidak mengizinkan diberikannya pengobatan dan air minum kepada para korban yang luka-luka dalam kejadian itu.

Setelah pembunuhan massal ini, perjuangan rakyat India melawan penjajahan Inggris menjadi semakin kuat sampai akhirnya merdeka di tahun 1947.

Austria Diduduki Sekutu

13 April tahun 1945, pada bulan-bulan terakhir era Perang Dunia II, Austria diduduki oleh pasukan Sekutu. Sebelum PD II, Austria adalah negara independen, namun menjelang dimulainya perang, Hitler mencaplok Autria dan menajdikannya sebagai bagian dari wilayah Jerman. Dengan demikian tentara Austria pun terjun ke medan perang untuk membela Jerman. Setelah kekalahan Jerman dalam perang, Tentara Merah Soviet menduduki ibu kota Austria, Wina, sementara tentara AS menginvasi Austria melalui Bavaria dan tentara Inggris masuk ke negeri itu melalui Italia utara. Kemudian, Austria dibagi menjadi lima bagian yang masing-masing dikuasai oleh sebuah negara anggota blok Sekutu. Sementara itu, kota Wina diperintah secara bersama oleh empat negara Sekutu. Pada tahun 1946, Sekutu menyerahkan kemerdekaan Austria dan pada tahun 1955, seluruh pasukan Sekutu keluar dari negara itu. Selama PD II, Austria kehilangan 400.000 tentara dan sekitar 150.000 warga sipil.

Perang Saudara di Libanon Dimulai

13 April tahun 1975, perang saudara di Libanon meletus dengan adanya serangan kelompok ekstrim kristen Phalangist terhadap sebuah bis yang mengangkut warga Palestina dan menewaskan 30 orang di antaranya. Akibat serangan ini, kaum muslim dan nasionalis Libanon bangkit melawan kelompok Phalangist. Beberapa waktu kemudian, menyusul serangan yang dilakukan kelompok ini terhadap kamp pengungsian Palestina di Libanon, warga Palestina pun ikut terjun dalam perang tersebut. Perang saudara ini sesungguhnya diprovokasi oleh rezim Zionis dengan tujuan agar kaum muslim Libanon dan warga Palestina teralihkan perhatiannya dari rezim Zionis. Perang saudara di Libanon berakhir tahun 1999 dengan ditandatanganinya perjanjian Thaif oleh pihak-pihak yang berseteru.

Soviet Akui Pembunuhan Massal di Katyn

13 April tahun 1990, pemerintah Uni soviet secara resmi mengakui bahwa pihaknyalah yang melakukan pembunuhan massal du hutan Katyn, Polandia, pada era Perang Dunia II. Pada tahun 1939, Polandia diinvasi oleh tentara Nazi dari arah barat dan oleh tentara Soviet dari arah timur. Pada awal tahun 1940, sekitar 5000 tentara Polandia digiring oleh tentara Soviet ke hutan Katyn dan di sana mereka dibunuh dan dikuburkan secara massal. Namun, pemimpin Soviet tidak mengakui pembunuhan massal itu dan menyatakan bahwa tentara Nazi Jermanlah pelakunya. Ketika Gorbachev berkuasa, ia berusaha mendekatkan hubungan dengan Barat dan salah satu usahanya adalah membuka sejarah Uni Soviet selama Perang Dunia II. Oleh karena itulah, pemerintah Soviet pun secara resmi mengakui pembunuhan massal di Katyn.

Ibnu Nuqtah Meninggal

796 tahun yang lalu, tanggal 22 Shafar tahun 629 Hijriah, Ibnu Nuqtah, seorang ulama dan ahli hadis terkemuka abad ke-7 hijriah, meninggal dunia di kota Bagdad. Ibnu Nuqtah sejak kanak-kanak telah tertarik kepada ilmu hadis dan untuk mengumpulkan hadis, dia melakukan perjalanan ke berbagai negara, di antaranya Iran, Syria, dan Mesir. Di samping itu, ia pun mendidik banyak murid di bidang ilmu hadis, di antaranya bernama Ibnu Asakir yang kemudian juga dikenal sebagai seorang cendikiawan muslim. Salah satu di antara karya penulisan Ibnu Nuqtah berjudul Al-Istidrak.

14 April

Pan Amerika Didirikan

14 April tahun 1890, berdirilah Republik Konfederasi Benua Amerika, yang terkenal dengan nama Pan Amerika. Pendirian organisasi ini dipromotori oleh AS dengan menyelenggarakan konferensi 17 negara Amerika latin di Washington. Pan Amerika kemudian berubah nama menjadi Organisasi Negara-Negara Amerika. Tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk memperkuat perdamaian dan keamanan di benua Amerika dan mempromosikan kerjasama ekonomi, sosial, dan budaya di antara negara-negara benua Amerika.

Pemberontakan Anti-Castro Dimulai

14 April tahun 1961, para penentang Fidel Castro melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Kuba dengan dukungan AS. Para penentang Castro ini melarikan diri ke AS setelah kemenangan Revolusi di Kuba tahun 1959. AS kemudian mendidik sekitar 2000 orang anti-Castro itu dengan latihan militer dan mempersenjatai mereka. Para pemberontak itu kemudian melakukan serangan ke Kuba melalui Teluk Babi namun berhasil dikalahkan oleh pasukan Castro.

Soviet Meninggalkan Afganistan

14 April tahun 1988, pemerintahan Uni Soviet dengan menandatangani perjanjian di Jenewa, Swiss, setuju untuk menarik tentaranya dari Afghanistan. Tentara Merah Soviet menduduki Afghanistan sejak bulan Desember 1979. Namun sejak awal, mereka telah mendapatkan penentangan keras dari rakyat Afganistan. Di pihak lain, AS yang merasa kepentingannya terancam, menekan Moskow untuk mundur dari Afganistan. Ketika Gorbachev berkuasa, ia menilai bahwa masalah Afganistan merupakan ganjalan bagi program reformasinya sehingga terpaksa menyetujui penarikan mundur pasukannya dari Afghanistan.

Kapal Titanic Karam

14 April tahun 1912, kapal Titanic menabrak gunung es di laut Atlantik utara dan karam. Karena kurangnya perahu penyelamat dan properti darurat lainnya, lebih dari 1500 orang tewas. Dari 2200 penumpang dan awak kapal yang berada di kapal Titanic, hanya 700 orang yang berhasil selamat, sebagian besarnya perempuan dan anak-anak. Kapal Titanic memulai pelayaran empat hari sebelumnya dari Southampton, Inggris. Kapal ini didesain oleh seorang arsitek asal Irlandia, William Pirie dan memiliki panjang 883 kaki.

Hugo Chaves Kembali Berkuasa

14 April tahun 2002, dua hari setelah tersingkir akibat kudeta, Hugo Chavez berhasil kembali meraih kekuasaan menjadi presiden Venezuela. Chavez terpilih sebagai presiden tahun 1999 dan melakukan berbagai reformasi yang memihak kaum miskin. Selain itu, ia melakukan pengontrolan atas perusahaan minyak AS yang melakukan eskplorasi di Venezuela. Hal ini membuat Washington gusar dan memberi dukungan kepada para penentang Chavez di dalam negeri. Pada tanggal 12 Maret 2002, militer Venezuela melakukan kudeta terhadap Chavez, namun atas protes dan demonstrasi meluas dari rakyat Venezuela, akhirnya, pemerintahan kudeta menyerah dan Chavez kembali diangkat menjadi presiden.

Syaikh Agha Najafi Isfahani Meninggal

23 Shafar tahun 1301 Hijriah, Syaikh Muhammad Baqir Agha Najafi Isfahani, seorang ulama besar Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1234 Hijriah dan setelah menyelesaikan pendidikan di berbagai bidang keilmuan agama di kota Isfahan, Iran, Agha Najafi melanjutkan pendidikan ke kota Najaf, Irak. Sepulang dari Najaf, Agha Najafi tinggal di kota Isfahan dan di kota itu, selain mengajar agama, beliau juga aktif dalam menegakkan kebenaran dan menentang kemungkaran di tengah masyarakat. Agha Najafi meninggalkan berbagai karya penulisan, di antaranya berjudul “Lubbul-fiqh” dan “Lubbul-Ushul”.

15 April

Leonard Euler Lahir

15 April tahun 1707, Leonard Euler, seorang matematikawan besar abad ke-18, terlahir ke dunia di kota Basel, Swiss. Euler menuntut ilmu matematika dari seorang ahli matematika terkemuka bernama Jean Bernoulli. Pada tahun 1731, ia berhasil meraih gelar profesor di bidang fisika dan matematika dari Akademi Sains St. Petersburg. Sepanjang hidupnya, Euler mempublikasikan lebih dari 800 buku dan kertas kerja. Karya Euler tentang analisis matematika berjudul Introduction in Analysis Infinitorum menjadi buku teks standar selama lebih dari satu abad. Notasi yang digunakan oleh Euler seperti huruf “e” dan pangkat “x” , hingga kini masih terus digunakan dalam ilmu matematika. Rumus yang berhasil disusun Euler adalah cos (x) + isin (x) = e

Henry Cavendish Lahir

15 April tahun 1731, Henry Cavendish, seorang filsuf dan saintis asal Inggris, terlahir ke dunia di kota Nice, Perancis. Ayahnya, Lord Charles Cavendish juga merupakan seorang ilmuwan yang terkenal pada zamannya. Pada tahun 1749, Henry Cavendish memasuki sebuah universitas di Cambrige, namun tidak menyelesaikan pendidikannya. Ia kemudian melakukan berbagai penelitian di bidang kimia. Pada tahun 1781, Cavendish berhasil menemukan bahwa gas hidrogen dan oksigen bila dibakar bersamaan akan menghasilkan air dengan berat yang sama sesuai dengan berat kedua gas tersebut. Cavendish juga melakukan penelitian di bidang listrik yang ratusan tahun kemudian mengilhami Faraday dan Coulomb dalam menghasilkan penemuan mereka.

Abraham Lincoln Meninggal

15 April tahun 1865, Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat, tewas ditembak oleh seorang aktor bernama John Booth. Kematian Lincoln hanya enam hari setelah perang sipil AS berakhir dengan menyerahnya tentara Konfederasi kepada pemerintah AS. Namun, ternyata berakhirnya perang itu menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pendukung konfederasi, di antaranya John Booth dan rekan-rekannya. Mereka kemudian merencanakan penembakan terhadap Lincoln yang terlaksana pada malam tanggal 14 April 1865. Pagi harinya, Lincoln akhirnya tewas akibat luka parah yang dideritanya.

WTO Didirikan

15 April tahun 1994, di Maroko, ditandatanganilah kesepakatan pendirian organisasi perdagangan dunia atau WTO. Pembentukan organisasi ini telah dirintis sejak era Perang Dunia II oleh Amerika dan Inggris. Pada tahun 1947, 23 negara maju dunia saat itu menandatangani perjanjian tarif dan perdaganagn atau GATT, yang bertujuan mengurangi bea masuk perdagangan di antara negara-negara anggota dan menyelesaikan berbagai masalah perdagangan. Dalam sidang-sidang GATT selanjutnya, disepakati pula pembentukan organisasi yang lebih mendunia sehingga pada tahun 1994 dibentuklah WTO. Namun dalam perkembangannya, AS dan negara-negara maju menggunakan WTO sebagai alat untuk menekan negara-negara berkembang demi kepentingan mereka.

Shahib bin Ibad Meninggal

24 Shafar tahun 385 Hijriah, Shahib bin Ibad, seorang sastrawan Persia pada masa pemerintahan Dinasti Dailami, meninggal dunia. Kehebatan Shahib bin Ibad membuatnya diangkat sebagai menteri oleh Dinasti Dailami, namun jabatan itu tidak mengubah sikapnya yang selalu rendah hati. Karya Shahib bin Ibad yang paling terkenal berjudul Al-Muhith yang berisi tentang ilmu bahasa dan terdiri dari tujuh jilid. Karya-karya lain Shahib bin Ibad berjudul Imamat, Al-Anwar, dan Al-A’yad wa Fadhaailun

16 April

Anatole France Lahir

16 April tahun 1844, Anatole France, seorang penulis dan penyair Perancis, terlahir ke dunia di kota Paris. Sejak muda, France telah tertarik kepada dunia sastra dan penulisan. Novel karya France berjudul The Crime of Sylvestre Bonnard yang ditulisnya tahun 1881 berhasil membuat gebrakan sehingga ia pun menjadi seorang penulis terkenal. Novel ini kemudian mendapatkan hadiah dari Akademi Perancis. Pada tahun 1914, Anatole France meraih hadiah Nobel atas karyanya berjudul Revolt of Angels. Anatole France meninggal dunia tahun 1924.

Charlie Chaplin Lahir

16 April tahun 1889, Charlie Chaplin, seorang bintang film, sutradara, dan seniman ternama di bidang sinema, terlahir ke dunia di kota London, dengan nama asli Charles Spencer Chaplin. Sejak usia delapan tahun, ia telah tampil di pentas-pentas musik dan teater dan secara bertahap akhirnya menjadi terkenal di kota London. Chaplin kemudian hijrah ke AS pada usia 21 tahun. Setelah membintangi puluhan film, akhirnya pada tahun 1923, ia memproduseri dan menyutradarai filmnya sendiri berjudul Woman of Paris. Karena karya-karyanya banyak membela kaum fakir dan tertindas, Chaplin ditekan oleh pemerintah Amerika sehingga pada tahun 1952, Chaplin beserta istrinya hijrah ke Swiss dan tinggal di sana hingga akhir hidupnya. Pada tahun 1972, ia kembali ke Hollywood untuk menerima hadiah Oscar atas pengabdian seumur hidupnya di bidang perfilman.

Pembunuhan Massal oleh Zionis

16 April tahun 1948 sekelompok orang Zionis bersenjata menyerang sebuah kamp yang sebelumnya menjadi kamp tentara Inggris di Palestina. Dalam pembunuhan massal ini, 90 warga Palestina gugur syahid dan sejumlah lainnya luka-luka. Kejadian ini terjadi ketika tentara Inggris mulai meninggalkan pangkalan-pangkalan militer mereka di Palestina dan rezim Zionis memulai aksi teror mereka sebagai pendahuluan pendirian negara illegal Israel. Sebulan kemudian, yaitu bulan Mei 1948, secara resmi diumumkan berdirinya Israel.

Abu Jihad Gugur Syahid

16 April tahun 1988, Khalil Al Wazir atau terkenal dengan nama Abu Jihad, seorang pejuang kemerdekaan Palestina, gugur syahid akibat pembunuhan yang dilakukan oleh agen mata-mata Zionis, Mossad. Pembunuhan yang terjadi di Tunisia ini disebabkan oleh aktivitas Abu Jihad yang dianggap membahayakan rezim Zionis yang telah menjajah tanah air bangsa Palestina sejak tahun 1948. Abu Jihad adalah salah seorang pendiri Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO dan menjabat sebagai penanggung jawab divisi militer PLO.

Kebakaran di Mina

16 April tahun 1997, sebuah tabung gas meledak yang menyebabkan terjadinya kebakaran tenda-tenda para jemaah haji yang sedang wukuf di Mina, yang terletak sekitar 10 kilometer dari Mekah. Akibat musibah kebakaran ini, 343 jemaah haji tewas, 1290 orang lainnya luka-luka, dan 70.000 tenda terbakar. Kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi di tahun 1975 yang juga mengakibatkan ribuan jemaah haji tewas. Kejadian ini menyebabkan pemerintah Arab Saudi memasang tenda anti api di Mina.

17 April

Gas Pembunuh Massal Pertama Kali Digunakan Dalam Perang

17 April tahun 1915, untuk pertama kalinya di dunia, pasukan Jerman dalam Perang Dunia Pertama menggunakan gas pembunuh massal dalam peperangan melawan Inggris dan Perancis. Akibat pemakaian gas ini, sejumlah besar tentara Sekutu tewas dan perang inipun terkenal dengan sebutan Perang Gas. Setelah berakhirnya Perang dunia Pertama, dimulailah usaha-usaha untuk melarang pemakaian gas-gas kimia dalam peperangan. Akhirnya, ditandatanganilah perjanjian internasional yang berisi pelarangan produksi, perbanyakan, dan penggunaan senjata kimia dalam perang. Namun perjanjian ini tidak dihiraukan oleh nagara-negara besar, seperti AS yang tetap menggunakan gas kimia dalam perang Vietnam dan rezim Saddam dengan dukungan negara-negara Barat yang menggunakan senjata kimia dalam invasinya ke Iran.

Suriah Merdeka

17 April tahun 1946, Suriah meraih kemerdekaannya. Suriah di masa lalu, bersama bebbearapa wilayah di sekelilingnya, disebut dengan nama Syam dan berda di bawah kekuasaan Yunani, Mesir, dan Romawi. Sejak abad ke-7, Islam masuk Syam dan wilayah ini kemudian menjadi pusat pemerintahan Dinasti Umawiyah. Sejak abad ke-16, Suriah dikuasai oleh Imperium Ottoman. Setelah Perang Dunia Pertama dan keruntuhan Imperium Ottoman, Suriah dijadikan daerah koloni Perancis. Sejak tahun 1941, pada era Perang Dunia Kedua, Suriah jatuh di bawah pendudukan Perancis dan Inggris. Perjuangan kemerdekaan Suriah mencapai hasilnya ketika pada tahun 1946, seluruh pasukan asing ditarik keluar dari wilayah Suriah.

Kamboja Merdeka

17 April tahun 1953, Kamboja meraih kemerdekaannya dari Perancis. Kekuatan asing mulai masuk ke Kamboja sejak abad ke-15, yaitu sejak runtuhnya kekaisaran Khmer yang telah berkuasa selama 11 abad. Pada pertengahan abad ke-19, penguasa Kamboja saat itu meminta bantuan kepada Perancis untuk membebaskan Kamboja dari serangan negara-negara tetangga. Perancis memanfaatkan kesempatan ini dengan menjadikan Kamboja sebagai kawasan protektorat dan terus berkuasa di sana hingga tahun 1953. Setelah merdeka, Kamboja menjadi ajang perang antara berbagai pihak, seperti tentara Khmer Merah, Vietnam, Amerika, dan lain-lain. Akhirnya, pada tahun 1999, diadakan pemilu di antara pihak-pihak yang berseteru dan kondisi Kamboja menjadi relatif tenang.

Syaikh Al-Islam Mukri Meninggal

17 April tahun 1987, Muhammad Amin Syaikh Al Islam Mukri, seorang penyair dan penulis etnis Kurdi, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1922 di sebuah desa di bagian barat Iran. Pada tahun 1943, Syaikh Al Islam Mukri bergabung dalam dewan penulis koran Nishmatan yang secara rahasia beraktivitas melawan rezim Shah Pahlevi dengan cara membongkar berbagai penyelewengan yang dilakukan oleh rezim itu. Karya-karya Syaikh Al Islam Mukri di antaranya kumpulan syair berjudul Surat Perpisahan dan prosa berjudul Semua Lembah Kosong.

Tsabit bin Harani Meninggal

26 Shafar tahun 288 Hijriah, Tsabit bin Qurah Harani, seorang matematikawan dan astronom Irak, emninggal dunia. Tsabit bin Qurah dilahirkan pada tahun 1911 Hijriah dan dia dianggap sebagai salah satu ilmuwan besar pada zamannya. Tsabit bin Qurah sangat mahir dalam menerjemahkan teks-teks ilmiah dari bahasa-bahasa Suryani dan Yunani ke dalam bahasa Arab. Penerjemahan buku-buku ilmiah dari bahasa Yunani dan Suryani itu ke dalam bahasa Arab yang dilakukan Tsabit bin Qurah, memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan bangsa Arab. Menurut catatan para sejarawan, jumlah karya terjemahan Tsabit bin Qurah berjumlah lebih dari 130 judul. Selain menerjemahkan buku, Tsabit bin Qurah juga menulis berbagai buku, di antaranya berjudul “Masalah-Masalah Teknik dan Angka”.

18 April

Konferensi Asia Afrika

18 April tahun 1955, dimulailah Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di kota Bandung. Konferensi ini berlangsung hingga tanggal 25 April 1955 dan diikuti oleh wakil dari 29 negara Asia dan Afrika. Tujuan utama konferensi ini adalah membentuk kubu kekuatan negara-negara dunia ketiga untuk menghadapi dua kubu adidaya, Barat dan Timur. Di akhir konferensi, ditandatanganilah Deklarasi Bandung yang isinya kesepakatan untuk mengadakan kerjasama ekonomi dan budaya di antara negara-negara dunia ketiga serta mengakui adanya hak untuk menentukan nasib bangsa-bangsa Asia dan Afrika. Selain itu, konferensi ini juga mengeluarkan resolusi menentang penjajahan, di antaranya penjajahan Perancis atas Guinea Baru. Konferensi Asia Afrika juga menjadi pendahuluan dari terbentuknya Organisasi Gerakan Non-Blok.

Zimbabwe Merdeka

18 April tahun 1980, Zimbabwe yang semula bernama Rhodesia Selatan, meraih kemerdekaannya. Sejak abad ke-16, Portugis telah datang ke wilayah itu dan mengeruk kekayaan bumi bangsa Zimbabwe. Kemudian, sejak tahun 1889, Cecil Rhodes mendirikan Perusahaan Dagang Inggris Afrika. Sejak tahun 1923, pemerintah Inggris secara resmi menjadikan Rhodesia Selatan sebagai tanah jajahan. Setelah berakhirnya Perang Dunia II dan melemahnya Inggris, rakyat kulit hitam Rhodesia melancarkan perlawanan sengit dan membentuk kelompok-kelompok bersenjata. Sejak tahun 1970, dimulailah bentrokan bersenjata antara pemerintah Inggris melawan bangsa pribumi. Pada tahun 1978 pemerintahan kulit putih bersedia mundur dan pada tahun 1979 diadakan pemilu yang dimenangkan oleh partai kulit hitam. Akhirnya pada tanggal 18 April 1980, diproklamasikanlah kemerdekaan Zimbabwe.

Parade Militer Revolusi Digelar

18 April tahun 1979, angkatan bersenjata Republik Islam Iran mengadakan parade militer besar-besaran di berbagai penjuru Iran. Tujuan parade militer ini adalah untuk menyampaikan baiat atau janji setia kepada Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran, Imam Khomeini. Parade ini disambut hangat oleh rakyat yang secara antusias ikut serta dalam parade tersebut. Oleh karena besarnya peristiwa ini, hari tersebut setiap tahun diperingati dengan nama Hari Angkatan Bersenjata.

Zionis Menyerang Qana

18 April tahun 1996, angkatan udara rezim Zionis menyerang markas tentara penjaga perdamaian PBB di desa Qana di selatan Libanon. Saat itu, di markas tentara PBB tersebut terdapat ratusan rakyat sipil Libanon yang tengah berlindung akibat penyerbuan tentara Zionis ke desa-desa mereka. Dalam serangan ini, 110 warga sipil tewas dan sejumlah lainnya terluka. Pembunuhan massal terhadap warga sipil, yang 35 di antaranya adalah anak kecil di bawah usia 10 tahun itu, menimbulkan kemarahan internasional sehingga tentara Zionis terpaksa menghentikan aksi bombardirnya terhadap Libanon. Namun demikian, AS tetap menolak dikeluarkannya resolusi oleh Dewan Keamanan PBB untuk mengecam pembunuhan massal oleh Zionis itu. Kemudian, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang isinya memerintahkan rezim Zionis untuk membayar ganti rugi sebesar 2,4 milyar dolar terhadap para korban, namun hingga kini tidak dibayarkan oleh Rezim Zionis.

Ibnu Majah Lahir

27 Shafar tahun 209 Hijriah, Ibnu Majah, seorang ahli hadis dan ulama besar muslim terlahir ke dunia di kota Qazvin, Iran. Setelah melewati pendidikan dasarnya di bidang agama di kota kelahirannya, Ibnu Majah kemaudian melakukan perjalanan ke berbagai wilayah Islam untuk menuntut ilmu hadis dari berbagai ulama terkemuka. Hadis-hadis yang berhasil dikumpulkan oleh Ibnu Majah ditulisnya dalam buku berjudul Sunan Ibnu Majah dan menjadi salah satu kitab rujukan hadis yang utama di kalangan Ahlus-Sunnah. Ibnu Majah juga melahirkan kitab tafsir Quran dan sebuah buku berjudul Tarikh. Ibnu Majah meninggal dunia pada tahun 273 Hijriah.

19 April

Inggris Mundur dari Iskandariah

19 April tahun 1807, menyusul kekalahan yang dialami tentara Inggris dalam melawan pasukan Mesir, tentara Inggris akhirnya terpaksa mundur dari pelabuhan Iskandariah. Pemerintah Inggris yang saat itu berencana untuk memperluas kawasan penjajahannya, memutuskan untuk menaklukkan Mesir yang ketika itu merupakan bagian dari wilayah Imperium Ottoman. Dengan cara ini, Inggris berharap bisa menundukkan Imperium Ottoman. Pada awal pertempuran, Iskandariah sempat diduduki oleh tentara Inggris, namun Muhammad Ali Pasha, pemimpin Mesir saat itu, dengan bantuan dari rakyat dan ulama yang mengeluarkan fatwa jihad, berusaha keras mempertahankan Mesir. Kaum muslim Mesir dengan gigih berjuang melawan tentara Inggris yang memiliki persenjataan yang lebih lengkap dan modern sehingga akhirnya tentara Inggris mundur dan meninggalkan Mesir.

Doktor Nuri Meninggal Dunia

19 April tahun 1993, Abbas Ali Khajah Nuri, seorang ilmuwan Iran di bidang statistik dan peletak dasar metode pengambilan sampel dalam ilmu statistik di Iran, meninggal dunia. Abbas Ali Nuri pada tahun 1937 meraih gelar insinyur dan kemudian mengajar di berbagai universitas di Iran, Kemudian, ia berhasil meraih gelar doktor ilmu statistik dari sebuah universitas di Paris, Perancis. Doktor Nuri kemudian aktif dalam mengadakan penelitian, pengajaran, dan konseling di bidang sttaistik dan pada tahun 1961, ia mendirikan Lembaga Pendidikan Tinggi Statistik di Teheran. Doktor Nuri juga menulis berbagai buku di bidang statistik.

Penyerbuan Terhadap David Koresh

19 April tahun 1993, sekte Davidian pimpinan David Koresh di Amerika Serikat diserbu oleh pasukan FBI. Dalam penyerbuan terhadap markas sekte itu, 80 orang tewas, termasuk beberapa anak-anak dan David Koresh sendiri. Sekte Davidian adalah sempalan dari gereja Advent yang didirikan oleh Ben Roden. Setelah David Koresh mengambil alih kepemimpinan, ia diberitakan mempersiapkan peperangan hari kiamat. Pemerintah AS kemudian menyerbu sekte ini atas tuduhan menyimpan senjata dan melakukan kekerasan terhadap pengikut sektenya.

Rasulullah Wafat

28 Shafar tahun 11 Hijriah, Rasulullah Muhammad SAWW berpulang ke rahmatullah pada usia 63 tahun. Nabi besar umat Islam ini dilahirkan 52 tahun sebelum dimulainya tahun Hijriah, di kota Mekah. Sejak kecil, Muhammad SAWW telah kehilangan ayah dan ibunya sehingga diasuh oleh kakek beliau Abdul Muthalib, lalu oleh paman beliau, Abu Thalib. Sejak muda, Muhammad SAWW telah dikenal sebagai orang yang jujur dan dapat dipercaya sehingga dikenal dengan julukan Al-Amin. Pada usia ke-40, Muhammad SAWW ditunjuk Allah untuk menjadi utusannya dalam menyampaikan risalah tauhid, keadilan, dan kasih sayang kepada umat manusia. Setelah 23 tahun menyampaikan risalah Islam dan berhasil mendirikan pemerintahan Islam di Madinah, akhirnya Rasulullah wafat dan meninggalkan sebuah ajaran agung yang kini tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Imam Hasan gugur Syahid

28 Shafar tahun 50 Hijriah, Imam Hasan a.s. cucu Rasulullah SAWW gugur syahid. Imam Hasan adalah putra dari Fathimah a.s., putri Rasulullah dan Imam Ali a.s. Beliau dilahirkan di Madinah pada tahun 3 Hijriah. Sejak lahir hingga usia tujuh tahun, Imam Hasan a.s. dibimbing langsung oleh kakek beliau, Rasulullah SAWW, untuk memahami makrifat Islam. Pada usia 37 tahun, ayah beliau, yaitu Imam Ali a.s. gugur syahid dan Imam Hasan pun meneruskan tampuk kepemimpinan kaum muslimin yang semula diemban oleh Imam Ali. Dalam masa kepemimpinannya, Imam Hasan a.s. berusaha membentuk pasukan muslim yang tangguh untuk melawan pasukan Muawiyah yang sebelumnya juga telah melakukan perlawanan bersenjata terhadap Imam Ali a.s. Namun, berbagai provokasi dan taktik licik yang dilakukan Muawiyah membuat semangat pasukan muslim itu kendor, bahkan sebagiannya bergabung dengan pasukan Muawiyah. Karena itu, Imam Hasan mengambil langkah diplomasi, demi terjaganya keutuhan kaum muslimin yang saat itu tengah mendapat ancaman yang lebih besar dari kaum kafir. Imam Hasan pun kemudian mengadakan perjanjian damai dengan Muawiyah, namun isi perjanjian itu dilanggar oleh Muawiyah dan bahkan akhirnya, Imam Hasan diracuni olehnya sehingga gugur syahid pada tahun 50 hijriah.

20 April

Simon Bolivar Lahir

20 April tahun 1783, Simon Bolivar, seorang pemimpn gerakan kemerdekaan Amerika Selatan, terlahir ke dunia di Caracas, Venezuela. Awalnya Bolivar ikut serta dalam revolusi Caracas, kemudian dengan dukungan tentaranya, ia berhasil menduduki Bogota, ibu kota Kolombia. Bolivar kemudian dipilih menjadi presiden oleh sebuah kongres yang bertujuan mendirikan negara Kolombia Raya. Tujuan kongres ini tercapai setelah Venezuela, Kolombia, dan Panama berhasil dibebaskan dari kekuasaan Spanyol. Pada tahun 1821, Bolivar membebaskan Peru dan setahun kemudian membebaskan Ekuador. Pada tahun 1826, setelah 17 tahun berjuang, Bolivar berhasil membebaskan sebuah kawasan di pegunungan Andes. Kawasan ini kemudian diberi nama Bolivia, sesuai dengan nama orang yang membebaskannya dari penjajahan. Bolivar memiliki impian untuk menyatukan negara-negara di Amerika Selatan dalam sebuah federasi, namun tidak berhasil karena banyaknya friksi di antara mereka. Bolivar meninggal dunia tahun 1830.

Joshua Reynolds Meninggal Dunia

20 April tahun 1792, Joshua Reynolds, seorang pelukis Inggris terkenal, meninggal dunia. Pada usia 17 tahun, Reynolds telah magang pada seorang pelukis potret paling terkenal di zamannya, Thomas Hudson. Tiga tahun kemudian, Reynolds pindah ke London untuk membuka praktek lukis dan setelah itu ia pergi ke Mediterrania untuk mempelajari hasil karya pada seniman terkemuka Italia, seperti Raphael dan Michaelangelo. Setelah kembali lagi ke tanah airnya, karier Reynolds semakin menanjak dan akhirnya menjadi pelukis potret terpopuler pada masa itu. Pada tahun 1768, Joshua Reynolds diangkat menjadi presiden pertama dari Royal Academy of Arts dan enam belas tahun kemudian dia diangkat sebagai pelukis resmi keluarga kerajaan Inggris.

Curie Menemukan Radium

20 April tahun 1902, Pierre Curie dan istrinya, Marie, dua ilmuwan asal Perancis, berhasil mengisolasi zat radioaktif yang diberi nama radium. Empat tahun sebelumnya, dalam penelitian mereka terhadap pitchblende, pasangan ini menemukan keberadaan radium dan polonium dan butuh waktu empat tahun untk mengisolasi uranium dari zat tersebut. Setahun kemudian, pasangan Curie berbagi hadiah Nobel dengan fisikawan Perancis bernama Henry Becquerel atas penelitian mereka terhadap radioaktivitas.

Pembunuhan Massal di SMU Columbine

20 April tahun 1999, dua remaja pelajar Sekolah Menengah Umum Columbine di kota Littleton, Colorado, Amerika Serikat, menembak teman-temannya sendiri. Penembakan di sekolah itu menewaskan 12 pelajar dan seorang guru, serta melukai 23 orang lainnya. Kemudian, dua pelajar bernama Dylan Klebod dan Eric Harris itu, menembak diri mereka sendiri hingga tewas. Pembunuhan yang dilakukan pelajar sekolah ini merupakan salah satu di antara banyak kejadian serupa lainnya di AS dan menimbulkan pertentangan dalam masyarakat mengenai undang-undagn kebebasan bersenjata di negara mereka.

Mula Hassan Ali Tuisarkani Meninggal

29 Shafar tahun 1286 Hijriah, Mula Hassan Ali Tuisarkani, seorang ulama dan cendikiawan muslim terkemuka Iran, meninggal dunia di kota Isfahan. Mula Hassan Ali Tuisarkani dikenal sebagai ulama yang tekun mengadakan penelitian dan penelaahan, terutama di bidang fiqih dan ushul fiqih. Selain itu, dia juga aktif mengajar dan menulis buku. Karya-karya Mula Hassan Ali Tuisarkani yang terpenting berjudul Kashful Asrar, yaitu sebuah buku fiqih yang terdiri dari 11 jilid. Selain itu, dia juag menulis kitab berjudul Makarimul Akhlak.

22 April

Robert Oppenheimer Lahir

22 April tahun 1904, Robert Oppenheimer, seorang ahli fisika AS, terlahir ke dunia. Sebelum Perang Dunia II, ia mengadakan penelitian mengenai pemecahan dan pelepasan energi atom yang menghasilkan energi raksasa. Ia kemudian diangkat sebagai ketua Proyek Manhattan, yang bertugas memproduksi bom atom pertama. Namun, setelah bom atom itu digunakan AS untuk mengebom Jepang di tahun 1945 sehingga membunuh puluhan ribu orang, Oppenheimer menyesali pekerjaannya dan menyerukan agar energi atom digunakan untuk kepentingan damai. Oppenheimer kemudian dipertanyakan kesetiaan dan kredibilitasnya dan diajukan ke sidang pemeriksaan para pejabat tinggi AS. Akhirnya ia dilepaskan dari jabatannya sebagai penasehat pemerintah di bidang keamanan.

Zionis Menyerang Haifa

22 April tahun 1948, menjelang diresmikannya pendirian negara illegal Israel, pasukan Zionis menyerang sebuah kota pelabuhan bernama Haifa yang terletak di barat laut Palestina. Dalam serangan ini, 500 warga Palestina terbunuh dan 200 lainnya luka-luka. Kaum perempuan dan anak-anak Palestina yang ketakutan, melarikan diri ke daerah pelabuhan untuk menyelamatkan diri. Namun, tentara Zionis mengejar mereka dan membunuh 100 orang serta melukai 200 lainnya. Alasan dilakukannya serangan keji ini oleh Zionis adalah karena semakin dekatnya pendirian negara Israel, yaitu tanggal 14 Mei 1948 dan untuk menakut-nakuti warga Palestina agar pergi meninggalkan tanah air mereka.

Pembantaian Massal di Aljazair

22 April tahun 1961, tentara rahasia Perancis melakukan kudeta di Aljazair sehingga mengakibatkan terbunuhnya 1200 warga Aljir, ibukota Aljazair. Kudeta ini dilakukan oleh Jenderal Salan, Jouhaud, Challe, dan Zeller karena menentang keputusan pemerintah Perancis yang memberikan hak otonomi kepada Aljazair. Presiden Perancis saat itu, Charles De Gaulle memerintahkan agar aksi kudeta itu ditumpas dan dalam empat hari, para jenderal tersebut ditangkap.

Ayatullah Burujerdi Gugur Syahid

22 April tahun 1998, Ayatullah Murtadha Burujerdi, seorang ulama besar kaum Syiah, gugur syahid di kota Najaf, Irak. Beliau dibunuh dalam perjalanan pulang menuju rumah, seusai menunaikan sholat Jumat di mesjid. Kelompok-kelompok penentang rezim Saddam serta opini umum di dalam dan luar negeri menyatakan bahwa rezim Saddam-lah yang bertanggung jawab atas pembunuhan Ayatullah Burujerdi, karena, selama ini memang rezim tersebut selalu bersikap keras terhadap para ulama-ulama Syiah. Dua bulan kemudian, seorang ulama Irak lainnya, yaitu Ayatullah Gharwi juga gugur syahid di kota Najaf.

Ibnu Atsir Jazari Meninggal

2 Rabiul Awwal tahun 630 Hijriah, Ibnu Atsir Jazari yang dijuluki Izzuddin, seorang sejarawan, sastrawan, dan ahli hadis besar dunia Islam, meninggal dunia di kota Moshul, Irak. Dia dilahirkan tahun 555 Hijriah di Irak dan melewati umurnya di Moshul, Baghdad, dan Damaskus. Sejak usia muda, Ibnu Atsir menuntut ilmu di berbagai bidang agama dari ulama-ulama terkemuka saat itu, di antaranya Khatib Thusi. Karya Ibnu Atsir yang paling terkenal adalah Al-Kamil fit-Tarikh. Di dalamnya dia mencatat kejadian-kejadian penting di dunia hingga tahun 627 Hijriah. Karya Ibnu Atsir lainnya berjudul Usudul Ghabah Fi Ma’rifatis-Shahabah yang terdiri dari tujuh jilid biografi 750 sahabat Rasulullah SAW

23 April

William Shakespeare Lahir

23 April tahun 1564, William Shakespeare, sastrawan terbesar Inggris, terlahir ke dunia. Pada usia 18 tahun, William menikah dengan Anne Hathaway. Tidak banyak yang diketahui tentang Shakespeare hingga tahun 1593, ketika ia menerbitkan karyanya yang berjudul Venus and Adonis. Pada tahun itu pula, Shakespeare bersama enam orang lainnya mendirikan sebuah perusahaan teater. Shakespeare kemudian menulis skenario untuk kelompok teaternya, rata-rata dua naskah setiap tahun. Shakespeare meninggal dunia pada tahun 1616 dan selama 52 tahun masa hidupnya, Shakespeare menulis 37 naskah drama, 154 soneta dan berbagai variasi puisi. Karya Shakespeare yang terkenal di antaranya berjdul Hamlet dan Romeo and Juliet.

William Turner Lahir

23 April tahun 1775, Joseph Mallord William Turner, seorang pelukis Inggris terkenal, terlahir ke dunia. Turner dianggap sebagai seniman lukisan lanskap Inggris yang paling orisinal dan master di aliran romantis. Pada usia 14 tahun, Turner telah diterima di Royal Academy of Arts dan tiga tahun kemudian telah menjadi pelukis topografi untuk majalah. Pada tahun 1791, untuk pertama kalinya, Turner memamerkan dua lukisan cat air di Royal Academy. Selama 10 tahun berikutnya, ia mengadakan pameran secara teratur dan pada tahun 1807, ia diangkat sebagai professor bidang perspektif. Turner kemudian melakukan perjalanan ke berbagai negara dan menghasilkan sangat banyak sketsa lukisan yang kemudian ia kembangkan di studio lukisnya. Karya William Turner antara lain berjudul Sun Rising dan Liber Studiorum

Max Planck Lahir

23 April tahun 1858, Max Planck, seorang fisikawan terkenal penemu teori kuantum, terlahir ke dunia di Kiel, Jerman. Planck belajar di Universitas Munich dan Berlin, dan pada tahun 1879, ia menerima gelar doktor di bidang filsafat. Ia kemudian mengajar di berbagai universitas dan melakukan berbagai penelitian di bidang fisika. Penelitian Planck yang paling terkenal adalah dalam proses radiasi dan ia menemukan adanya electromagnetik di alam. Dari studi ini, Planck terarah kepada problem distribusi energi dalam spektrum yang penuh radiasi. Planck kemudian berhasil menemukan bahwa energi suatu paket radiasi sebanding dengan frekuensi radiasi yang dihubungkan oleh angka konstant, yang diberi nama sebagai konstanta Planck. Teorinya yang paling terkenal adalah Teori Kuantum, yang menyatakan bahwa cahaya dan bentuk radiasi electromagnet lainnya dipancarkan dan diserap dalam bentuk energi yang disebut kuantum. Planck meninggal dunia tahun 1947.

Sergei Prokoviev Lahir

23 April tahun 1891, Sergei Sergeyevich Prokofiev, pemusik yang dianggap sebagai salah satu komposer terbesar abad ke-20, terlahir ke dunia di Sontsovka, Ukraina. Prokofiev belajar musik di St. Petersburg Conservatory dari tahun 1904 hingga 1914 dan ketika lulus, ia meraih hadiah Anton Rubinstein sebagai pelajar piano terbaik. Sebagaimana komposer-komposer besar lainnya, Prokofiev menguasai berbagai genre musik, seperti simfoni, concerti, musik film, opera, dan ballet. Karya-karya Prokofiev dianggap beraliran ultra-modern and inovatif. Prokofiev kemudian melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk menampilkan karya musiknya dan meraih ketenaran besar. Pada tanggal 5 Maret 1953, Prokofiev meninggal dunia di Moskow.

Abul ‘Ala Ma’ari Meninggal

3 Rabiul Awwal tahun 441 Hijriah, Abul ‘Ala Ma’ari, seorang penyair dan penulis terkenal dunia Arab, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 363 Hijriah dan menuntut ilmu bahasa di kota Ma’rah dan berbagai kota lainnya di Syria. Ma’ari kemudian pergi ke Bagdad untuk meneruskan pelajarannya. Meskipun Ma’ari sejak kecil telah kehilangan pengelihatannya, ia berhasil menjadi salah satu penyair terkenal di zamannya. Karya syair Ma’ari di antaranya berjdul Risalatul Ghufran.

24 April

Perjalanan Marcopolo Ke Asia Dimulai

24 April tahun 1271, perjalanan bersejarah Marcopolo, petualang asal Venesia, ke Asia, dimulai. Marcopolo beserta ayahnya dan pamannya, diutus oleh Paus Gregory X untuk melakukan perjalanan ke Cina. Paus juga mengutus dua biarawan untuk ikut serta dalam ekspedisi Marcopolo itu, namun dalam perjalanan, kedua biarawan itu mengundurkan diri. Pada awal tahun 1272, mereka melewati Turki dan Tabriz (Iran utara), dan kemudian melewati padang pasir untuk mencapai Hormuz di Teluk Persia. Mereka kemudian melewati Khurasan dan tinggal setahun di Badakhshan, Afganistan. Selama periode ini, Marcopolo mengunjungi bagian lainnya di Afghanistan, Pakistan, dan kemungkinan Kashmir. Setelah meninggalkan Badakhshan, keluarga Polo melanjutkan perjalanan ke Cina. Pada tahun 1274, Marcopolo tiba di kerajaan Mongol dan menyerahkan minyak suci dari Yerusalem serta surat dari Paus kepada Kubilai Khan. Perjalanan Marcopolo ke Cina secara keseluruhan memakan waktu dua puluh tahun.

Pemberontakan Easter Irlandia Dimulai

24 April tahun 1916, kelompok nasionalis Irlandia memulai pemberontakan bersenjata mereka melawan kekuasaan Inggris di Irlandia. Krisis di Irlandia dimulai ketika Inggris menunda dilaksanakannya UU untuk memberikan hak otonomi kepada Irlandia. Para pejuang kemerdekaan Irlandia, seperti organisasi buruh, kelompok sosialis, dan kelompok pejuang kemerdekaan Sinn Fein, kemudian membentuk tentara rakyat. Pemberontakan yang diberi nama The Easter Rebellion itu dimulai pada petang hari tanggal 24 April 1916 ketika 2000 tentara rakyat merebut kontrol terhadap kantor-kantor penting di Dublin. Tak lama kemudian, para pemimpin pemberontakan itu memproklamasikan kemerdekaan Irlandia. Tentara Inggris melakukan serangan keras untuk menggulingkan pemberontakan itu sehingga akhirnya tanggal 29 April, para pemimpin pemberontakan itu menyerah. Sebagian dari mereka, seperti James Connolly dan Padhraic Pearse dijatuhi hukuman mati oleh pemerintah Inggris.

Vaksin BCG Ditemukan

24 April tahun 1927, Dokter Albert Calmette dan seorang peneliti bernama Camille Guerin, berhasil menemukan vaksin untuk mengobati penyakit TBC, yang dinamakan vaksin Bacillus Calmette Guerin atau BCG. Penelitian mereka untuk menemukan vaksin itu telah dimulai sejak tahun 1906, ketika Guerin menemukan bahwa ketahanan terhadap penyakit TBC berkaitan dengan adanya virus tubercle bacili yang hidup di dalam darah. Pada tahun 1921, mereka berhasil mengembangkan jenis basil yang tidak berbahaya bagi manusia. Setelah kedua peneliti berhasil menenukan vaksin BCG, vaksin ini diujicobakan kepada bayi-bayi di Paris. Namun, pada tahun 1930, program vaksinasi BCG sempat menimbulkan bencana dengan meninggalnya sejumlah bayi di Jerman akibat TBC, justru setelah mereka divaksin. Pada tahun 1950, Univesity Illionis di AS mendapat lisensi untuk memproduksi vaksin ini dan menjualnya di AS. Namun karena masih kuatnya penentangan masyarakat AS atas penggunaan vaksin BCG, vaksin ini tidak digunakan secara rutin.

Syekh Yusuf Bahrani Meninggal

4 Rabiul Awwal tahun 1186 Hijriah, Syekh Yusuf Bahrani, seorang ulama fiqih, hadis, dan penulis terkenal abad ke-12, meninggal dunia di Karbala, Irak. Biografi Syekh Bahrani ditulisnya sendiri di pendahuluan bukunya yang berjudul Lu’lu-ul Bahraini. Berdasarkan tulisan ini diketahui bahwa Bahrani belajar membaca, menulis, dan dasar-dasar ilmu agama dari ayahnya sendiri. Setelah itu, ia melanjutkan pelajarannya ke Bahrain dan Mekah. Setelah menunaikan ibadah haji, Syekh Bahrani pergi ke Iran dan berdiam di kota Fasa, Iran selatan, untuk mengajar, menulis, dan meneliti. Pada masa itulah Syekh Bahrani menulis sebuah kitab fiqih yang terkenal berjudul Al-Hadaaiqun-Naadhirah. Syekh Bahrani kemudian terkenal dengan nama Shahibul Hadaiq atau Sang Pemilik Kitab Hadaiq.

25 April

Demonstrasi Anti Perang Vietnam

25 April tahun 1971, demonstrasi besar-besaran menentang perang Vietnam berlangsung di Washington, AS. Demonstrasi yang dihadiri oleh sekitar 200.000 orang ini merupakan salah satu reaksi besar yang ditunjukkan oleh rakyat AS atas kebijakan perang yang diambil oleh pemerintah mereka di Vietnam. Dalam Perang Vietnam yang dimulai tahun 1964 itu, AS mengirimkan 500 ribu pasukannya dan puluhan ribu dari mereka tewas atau luka-luka. Meningkatnya protes dan tekanan dari dalam negeri serta kekalahan beruntun yang dialami tentara AS di Vietnam, akhirnya membuat AS terpaksa menarik pasukannya dari Vietnam tahun 1975.

Kegagalan Invasi AS ke Iran

25 April tahun 1980, AS dengan menggunakan beberapa helikopter dan pesawat terbang, berusaha melakukan invasi ke Iran. Tujuan utama misi pasukan AS tersebut adalah menyelamatkan mata-mata mereka yang disandera di gedung kedutaan AS di Teheran. Setelah tergulingnya Rezim Shah Pahlevi dukungan AS, negara ini selalu berusaha menghancurkan Republik Islam Iran yang baru berdiri. AS menggunakan kedutaannya di Iran sebagai pusat informasi dan kegiatan mata-mata. Para mahasiswa pembela Revolusi Islam kemudian menduduki kedubes dan menyandera para pegawainya. Dalam penyanderaan itu, mereka menemukan berbagai dokumen yang membuktikan bahwa kedutaan AS tersebut memang dijadikan pusat kegiatan mata-mata.

Pemerintah AS dengan berbagai perencanaan militer dan intelijen yang matang, serta menggunakan peralatan militer yang tercanggih, merancang strategi pembebasan sandera itu. Namun, tanpa diduga-duga, menjelang dimulainya operasi militer tersebut, angin topan melanda padang pasir di sekitar kota Tabas yang dijadikan pangkalan pasukan AS. Sejumlah pesawat saling bertabrakan lalu hancur terbakar dan beberapa tentara AS pun tewas. Sisanya segera melarikan diri dari wilayah Iran. Kejadian alam yang sama sekali tidak diprediksi ini merupakan bukti perlindungan Allah SWT terhadap Revolusi Islam Iran.

Universitas Darul Funun Dibuka

5 Rabiul Awwal tahun 1268 Hijriah, Darul Funun, universitas pertama di Iran yang menggunakan metode modern mulai dibuka. Universitas ini dibangun pada periode pemerintahan Shah Nashiruddin dari Dinasti Qajar dan pengelolaannya dipimpin oleh Mirza Taqi Khan Amir Kabir. Tujuan pendirian universitas ini adalah untuk menguasai ilmu teknologi dan ilmu-ilmu kontemporer lainnya. Jurusan-jurusan yang pertama kali dibuka di Universitas Darul Funun adalah pendidikan militer pejalan kaki, penunggang kuda, dan jurusan militer lainnya, serta kedokteran dan pembedahan, pertambangan, dan farmasi.

Selama masa berdirinya, universitas ini berhasil mewisuda sarjana dalam 12 periode yang sebagian besarnya kemudian meraih jabatan tinggi dalam masyarakat. Namun kemudian, setelah dipisahkannya jurusan kedokteran dengan militer serta munculnya sistem pengajaran baru di bidang militer, lembaga pendidikan ini diubah sistemnya dari bentuk universitas menjadi sekolah biasa.

26 April

Gestapo Didirikan

26 April tahun 1933, polisi rahasia pemerintah atau Gestapo, didirikan oleh rezim Nazi Jerman. Pendiri Gestapo adalah Herman Goering, seorang perwira tinggi Jerman yang merupakan orang dekat Hitler. Tujuan didirikannya Gestapo adalah untuk menangkap dan menghukum orang-orang yang dianggap penentang Nazi dan Hitler.

Negara Tanzania Didirikan

26 April tahun 1964, Republik Tanganyika dan Zanzibar bergabung dalam sebuah negara bernama Tanzania. Tanganyika merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1961 sementara Zanzibar meraih kemerdekaan dari Inggris tahun 1963. Pemimpin perjuangan kemerdekaan Tanganyika, Julius Nyerere, yang terpilih sebagai perdana menteri negara ini, kemudian menyerukan disatukannya Tanganyika dengan Zanzibar. Setelah penyatuan kedua negara ini terwujud, Julius Nyerere terpilih sebagai presiden dan Karume sebagai wakil presiden. Tanzania terletak di Afrika timur dan berbatasan dengan Kenya, Uganda,Rwanda, Burundi, Malawi, Mozambik, serta Zaire.

Chernobyl Meledak

26 April tahun 1986, pusat tenaga nuklir Chernobyl yang berada di Ukraina, yang saat itu menjadi bagian dari Uni Soviet, meledak. Pusat nuklir Chernobyl merupakan sumber utama tenaga listrik di Ukraina ini meledak dengan menyebarkan berbagai zat radiokatif yang sangat berbahaya. Pemerintah Uni Soviet awalnya menyangkal adanya ledakan ini namun akhirnya mengaku setelah terlihatnya awan yang mengandung bahan radioaktif di angkasa dan menyatakan bahwa ledakan itu adalah akibat kesalahan teknis. Pusat nuklir Chernobyl kemudian dihentikan aktivitasnya untuk sementara waktu. Setelah runtuhnya Uni Soviet, pemerintah Ukraina memutuskan penghentian aktivitas pusat nuklir Chernobyl secara total pada bulan Desember tahun 2000.

Operasi Militer Zionis di Libanon Berakhir

26 April tahun 1996, operasi militer Rezim Zionis menyerang Libanon yang telah berlangsung enam belas hari, akhirnya berakhir. Dalam operasi militer ini, tentara Zionis dari darat, laut, dan udara menyerang kawasan selatan Libanon dan ibu kota negara ini, Beirut. Akibat serangan Zionis itu, selain hancurnya sebagian besar kawasan pemukiman sipil dan sentra-sentra ekonomi, 180 warga Libanon tewas, dan ratusan lainnya luka-luka. Tujuan rezim Zionis dalam serangan ini adalah untuk membuat warga Libanon selatan ketakutan dan meninggalkan tanah air mereka agar kawasan itu bisa direbut oleh Zionis. Namun, rakyat Libanon dengan gigih berjuang melawan tentara Zionis. Operasi militer itu berhenti setelah enam belas hari namun tentara Zionis tetap bercokol di Libanon selatan. Akhirnya pada tahun 2000, setelah mendapatkan perlawanan tak kenal lelah dari pejuang Libanon, Zionis menarik mundur tentaranya.

Mehdi Shah Abadi Gugur Syahid

26 April tahun 1984, Hujjatul Islam Mehdi Shah Abadi, seorang ulama tokoh pejuang revolusi Islam Iran, gugur syahid di medan perang melawan invasi Irak. Setelah menyelesaikan pendidikan agamanya, Shah Abadi secara aktif berjuang melawan pemerintahan rezim Shah yang despotik. Akibatnya, Shah Abadi berkali-kali ditangkap dan dipenjarakan oleh rezim Shah dan mendapat penyiksaan berat semasa di penjara. Setelah revolusi Islam mencapai kemenangan dan rezim Shah terguling, Mehdi Shah Abadi dipilih rakyat untuk menjadi anggota parlemen. Namun, tak lama kemudian, Irak dengan dukungan negara-negara Barat melakukan invasi ke Iran dan meletuslah perang Irak-Iran. Mehdi Shah Abdi pun tak ketinggalan ikut terjun ke medan perang demi membela Republik Islam. Kata-katanya yang terkenal mengenai hal ini adalah, “Jika kesyahidan mampu mempertahankan sistem ketauhidan kita, jika kesyahidan bisa menunjukkan pemikiran dan pandangan Islam kepada dunia, maka kami siap untuk gugur syahid.”

27 April

Togo Meraih Kemerdekaan

27 April tahun 1960, Togo, sebuah negara yang terletak di pantai barat Afrika, meraih kemerdekaannya. Awalnya, pada abad ke-15, Togo dijajah oleh Portugis dan sejak abad 17 hingga 18, Togo dijadikan pusat perdagangan budak, sehingga wilayah ini dikenal dengan nama Pesisir Budak. Pada tahun 1858, Jerman menjajah Togo dan ketika pecah Perang Dunia I tahun 1914, Togo dibagi dua, wilayah timur dikuasai Perancis dan wilayah barat dicaplok Inggris. Pada tahun 1960, kawasan Togo yang dikuasai Perancis memproklamasikan kemerdekaannya dengan nama Republik Togo. Sementara itu, Togo barat bergabung dengan Pantai Emas. Perdana menteri pertama negara ini adalah Sylvanus Olympio, pemimpin Komite Partai Persatuan Togo. Namun tak lama kemudian ia dibunuh dan digantikan oleh Nicolas Grunitzky.

Sierra Leone Merdeka

tanggal 27 April tahun 1961, Sierra Leone, sebuah negara di Afrika Barat, meraih kemerdekaannya. Awalnya Sierra Leone terdiri dari beberapa kerajaan kecil dan pada tahun 1460, pelaut Portugis bernama Pedro da Cintra menemukan kawasan itu lalu memberinya nama Sierra Leone yang berarti “pengunungan singa”. Sebagaimana daerah jajahan Barat di Afrika lainnya, Sierra Leone juga dijadikan sumber perdagangan budak. Pada abad ke-18, Inggris mulai bercokol di wilayah itu dan menjajahnya hingga tahun 1961. Awalnya Sierra Leone berbentuk Gubernur Jenderal dan pada tahun 1971 berubah menjadi republik. Sierra Leone memiliki luas wilayah 71 ribu kilometer persegi serta berbatasan dengan Guinea dan Liberia.

Pemberontakan Melawan Shah Khusrou Parvis

27 April tahun 628, para panglima Iran melakukan pemberontakan terhadap Khusrou Parvis, raja Iran dari Dinasti Sasania. Sebelumnya, terjadi peperangan antara bangsa Iran melawan pasukan Raja Heraclius dari Romawi yang berakhir dengan kemenangan Iran. Untuk membalas kekalahan ini, Heraclius melewati selat Dardanela dan tiba di Turki kemudian menguasai semua kawasan di sana. Setelah itu, Heraclius pun menyerang Iran yang berbatasan dengan Turki dan meraih kemenangan. Menghadapi serangan ini, Shah Khusrou Parvis melarikan diri dan di saat itulah para panglima Iran melakukan pemberontakan yang berakhir dengan kematian Khusrou Parvis dan pemerintahannyapun terguling.

Ali bin Muhammad Tanuqi Wafat

7 Rabiul Awwal tahun 342 Hijriah, Ali bin Muhammad Tanuqi, seorang ulama, sastrawan, dan penyair terkenal abad ke-4 Hijriah, meninggal dunia dalam usia 64 tahun di kota Basrah. Dia dilahirkan di Turki dan pada masa mudanya, ia pergi ke Bagdad lalu tinggal di sana. Tanuqi amat mahir dalam bidang ilmu nahwu, bahasa, teknik, dan sastra. Setelah tinggal beberapa lama di Bagdad, Tanuqi pergi ke Basrah dan bekerja sebagai hakim. Sejak itu, ia pun dikenal dengan nama Hakim Tanuqi. Ia juga terkenal atas kemahirannya berpidato. Tanuqi meninggalkan berbagai karya penulisan di antaranya buku kumpulan syair dan buku berjudul “Kitaabul Aruudh.”

28 April

AS Menyerang Dominika

28 April tahun 1965, pemerintah AS melakukan serangan militer terhadap Dominika Republik dengan alasan untuk melindungi warga AS yang berada di negara itu. Sebelumnya, kekuatan militer di Dominika Republik melakukan kudeta terhadap Presiden Juan Bosch yang beraliran kiri sehingga tejadilah perang saudara antara kelompok kiri pendukung Juan Bosch dan kelompok kanan yang didukung AS. Atas dasar inilah AS melakukan serngan militer ke Dominika Republik. Awalnya, AS hanya mengirimkan 1500 tentara, namun dalam waktu singkat bertambah hingga 40.000 tentara. Akhirnya, dengan turun tangannya Organisasi Negara Amerika, perang berhenti dan pemerintahan baru terbentuk, sehingga AS terpaksa keluar dari wilayah Dominika Republik.

Kelompok Mujahidin Afganistan Menang

28 April tahun 1992, kelompok Mujahidin Afganistan setelah 13 tahun berjuang melawan tentara merah Soviet dan pemerintahan bonekanya di Afganistan, akhirnya berhasil meraih kemenangan. Tiga tahun sebelumnya, setelah 10 tahun menduduki Afganistan, tentara Soviet pada bulan Februari 1989 terpaksa angkat kaki dari negara itu. Namun, perpecahan di antara kelompok pejuang dan kurangnya bantuan dari luar negeri terhadap mereka, membuat pemerintahan boneka Soviet masih terus bercokol. Akhirnya, pada tanggal 28 April 1992, pasukan Mujahidin berhasil menduduki kota Kabul dan menggulingkan pemerintahan boneka Soviet.

Imam Askari Gugur Syahid

8 Rabiul Awwal tahun 260 Hijriah, Imam Hasan Askari a.s, cucu Raulullah SAWW generasi ke-9, gugur syahid di kota Samara, Irak. Imam Hasan Askari lahir di Madinah pada tahun 232 Hijriah. Ayah beliau adalah Imam Hadi, imam ke-9 kaum muslimin. Setelah Imam Hadi gugur syahid, Hasan Askari a.s. mengemban tugas untuk melanjutkan tampuk keimamahan kaum muslimin. Periode kepemimpinan Imam Askari merupakan periode yang sangat berat karena kelahiran putra beliau, Imam Mahdi a.s. Saat itu, kekhalifahan Islam berada di tangan Dinasti Abbasiah yang menunggu dan mengawasi lahirnya calon imam ke-12 kaum muslimin ini untuk dibunuh. Berkat perlindungan Allah SWT, imam terakhir itu hingga kini tetap hidup dan selamat. Namun, Imam Hasan Askari sendiri akhirnya dibunuh dengan menggunakan racun oleh pemerintahan Abbasiah.

Imam Hasan Askari dikenal berilmu tinggi dan banyak melakukan langkah berpengaruh dalam pengembangan keilmuan Islam. Di antara hadis beliau berbunyi, “Ada dua fitrah manusia yang terbaik , yaitu iman kepada Tuhan dan berbuat kebaikan kepada saudara. Aku mewasiatkan kepada kalian agar kalian bertakwa dalam beragama, jujur dalam berbicara, dan menunaikan amanah.”

Syaikh Izuddin Husaini Meninggal

8 Rabiul Awwal tahun 984 Hijriah, Syaikh Izuddin Husaini, seorang ulama besar Islam, meninggal dunia di Bahrain. Ulama Islam terkemuka ini dilahirkan pada tahun 918 Hijriah di Jabal Amil, Libanon Selatan dalam sebuah keluarga yang relijius. Sejak kanak-kanak, Syaikh Izuddin Husaini telah menuntut ilmu-ilmu agama hingga akhirnya mencapai derajat keilmuan yang tinggi. Beliau kemudian menyusul anaknya, Syaikh Bahai yang tinggal di Iran, dan selama delapan tahun berdiam di Khurasan, Iran timur laut. Di tempat itu, Syaikh Izuddin Husaini mengabdikan hidupnya untuk mengajar ilmu-ilmu agama kepada masyarakat. Beliau meninggalkan beberapa karya penulisan, di antaranya berjudul “Tuhfe-ye Ahle Imaan” atau Persembahan Orang Yang Beriman.

29 April

Peter The Great Naik Tahta

29 April tahun 1682, Peter The Great yang saat itu baru berusia sepuluh tahun, diangkat menjadi raja atau Tzar Rusia dan berbagi tahta dengan saudara tirinya, Ivan. Pemerintahan kedua raja muda itu berada di bawah pengawasan kakak perempuan mereka bernama Sophia. Meskipun usianya masih sangat muda, namun Peter dengan cepat mampu mengendalikan pemerintahannya. Pada tahun 1689, ia memenjarakan kakak perempuannya itu atas tuduhan merencanakan kudeta terhadap dirinya. Pada tahun itu pula, Peter menikah dengan Evdokia, namun istrinya itu sepuluh tahun kemudian diasingkan atas tuduhan melakukan konspirasi. Peter The Great memerintah Rusia dengan tangan besi. Ia juga melakukan westernisasi di Rusia, di antaranya memerintahkan pencukuran jenggot, penggunaan pakaian model Jerman, dan memperbaharui teknologi.

Serangan Perancis Ke Belanda Dimulai

29 April tahun 1747, pasukan Perancis dengan kekuatan 90.000 tentara memulai serangan mereka terhadap Belanda. Meskipun Belanda mendapat dukungan dari Inggris dan Austria, namun berakhir dengan kemenangan Perancis. Kekalahan Belanda ini semakin memperparah proses melemahnya kekuatan Belanda yang dimulai sejak akhir abad ke-19. Hal inilah yang membuat Belanda terpaksa melepaskan sebagian besar daerah jajahannya di luar Eropa.

Italia Dikalahkan Sekutu

29 April tahun 1945, pada hari-hari terakhir Perang Dunia Kedua, kekalahan besar kembali menjadi nasib pasukan Aksis. Dengan pecahnya garis pertahanan pertahanan Jerman di Italia, pasukan Sekutu dengan melakukan serangan dari segala arah, berhasil menduduki Italia yang bersekutu dengan Jerman. Menyusul kemenangan Sekutu itu, sekitar satu juta tentara Jerman yang berpangkalan di Italia menyerah kepada Sekutu. Kekalahan besar di Italia ini terjadi ketika di saat yang hampir bersamaan Berlin juga diserang habisan-habisan oleh Uni Soviet.

Abjad Latin Diterapkan di Turki

29 April tahun 1928, pemerintah Turki secara resmi menerapkan penggunaan abjad latin menggantikan huruf Arab yang selama ini dipakai di negara itu. Perubahan ini dilakukan dalam program penghapusan budaya Islam dan penyebarluasan budaya Barat di tengah masyarakat Turki. Proses westernisasi Turki ini telah dimulai sejak tahun 1923 ketika Mustafa Kamal, atau Attaturk, terpilih sebagai Presiden Turki. Ia melakukan berbagai langkah westernisasi seperti menanggalkan baju tradisional Turki dan menggunakan baju Barat, melarang pendidikan Islam, mengganti huruf Arab dengan huruf latin, dan terakhir, menghapus kata-kata dalam UUD yang menyatakan bahwa agama Islam adalah agama resmi di Turki dan digantikan dengan prinsip sekularisme. Dalam menjalankan program sekularismenya ini, Attaturk juga melakukan represi terhadap kaum muslimin Turki yang melakukan penentangan terhadap program itu. Namun tindakan Attaturk ini tidak berhasil menghapuskan semangat iman Islam di hati warga Turki, yang terbukti dengan terus berkembangnya gerakan Islam di negara ini meskipun terus ditekan oleh pemerintah.

Hari Keimamahan Imam Mahdi Dimulai

9 Rabiul Awwal tahun 260 Hijriah, sehari setelah wafatnya Imam Hasan Askari a.s, dimulailah hari pertama keimamahan Imam Mahdi (a.f.) Imam Mahdi adalah putra Imam Hasan Askari a.s. yang pada tanggal 8 Rabiul Awwal tahun 260 Hijriah, gugur syahid akibat dibunuh khalifah saat itu yang berasal dari Dinasti Abbasiah. Tak lama setelah diangkat sebagai imam kaum muslimin, Imam Mahdi atas perintah Allah SWT menyembunyikan diri dari umatnya karena keselamatannya terancam. Berdasarkan berbagai hadis yang sahih, Imam Mahdi a.s. pada saat yang ditentukan Allah akan kembali muncul di tengah kaum muslimin untuk menegakkan pemerintahan yang adil di muka bumi.

30 April

Carl Friedrich Gauss Lahir

30 April tahun 1777, Carl Friedrich Gauss, seorang matematikawan besar asal Jerman, terlahir ke dunia. Perhatian utama Gauss adalah di bidang angka dan dia menulis buku modern pertama tentang teori angka. Pada tahun 1807, Gauss menjadi profesor dan direktur dari sebuah observatorium di Gottingen. Pada tahun 1821, ia ditunjuk untuk mengepalai survey trigonometri di Hanover dan ketika itulah ia berhasil menciptakan heliograph atau alat pengirim pesan dengan menggunakan cermin dan cahaya. Gauss juga berhasil menemukan teori induksi magnetik sehingga satuan untuk induksi magnetik itu diberi nama Gauss. Carl Gauss dianggap sebagai salah satu dari tiga matematikawan terbesar dunia, selain Archimedes dan Newton.

Adolf Hitler Bunuh Diri

30 April tahun 1945, setelah rencana dan impiannya untuk menguasai dunia mengalami kegagalan, akhirnya Adolf Hitler bunuh diri di sebuah lubang pertahanan bawah tanah di Berlin. Hitler dilahirkan tahun 1889 di Austria dan dan dalam Perang Dunia I, ia ikut bertempur membela Jerman. Seusai perang, Hitler mendirikan Partai Sosialis dan Nasionalis atau NAZI. Pada tahun 1923, Hitler dipenjara selama delapan bulan atas tuduhan perencanaan kudeta dan di dalam penjara itulah ia menulis bukunya yang terkenal berjudul Mein Kampf yang berisi pandangan-pandangan politiknya. Sepuluh tahun kemudian, Hitler terpilih sebagai Kanselir Jerman dan setahun kemudian, ia juga mengangkat diri sebagai presiden. Pada tahun 1939, Perang Dunia II pun meletus atas provokasi Hitler. Meskipun di awal-awal perang Hitler berhasil meraih kemenangan, namun secara bertahap pasukan Sekutu akhirnya berhasil mengalahkan Jerman.

Berthold Brecht Meninggal

30 April tahun 1956, Berthold Brecht, seorang penyair dan penulis naskah drama Jerman, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1898 dan menuntut ilmu di bidang ilmu alam. Ketika Nazi berkuasa di Jerman, Brecht melakukan perlawanan pemikiran untuk menentang ideologi Nazi. Namun, karena diawasi oleh Gestapo, akhirnya Brecht melarikan diri ke AS. Di akhir PD II, Brecht kembali ke negaranya dan hidup di sana sampai akhir hayatnya. Brecht dikenal sebagai orang yang mereformasi aliran teater sehingga menjadikannya sebagai forum sosial dan ideologi bagi orang-orang kiri.

Abdul Muthalib Wafat

10 Rabiul Awwal 45 tahun sebelum Hijrah, Abdul Muthalib, kakek Rasulullah SAWW , meninggal dunia di Mekah. Beliau adalah pembesar kaum Qurays pada masa sebelum lahirnya Islam. Abdul Muthalib adalah pengurus Ka’bah dan pemberi air serta makanan kepada para peziarah Ka’bah. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang amat dihormati dan karena itulah keluarga Abdul Muthalib memiliki posisi yang tinggi tengah masyarakatnya. Anak Abdul Muthalib di antaranya adalah Abdullah, ayah Rasulullah SAWW dan Abu Thalib, paman Rasulullah.

Rasulullah SAWW Menikah dengan Khadijah

10 Rabiul Awwal 28 tahun sebelum Hijrah, Muhammad SAWW menikah dengan Khadijah binti Khuwailid, seorang bangsawan kaya di kota Mekah. Khadijah dikenal sebagai perempuan yang suci dan beriman sehingga dijuluki dengan nama Thahirah atau suci. Setelah Muhammad SAWW diangkat Allah sebagai Rasul-Nya, Khadijah-lah perempuan pertama yang beriman kepada Islam. Setelah itu, seluruh beliau menyumbangkan seluruh hartanya demi penyebaran Islam. Kesetiaan dan pengabdian Khadijah kepada Rasulullah sedemikian besarnya sehingga bertahun-tahun setelah Khadijah meninggal, Rasulullah masih terus mengenangnya dan menyebut-nyebut kebaikannya.

Sumber : http://www2.irib.ir/worldservice/melayuRADIO/kal_sejarah/april/

About these ads

February 1, 2009 - Posted by | HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, POLITIK DUNIA, SEJARAH DAN KEBUDAYAAN | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: