falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN MARET.”

INILAH PERISTIWA-PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN MARET :

1 Maret

  • Ryonosuke Akutagawa Lahir

1 Maret 1892, Ryonosuke Akutagawa, seorang penulis modernis Jepang terkenal, terlahir ke dunia. Akutagawa adalah penulis cerpen, puisi, dan essay Jepang pertama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Dia mulai menulis cerita-cerita pendeknya ketika tengah menuntut ilmu di Tokyo Imperial University jurusan sastra Inggris. Kemudian, dia bersama rekan-rekannya mendirikan majalah sastra bernama Shin Shico. Akutagawa adalah seorang perfeksionis yang sering menyukai tema-tema horor dan dia mendedikasikan hampir seluruh hidupnya untuk sastra. Akutagawa meninggal dunia pada tahun 1927 akibat bunuh diri pada usia ke tiga puluh lima.

  • Puerto Rico Diduduki AS

1 Maret 1898, pulau Puerto Rico yang terletak di samudera Atlantik, di utara Amerika Selatan, diduduki oleh AS. AS kemudian mendirikan 13 pangkalan militer di pulau ini. Pulau Puerto Rico ditemukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1493, namun kemudian ditinggalkan begitu saja. Lima belas tahun kemudian, pada tahun 1508, Juan Ponce de Leon, seorang tentara yang ikut serta dalam ekspedisi Columbus menginvasi Puerto Rico bersama sejumlah tentara dan menjadi gubernur Puerto Rico yang pertama. Sementara itu, penduduk pribumi Puerto Rico, yaitu suku Taino, dijadikan budak di pertambangan. Suku Taino pernah mencoba melakukan pemberontakan, namun akhirnya kalah. Pada tahun 1898, AS menginvasi Puerto Rico dan meletuslah perang Spanyol-AS. Perang ini berakhir di bulan Desember 1898, dan kedua pihak menandatangani perjanjian Paris yang menyatakan bahwa Spanyol menyerahkan Puerto Rico, Guam and Philippines kepada AS.

2 Maret

  • Imam Husain Gugur Syahid

10 Muharram tahun 61 Hijriah, Imam Husain a.s. gugur syahid di Padang Karbala. Sebelumnya, Imam Husain a.s. dipaksa untuk berbaiat kepada Yazid yang telah mengangkat diri sebagai khalifah umat muslimin. Imam Husain menolak berbaiat dan beliau bersama 72 sahabat dan anggota keluarganya, meninggalkan Madinah untuk menuju kota Kufah. Sebelumnya, rakyat kota Kufah mengundang beliau agar memimpin perjuangan melawan Yazid. Namun, represi dari pemerintahan Yazid membuat rakyat Kufah berkhianat dan dalam perjalanan menuju Kufah, kafilah Imam Husain digiring ke Padang Karbala, di tepi sungai Eufrat. Akhirnya pada tanggal 10 Muharam, pasukan Yazid menyerang Imam Husain. Dalam pertempuran yang sangat tidak seimbang itu, Imam Husain dan para pembela setia beliau gugur syahid.

  • Makam Imam Ridha Dibom Teroris

10 Muharram tahun 1415 Hijriah, sebuah bom meledak di makam Imam Ridha a.s., imam ke-delapan para pengikut Ahlul Bait Rasulullah. Bom tersebut dipasang oleh kelompok teroris Mujahidin Khalq (MKO). Pada hari itu, kompleks makam Imam Ridha penuh sesak dikunjungi para peziarah yang tengah memperingati hari Asyura atau hari gugur syahidnya Imam Husain a.s. Puluhan peziarah gugur syahid dalam peristiwa terorisme ini dan makam Imam Ridha a.s. rusak berat.

  • Maroko Merdeka

2 Maret 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Maroko terletak di utara Afrika, di tepi laut Mediterania dan Samudera Atlantik, serta berbatasan dengan Aljazair dan Sahara Barat. Maroko pada akhir abad ke-7 ditaklukkan oleh kaum muslimin dan diperintah oleh beberapa dinasti muslim. Mulai abad ke-15, Maroko jatuh ke tangan Portugis dan Sapnyol, lalu pada tahun 1906 resmi berada di bawah penjajahan Perancis.

  • Budapest Dikuasai Ottoman

2 Maret 1525, Budapest, ibu kota Hongaria diduduki oleh pasukan Imperium Ottoman. Peristiwa ini terjadi dalam era Perang Mohacs antara Ottoman-Hongaria. Dalam perang yang terjadi di kota Mohac ini, Raja Louis II dari Hongaria dikalahkan oleh Raja Sulayman I dari Turki. Saat itu, Hungaria hanya memiliki 28.000 pasukan sementara tentara Turki berjumlah 200.000 orang. Raja Louis II dan 25.000 pasukannya tewas di pertempuran ini dan imperium Ottoman berkuasa di sana selama 150 tahun. Kota Mohac juga menjadi saksi kemenangan Hongaria di tahun 1687 dalam mengakhiri kekuasaan Turki di negeri itu.

3 Maret

  • Perjanjian San Stefano Ditandatangani

3 Maret tahun 1878, ditandatanganilah perjanjian San Stefano antara imperium Utsmani dan Rusia. Perjanjian ini sekaligus mengakhiri perang terakhir antara Rusia dan Turki yang berlangsung sejak tahun 1877. Perang itu terjadi ketika Russia dan sekutunya Serbia berniat untuk menolong Bosnia, Herzegovina, dan Bulgaria dalam usaha mereka memerdekakan diri dari kekuasaan Turki. Tentara Rusia menyerang Turki melalui Bulgaria dan berhasil masuk hingga ke kota Adrianople pada bulan January 1878. Akhirnya, pada bulan Maret 1878, Tuki dan Russia menandatangani perjanjian San Stefano yang berisi pembebasan Romania, Serbia, and Montenegro serta memberikan otonomi kepada Bosnia and Herzegovina. Selain itu, Bulgaria diserahkan di bawah pengawasan Russia.

  • Gottlieb Daimler Meninggal

3 Maret 1900, Gottlieb Daimler seorang inventor dan pionir di bidang otomobil Jerman, meninggal dunia di usia ke-64 tahun. Keberhasilan Daimler dalam mengembangkan mesin pembakaran internal pada tahun 1890 telah memberikan sumbangan yang besar dalam industri otomotif. Sebelumnya, di tahun 1883, Daimler berhasil menciptakan mesin yang bertenaga bensin. Pada tahun 1890, Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motor Company in 1890 yang hingga kini menjadi sebuah perusahaan mobil berskala internasional.

  • Bosnia Merdeka

3 Maret 1992, melalui penyelenggaraan sebuah referendum, rakyat Bosnia Herzegovina secara mayoritas menyepakati pemisahan diri dari Yugoslavia dan mendirikan Republik Bosnia Herzegovina. Pemerdekaan diri Bosnia ini menjadi awal dari perang etnis terbesar dalam sejarah Eropa kontemporer. Perang ini terjadi karena etnis Serbia yang bermukim di Bosnia memboikot referendum tersebut dan atas dukungan tentara Serbia di bawah pimpinan Slobodan Milisevic, meletuslah perang antara Serbia dan Bosnia. Tentara Serbia melakukan pembunuhan massal terhadap warga muslim Bosnia. Perang ini berlangsung selama 43 bulan dan menewaskan 250.000 warga muslim Bosnia, dan 1,5 juta lainnya terpaksa hidup di pengungsian.

  • Edmund Waller Lahir

3 Maret 1606, Edmund Waller seorang penyair terkenal Inggris, terlahir ke dunia di kota Hertfordshire, Inggris. Dia menuntut ilmu di Universitas Cambrige dan kemudian selama beberapa tahun menjadi anggota parlemen Inggris. Awalnya, Waller adalah seorang oposan kerajaan, namun kemudian berbalik menjadi pendukung kerajaan. Pada era revolusi, Waller berusaha untuk mengambil jalan tengah antara kelompok kerajaan dan puritan, namun ia malah dipenjarakan lalu dibuang ke luar Inggris. Pada tahun 1951, Waller kembali ke Inggris dan kembali meraih tempat di Parlemen. Waller adalah penyair pertama yang menggunakan bait heroik, sebuah gaya yang mendominasi puisi Inggris selama lebih dari satu abad.

  • Abu Isa Turmudzi Meninggal Dunia

11 Muharram tahun 279 Hijriah, Abu Isa Turmudzi, seorang penghapal Quran dan ahli hadis terkenal muslim, terlahir ke dunia. Abu Isa Turmudzi dalam rangka menuntut ilmu dan mengumpulkan hadis, melakukan perjalanan ke berbagai penjuru dunia Islam. Karya Abu Isa Turmudzi yang paling terkenal adalah “Jami’ Turmudzi” yang merupakan kumpulan hadis yang hingga kini dijadikan salah buku rujukan hadis paling utama di kalangan kaum muslimin.

4 Maret

  • Pembunuhan Massal Terhadap Muslim di Yunani

Tanggal 4 Maret tahun 1823, pasukan Yunani dalam era peperangan melawan tentara Imperium Ottoman, melakukan pembunuhan massal terhadap 12 ribu muslim di kota Tripolitza. Tentara Yunani dalam pertempuran itu mendapatkan dukungan dari beberapa negara Eropa. Negara-negara Eropa sejak awal abad ke-19 mulai berjuang melawan kekuasaan Ottoman di negeri mereka dan sejak tahun 1822 bersatu untuk memperkuat diri. Akhirnya, Yunani berhasil merdeka pada tahun 1832.

  • William Thompson Lahir

Tanggal 4 Maret 1824, William Thompson, seorang matematikawan dan fisikawan Inggris, terlahir ke dunia. Dia melakukan penelitian mengenai panas dan listrik serta berhasil mengawali penemuan dalam bidang teknologi komunikasi bawah laut. Thompson juga menemukan alat untuk meningkatkan tegangan listrik dan alat pengukur suhu. Dia juga menulis berbagai buku ilmiah, yang terkenal di antaranya berjudul Suhu Listrik. Thompson meninggal dunia tahun 1907.

  • Revolusi Hongaria Dimulai

Tanggal 4 Maret 1848, perjuangan kemerdekaan bangsa Hongaria melawan kekuasaan Austria dimulai. Kebangkitan rakyat Hongaria ini hampir bersamaan dengan dimulainya kebangkitan di negara-negara lainnya yang berada di bawah kekuasaan Austria. Pada tanggal 4 April 1849, perjuangan rakyat Hongaria semakin meningkat dengan diumumkannya kemerdekaan negara ini. Namun, pemerintahan Austria dengan bantuan tentara Tzar Rusia berhasil menghentikan perjuangan tersebut dan para pemimpin revolusi Hongaria itu dihukum mati.

  • Muhammad Moshadeq Meninggal

Tanggal 4 Maret tahun 1968, Muhammad Moshadeq, mantan perdana menteri dan politikus ternama Iran, meninggal dunia. Moshadeq dilahirkan di Teheran tahun 1883. Karirnya di bidang politik mulai menanjak sejak tahun 1921, ketika terpilih sebagai menteri keuangan. Setelah itu, dia terpilih sebagai menteri luar negeri dan anggota parlemen. Kemudian, selama beberapa tahun Moshadeq meninggalkan dunia politik. Pada tahun 1944, dia kembali ke pentas politik dan aktif memperjuangkan nasionalisasi minyak Iran. Usahanya yang didukung oleh para ulama Iran, antara lain Ayatullah Kashani, mencapai hasil dengan disahkannya UU nasionalisasi minyak oleh Parlemen. Bahkan, iapun terpilih sebagai perdana menteri. Namun, rezim Shah Pahlevi dengan dukungan AS melakukan kudeta terhadap pemerintahan Moshadeq pada tahun 1954. Moshadeq dan para pendukungnya ditangkap dan kemudian dipenjarakan.

Kafilah Karbala Tiba di Kufah

Tanggal 12 Muharam tahun 61 Hijriah, setelah Imam Husain dan para pejuang Karbala gugur syahid, para anggota kafilah yang tersisa, yaitu kaum perempuan, anak-anak, dan Imam Ali Zainal Abidin, yang saat itu tengah sakit parah, digiring oleh pasukan Yazid ke kota Kufah. Di hadapan rakyat kota Kufah, Imam Ali Zainal Abidin dan Sayyidah Zainab, saudara perempuan Imam Husain a.s., dengan jelas dan keras mengecam sikap rakyat kota itu yang telah mengkhianati Imam Husain. Selain itu, mereka juga menyampaikan pesan dan risalah perjuangan Imam Husain a.s. dalam melawan kezaliman.

  • Imam Ali Zainal Abidin Syahid

Tanggal 12 Muharam tahun 95 Hijriah, Imam Ali Zainal Abidin, putra Imam Husain a.s., yang terkenal dengan nama Imam Sajad, gugur syahid. Imam Sajjad adalah salah satu saksi peristiwa Karbala. Saat itu, beliau sakit keras sehingga tidak bisa ikut bertarung melawan pasukan Yazid. Setelah gugur syahidnya Imam Husain di Karbala, tampuk imamah diambil alih oleh Imam Sajjad a.s. Sepanjang hidupnya, Imam Sajajd selalu berjuang menyebarkan ajaran Islam yang hakiki dan menyampaikan pesan perjuangan Karbala. Imam Sajajd dikenal sebagai orang yang sangat rajin beribadah dan bermunjat kepada Allah. Doa-doa indah yang sering beliau ucapkan, dikumpulkan dalam sebuah buku berjudul “Sahifah Sajadiah”.

8 Maret

  • Sayyid Jamaluddin Assad Abadi Gugur

8 Maret tahun 1897, Sayyid Jamaluddin Asad Abadi, seorang ruhaniwan dan pejuang dalam melawan imperialisme di negara-negara muslim, gugur syahid. Sayyid Jamaluddin dilahirkan di Hamedan, Iran barat dan menuntut ilmu-ilmu agama, filsafat, astronomi, dan sejarah, serta menguasai bahasa Arab, Perancis, Rusia. Sejak usia 18 tahun, beliau melakukan perjalanan ke berbagai negara. Di Paris, Sayyid Jamaluddin menerbitkan koran Urwatul Wutsqa dan di London, beliau menerbitkan harian Dhiyaul Khafiqin yang aktif menyerukan kebangkitan umat muslim sedunia. Akibatnya, Sayyid Jamaluddin ditekan oleh pemerintahan imperialis Eropa sehingga beliau terpaksa mengungsi ke Istanbul. Namun, Raja Ottoman saat itu, yaitu Abdul Hamid, malah meracuni Sayyid Jamaluddin sehingga gugur syahdid.

  • Front Pembebasan Moro Mulai Berjuang

8 Maret 1968, Front Pembebasan Moro memulai perjuangan bersenjata mereka melawan rezim Marcos yang berkuasa di Philipina saat itu. Bangsa muslim Moro hidup di pulau Mindanao. Mereka telah berjuang mempertahankan Islam dan melawan dominasi asing sejak masa penjajahan Spanyol. Setelah Philipina merdeka, bangsa Moro terus berjuang melawan pemerintahan Manila yang berada di bawah dominasi AS. Selama masa pemerintahan Marcos, kaum muslimin direpresi, dibunuh, atau dipenjarakan. Setelah Marcos terguling, pemerintahan baru Philipina mengadakan perundingan dengan bangsa Moro dan akhirnya, mereka diberi kekuasaan otonomi.

  • Belanda Menyerah di Jawa

8 Maret 1942, setelah dua bulan berperang, akhirnya tentara Belanda yang telah menjajah Indonesia selama tiga abad, menyerah kalah kepada pasukan Jepang. Pada tanggal 11 Januari 1942, Jepang mendeklarasikan perang terhadap pemerintah Belanda dengan menginvasi Borneo dan Pulau Celebes. Setelah itu, Jepang meneruskan invasinya ke pulau Jawa. Pasukan Jepang mendarat di Jawa mulai tanggal 14 Februari. Pasukan Belanda yang didukung Inggris dan Australia tidak mampu menahan invasi Jepang ini dan akhirnya pada tanggal 8 Maret, Belanda menyerah kepada Jepang.

  • Revolusi Februari Rusia Meletus

8 Maret 1917, sebuah revolusi yang diberi nama Revolusi Februari, meletus di Rusia dan menggulingkan Tzar Nicholas II. Pada hari itu, puluhan ribu warga Petrograd atau St. Petersburg, turun ke jalan-jalan memprotes kekuarangan makanan yang mereka derita. Tentara kerajaan turun tangan dan timbullah kerusuhan. Seminggu kemudian, Kaisar Nicholas II digulingkan dan berakhirlah era pemerintahan para tzar atau kaisar di negeri itu. Revolusi ini meletus karena rakyat Rusia sudah muak dengan pemerintahan Tazr Rusia yang despotik dan korup. Kaisar Nicholas II berkali-kali membubarkan Duma atau Parlemen Rusia yang dibentuk setelah Revolusi 1905, setiap kali keputusan Duma bertentangan dengan kehendaknya. Ketidakstabilan politik ini membuat perekonomian Rusia hancur, ditambah lagi dengan kerugian yang ditanggung Rusia akibat bergabung dalam Perang Dunia I. Setelah tergulingnya Tzar Nicholas II, Vladimir Lenin, pemimpin Partai Bolshevik, kembali dari pengasingannya di Switzerland dan memimpin Revolusi Komunis di Rusia.

  • Ayatulah Rabani Shirazi Wafat

8 Maret 1982, Ayatullah Rabani Shirazi, seorang ulama dan pejuang Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan di kota Shiraz pada tahun 1923 dan sejak tahun 1964, beliau memulai aktivitas perjuangannya melawan rezim Shah yang despotik. Akibatnya, Ayatullah Rabani berkali-kali dipenjarakan atau diasingkan. Setelah kemenangan revolusi Islam, Ayatullah Rabani terpilih sebagai anggota parlemen Iran dan terus mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Ayatullah Rabani wafat dalam sebuah kecelakaan lalu-lintas.

9 Maret

  • Michaelangelo Meninggal

9 Maret tahun 1564, Michaelangelo, seorang seniman besar Italia, meninggal dunia pada usia ke-89 tahun. Sebagai seorang pematung, arsitek, dan penyair, Michaelangelo merupakan seniman yang paling berpengaruh di dalam sejarah seni Barat. Dia dilahirkan pada tahun 1475 di desa Caprese, Italia dan dan sejak usia 13 tahun, ia mulai belajar seni dari keluarga Medici di kota Florence. Ketika usianya mencapai 16 tahun, Michaelangelo sudah berhasil menciptakan dua patung yang memperlihatkan bakat dan kemampuannya yang besar di bidang seni pahat. Sekitar tahun 1495, Micahelangelo pindah ke Roma dan di kota itu ia semakin mengembangkan kemampuannya. Salah satu karya besar Michaelangelo adalah patung Nabi Isa yang kini disimpan di Gereja St. Peter, Roma.

  • Menachem Begin Meninggal

9 Maret 1992, Menachem Begin, salah seorang pendiri rezim Zionis dan partai Likud, meninggal dunia. Begin dilahirkan di Belarusia pada tahun 1913. Ayahnya adalah seorang Yahudi ekstrim yang memiliki peran besar dalam membentuk kepribadian ekstrim Mencahem Begin. Pada usia 12 tahun, Begin telah membentuk kelompok pemuda pengawal Zionis dan pada tahun 1942, setelah ia hijrah ke Palestina, Begin membentuk organsasi teroris ekstrim “Irgun” yang benyak melakukan teror dan pembunuhan massal terhadap warga Palestina. Kekejaman Begin amat terkenal sampai-sampai Ben Gurion yang juga salah seorang penidiri Rezim Zionis, menjuluki Begin sebagai Hitler Sejati. Setelah menduduki berbagai posisi dalam kabinet Zionis, pada tahun 1977, Begin terpilih sebagai Perdana Menteri. Begin terpaksa mundur dari kursinya pada tahun 1982 setelah ia memerintahkan pembunuhan massal terhadap pengungsi Palestina di kamp Shabra Shatila di Libanon yang menimbulkan kemarahan dunia internasonal. Beberapa bulan kemudian, Begin terjangkit penyakit dan akhirnya meninggal dunia.

Abbas Kermani Meninggal
9 Maret 1989, Doktor Abbas Riyadhi Kermani, seorang astronom dan ahli matematika terkenal Iran, meninggal dunia. Doktor Abbas Kermani dilahirkan pada tahun 1908, dan setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya, ia pergi ke Perancis untuk menuntut ilmu di bidang matematika dan astronomi. Akhirnya, Abbas Kermani berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Sorbon Paris, di bidang atronomi. Sekembalinya ke Iran, Doktor Abbas Kermani mengajar di Universitas Tehran serta aktif melakukan penelitian dan penulisan di bidang astronomi. Doktor Abbas Kermani berhasil menysuun kalender resmi Iran. Karya penulisan yang ditinggalkan Doktor Abbas Kermani di antaranya berjudul “Pendahuluan Atas Astronomi Lanjutan”

  • Sheikh Baha’i Lahir

17 Muharam tahun 953 Hijriah, Bahauddin Amily, yang terkenal dengan nama Syeikh Bahai, seorang cendekiawan muslim besar, terlahir ke dunia di Libanon. Pada masa kecilnya, oleh ayahnya yang juga seorang ulama besar Libanon, Bahauddin Amily dibawa ke Iran dan di sana ia menuntut berbagai ilmu yang berkembang di zaman itu. Dalam waktu singkat, dia berhasil meraih derajat tinggi di bidang keilmuan sehingga digelari Syaikhul Islam. Sheikh Bahai meninggalkan karya penulisan lebih dari 88 jilid kitab dalam bahasa Arab dan Persia, di antaranya berjudul “Jami’ Abbasi.” Belaiu meninggal tahun 1030 Hijriah di kota Isfahan Iran.

  • Nawaruddin Jami Meninggal

17 Muharam tahun 898 Hijriah, Nawaruddin Abdurrahman Jami’, seorang penyair sufi terkenal Iran, meninggal dunia di kota Herat, Afganistan. Nawaruddin Jami melalui masa mudanya di kota Herat dan Samarkan, dan di sana pula ia menutut ilmu-ilmu yang berkembang di zaman itu. Kemudian, Nawaruddin Jami berkenalan dengan para sufi terkenal zaman itu dan iapun mulai menempuh tahapan-tahapan sufisme sehingga akhirnya menjadi salah seorang sufi terkemuka. Nawaruddin Jami sangat mencintai Rasulullah dan keluarganya, dan ia tidak pernah menciptakan syair-syair yang memuji para raja dan sultan. Di antara karya Jami adalah “Baharestan” dan “Syawahid Nubuwah”.

10 Maret

  • Pauline Johnson Lahir

10 Maret tahun 1861, Emily Pauline Johnson, seorang penyair Kanada keturunan suku Mohawk, Indian, terlahir ke dunia. Pada tahun 1885, untuk pertama kalinya, karya puisi Johnson muncul di majalah, berjudul My Little Jean dan A Cry From An Indian Wife atau “Tangisan Seorang Istri Indian”. Sejak tahun 1892, Johnson mulai membacakan puisi-puisinya di depan umum dan dengan segera menjadi terkenal di kalangan masyarakat Kanada. Antara tahun 1892 hingga 1909, Johnson mengadakan tour keliling Kanada, AS, dan Inggris untuk membacakan puisi-puisinya. Pada tahun 1894, buku pertama Johnson diterbitkan dengan judul The White Wampum . Pauline Johnson meninggal dunia pada tahun 1931 akibat penyakit kanker.

  • Percakapan Telepon Pertama di Dunia

10 Maret 1876, Alexander Graham Bell yang menciptakan sistem telepon, berhasil melakukan ujicoba percakapan telepon pertamanya. Bell dan asistennya, Watson, berada di dua ruangan berbeda dan mereka melakukan percakapan telepon pertama itu. Tiga hari kemudian, Bell menerima hak paten atas sistem dan alat telepon ciptaannya itu.

Graham Bell dilahirkan di Skotlandia tahun 1847 dan ketika masih remaja, ia telah menjadi guru suara dan memulai eksperimennya di bidang suara. Pada tahun 1871, Bell pergi ke Boston untuk membuka sekolah di bidang pelatihan bagi guru-guru pengajar para tuna rungu. Di waktu luangnya, ia melakukan eksperimen dengan gelombang suara dan menemukan bahwa ada peluang untuk mengirimkan suara melalui system serupa telegraf. Pada tahun 1877, ia mendirikan Bell Telephone Company yang merupakan perusahaan telepon komersial pertama.

  • Kota Tokyo Dibom

10 Maret 1945, dalam era Perang Dunia II, 300 pasukan pengebom AS menjatuhkan hampir 2000 ton bom ke atas kota Tokyo sehingga menghancurkan sebagian besar ibu kota Jepang dan membunuh 100.000 warga sipil. Tujuan AS untuk memberlakukan taktik pengeboman terhadap Jepang adalah untuk menjatuhkan moral negara itu dan memaksanya menyerah kepada Sekutu.

Pada pagi dini hari itu, bom-bom napalm dan magnesium dijatuhkan di atas pemukiman warga di sepanjang sungai Sumida di timur Tokyo. Bangunan perumahan Tokyo yang umumnya terbuat dari kayu, langsung hancur terbakar dan gas-gas panas mematikan menyembur ke langit Tokyo sehingga 100.00 orang tewas akibat teracuni carbon monoxide, kekurangan oxygen, atau terbakar hidup-hidup. Akibat serangan bom ini, 10 mil persegi bagian timur Tokyo hancur total dan 250,000 gedung-gedung hancur.

Sembilan hari kemudian, pasukan A.S. mengebom kota Nagoya, Osaka, and Kobe, dan di bulan Agustus, A.S. mengebom Hiroshima and Nagasaki yang membuat Jepang akhirnya bertekuk lutut kepada Sekutu.

  • Abdulhamid Irfani Meninggal

10 Maret 1990, Doktor Abdulhamid Irfani, seorang penyair kontemporer Pakistan, meninggal dunia di usia 80 tahun. Dia dikenal aktif dalam menghidupkan kebudayaan Islam untuk melawan penjajahan budaya Barat. Doktor Irfani adalah murid dari Iqbal, penyair dan filsuf terkemuka Pakistan. Doktor Irfan menulis lebih dari 40 buku di berbagai bidang sastra.

11 Maret

  • Lithuania Proklamasikan Kemerdekaannya

11 Maret tahun 1990, Lithuania memproklamasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Pemerintahan Soviet menjawab tindakan Lithuania ini dengan memkasakan embargo minyak dan ekonomi, serta mengirimkan pasukan. Namun akhirnya pada tahun 1991, Soviet bersedia mengakui kemerdekaan Lithuania dan republik Balkan lainnya, yaitu Estonia dan Latvia. Bangsa Lithuania hidup di sepanjnag Sungai Nemen dan Lautan Baltic, selama 3000 tahun dan selama abad pertengahan, Lithuania menjadi salah satu negara terluas di Eropa. Pada tahun 1940, tentara Soviet menduduki negara ini. Namun, tahun berikutnya, negara ini direbut oleh tentara Nazi dan selama Perang Dunia II, Lithuania turun ke medan perang mendukung Jerman. Pada tahun 1944, Soviet kembali merebut Lithuania dari Jerman dan menetapkan rezim pro-komunis di Lithuania. Pada akhir 1980-an, pemimpin Soviet, Mikhail Gorbachev menjalankan politik glasnot atau keterbukaan sehingga membuat bangsa Lithuania bebas menemukan identitas mereka kembali dan akhirnya memproklamasikan negara Lithuania yang terpisah dari Soviet.

  • Mikhail Gorbachev Diangkat Sebagai Pemimpin Uni Soviet

11 Maret 1985, Mikhail Gorbachev diangkat menjadi sekjen baru dan pemimpin Uni Soviet, menyusul kematian pemimpin lama Uni Soviet, Konstantin Chernenko, sehari sebelumnya. Selama enam tahun berikutnya, Gorbachev menjalankan transformasi radikal di dalam masyarakat Soviet dan dalam politik luar negerinya. Gorbachev juga memperlonggar opresi politik dan memimpin reformasi untuk memperbaiki sistem perekonomian yang rapuh. Dia juga bekerja keras untuk memperbaiki hubungan dengan AS. Pada tahun 1987, Gorbachev dan President Ronald Reagan menandatangani perjanjian pengurangan senjata nuklir kedua negara. Namun, perubahan yang dibawa Gorbachev berakhir dengan terpecah-pecahnya Uni Soviet karena negara-negara yang selama ini tertekan di dalam Uni Soviet satu-persatu memerdekakan diri. Pada bulan Desember 1991, Gorbachev mengundurkan diri dari jabatan Presiden dan Uni Soviet secara resmi dibubarkan.

  • Iran Keluar dari CENTO

11 Maret 1979, setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, negara ini keluar dari Organisasi Perjanjian Sentral (CENTO). CENTO adalah sebuah organisasi pertahanan bersama antara Turki, Iran, Pakistan, dan Inggris. Awalnya, organisasi ini bernama Pakta Bagdad, namun karena pada tahun 1958 Irak keluar dari pakta ini, nama organisasi tersebut diubah menajdi CENTO. Sementara itu, AS bertindak sebagai pengawas dalam organisasi ini. Pada tahun 1979, Pakistan keluar dari CENTO sebagai protes atas sikap negara-negara anggota lainnya yang tidak mendukung Pakistan dalam menghadapi krisisnya dengan India. Pada tahun yang sama, Iran juga keluar dari CENTO dan organisasi ini pun bubar.

  • Malta Ditaklukkan Pasukan Muslim

11 Maret tahun 904, Malta jatuh ke tangan pasukan Arab muslim. Kepulauan Malta yang terdiri dari dua pulau ini, yaitu pulau Malta dan Gozo, terletak di tengah lautan Mediterania. Letaknya yang strategis, di antara Eropa dan Africa, membuatnya menjadi rebutan negara-negara kuat, di antaranya

bangsa Phoenix, Romawi, Byzantium, Arab, Normandia, Perancis, dan Inggris. Malta meraih kemerdekaannya dari Inggris tahun 1964.

Bangsa Arab merebut Malta dari kekuasaan Byzantium. Dominasi Arab di negara ini memberikan banyak pengaruh besar. Di antaranya, penerapan teknik irigasi baru di ladang pertanian dan penanaman tanaman baru, seperti buah sitrus dan kapas. Selain itu, bangsa Arab juga memperkenalkan sistem perlindungan tanah dari erosi dengan cara mendirikan dinding-dinding kecil. Pengaruh bangsa Arab juga terlihat dalam bahasa warga Malta yang banyak mengandung kata-kata dan dialek Arab.

12 Maret

  • Perintah Imam Khomeini untuk Melindungi Keluarga Syuhada

12 Maret tahun 1980, pemimpin tertinggi revolusi Islam Iran, Imam Khomeini, mengeluarkan perintah untuk didirikannya lembaga yang bertugas melindungi keluarga para syuhada Iran. Beberapa bulan setelah kemenangan revolusi Islam di Iran, negara ini diserang oleh Irak yang diprovokasi oleh negara-negara adidaya, seperti AS, Rusia, dan Inggris. Negara-negara Barat itu memberikan bantuan uang dan senjata kepada Irak dengan tujuan agar Republik Islam Iran terguling. Namun, rakyat Iran dengan gigih mempertahankan negara mereka dan ratusan ribu pejuang Iran gugur syahid dan ratusan ribu lainnya luka-luka, cacat, atau terkena radiasi senjata kimia yang digunakan Irak. Lembaga perlindungan para syuhada hingga kini berperan besar dalam melindungi keluarga para korban perang tersebut, di antaranya memberi beasiswa dan santunan kepada anak-anak mereka.

  • Gandhi Memimpin Gerakan Perlawanan Sipil

12 Maret tahun 1930, Mahatma Gandhi memimpin sebuah gerakan perlawanan rakyat sipil untuk memprotes monopoli garam yang diberlakukan pemerintah Inggris di India. Aturan monopoli garam yang ditetapkan Inggris berisi larangan bagi rakyat India untuk mengumpulkan atau menjual garam dan paksaan untuk membeli garam dari Inggris yang telah dikenai bea pajak yang tinggi. Mengingat bahwa garam merupakan kebutuhan vital bangsa India, Mahatma Gandhi memimpin gerakan satyagraha atau perlawanan rakyat sipil.

Pada tanggal 12 Maret 1930, Gandhi dan 78 pengikutnya melakukan pawai ke kota Dandi yang terletak di pantai Laut Arab yang berjarak 241 mil. Di sepanjang jalan, puluhan ribu rakyat India bergabung dalam pawai itu. Setelah mereka sampai ke kota Dandi, mereka memulai gerakan penyulingan garam dari laut. Gerakan ini dengan segera meluas ke seluruh India, termasuk kota pantai Bombay dan Karachi. Tentara Inggris pun turun tangan menghadapi perlawanan rakyat India ini dan menahan 60.000 orang, termasuk Gandhi. Namun, gerakan satyagraha terus berlangsung, sampai akhirnya Gandhi dibebaskan dan bersedia menghentikan gerakan itu dengan kompensasi akan diadakan konferensi untuk menentukan masa depan India.

  • Jerman Menganeksasi Austria

12 Maret 1938, Hitler dan tentaranya memasuki Austria dan menganeksasi negara itu. Pada awal tahun 1938, warga Austria pendukung Nazi melakukan konspirasi untuk menggulingkan pemerintah dan menyatukan Austria dengan Nazi Jerman. Kanselir Austria saat itu, Kurt von Schuschnigg, ketika mengetahui adanya konspirasi tersebut, menemui Hitler dengan harapan bisa menyelamatkan kemerdekaan bangsanya. Namun, Hitler malah memaksa Kanselir Austria untuk mengangkat beberapa tokoh Nazi Austria di dalam kabinetnya. Pada tanggal 11 Maret, Kanselir Austria dipaksa untuk mengundurkan diri dan dipaksa untuk menyampaikan pidato kepada rakyatnya agar tidak melawan kedatangan pasukan Nazi. Keesokan harinya, Hitler dan pasukan Nazi datang ke Autsria dan dia mengangkat pemerintahan baru yang pro-Nazi. Austria menjadi sebuah negara bagian Jerman hingga Perang Dunia II berakhir

  • Mauritania Merdeka

12 Maret 1968, Mauritania, sebuah negara kecil di selatan Afrika, meraih kemerdekaannya dari Inggris. Mauritania sejak abad ke-17 dijajah oleh Belanda dan sejak abad ke-18. Mauritannia jatuh ke tangan Perancis. Pada tahun 1814, Inggris merebut Mauritania dari tangan Perancis dan terus menjajah negeri itu hingga tahun 1968.

  • Perjanjian Konstantinopel Ditandatangani

12 Maret 1854, perjanjian bersejarah Konstantinopel ditandatangani di Istambul, ibu kota Imperium Ottoman, oleh Perancis, Inggris, dan Ottoman. Perjanjian ini berisi kesepakatan kerjasama antara ketiga negara untuk menghadapi politik agresi Rusia dalam era Perang Crimea. Berkat perjanjian ini, akhirnya Rusia berhasil dikalahkan.

13 Maret

  • William Herschel temukan Uranus

13 Maret tahun 1781, seorang astronom Inggris kelahiran Jerman, William Herschel, berhasil menemukan planet Uranus. Penemuan Herschel ini adalah penemuan planet pertama di era modern dan penemuan pertama yang menggunakan teleskop. Penggunaan teleskop membuat Herschel bisa mengidentifikasi Uranus sebagai sebuah planet, bukan bintang, sebagaimana diyakini oleh para astronom sebelumnya.

Herschel memberi nama planet ketujuh dari matahari itu dengan nama Georgium Sidus, sebagai penghormatan terhadap Raja George III dari Inggris. Kemudian, Johann Bode, seorang astronom Jerman mengusulkan nama “Uranus” yang berasal dari nama dewa Yunani kuno. Planet Uranus, seperti juga Jupiter dan Saturnus, adalah sebuah bola gas raksasa yang terdiri dari hydrogen, helium, and methane. Uranus adalah planet terbesar ketiga dalam tatasurya dan mengorbit di bumi setiap 84 tahun. Pada bulan Januari 1986, pesawat tanpa awak A.S. Voyager 2 mengunjungi planet itu dan menemukan 10 bulan tambahan dari lima bulan yang sebelumnya telah ditemukan.

  • Tzar Alexander II Dibunuh

13 Maret tahun 1881, Tzar Alexander II yang menjadi pemimpin Russia sejak tahun 1855, terbunuh di jalan kota St. Petersburg akibat bom yang dilemparkan seorang anggota kelompok revolusioner bernama “Kehendak Rakyat”. Organisasi ini didirikan pada tahun 1879 dengan tujuan untuk menggulingkan sistem kerajaan di Rusia. Kelompok ini sebelumnya telah melakukan pembunuhan terhadap pejabat kerajaan dan beberapa kali melakukan percobaan pembunuhan terhadap Tzar Alezander II.

Sebagai raja, Alexander II banyak melakukan reformasi untuk meliberalisasi dan memodernisasi Russia, termasuk pembebasan budak pada tahun 1861. Namun, ketika kekuasaannya ditentang, Tzar Alexander II berubah menjadi represif dan dengan keras menentang gerakan reformsi politik. Ironisnya, pada hari ketika Alexander II dibunuh, dia telah menandatangani UU pendirikan dua komisi legislatif yang terdiri dari wakil-wakil rakyat yang dipilih secara tidak langsung. Pengganti Alexander II adalah anaknya, yaitu Alexander III. Raja baru itu membatalkan UU tersebut serta menghukum gantung para pembunuh ayahnya. Perjuangan rakyat Rusia untuk menggulingkan kerajaan berhasil pada tahun 1917.

  • Kelompok Teror Hagana Membunuh Massal Warga Palestina

13 Maret 1948, kelompok teroris Zionis, “Hagana”, menyerang desa Husainiyah yang terletak di Jalilah utara. Dalam serangan ini, kelompok Hagana menghancurkan rumah-rumah milik warga sipil Palestina dan 60 warga desa itu dibunuh massal. Pada hari itu pula, tentara Zionis meledakkan rumah-rumah di Baitul Maqdis sehingga membunuh dan melukai sejumlah orang Palestina. Pada saat itu, kaum Zionis tengah melakukan persiapan untuk memproklamasikan berdirinya pemerintahan illegal Israel. Melalui tindakan-tindakan teror ini, mereka berharap bisa menakut-nakuti rakyat Palestina agar meninggalkan tanah air mereka.

  • Ayatullah Kashani Meninggal

13 Maret 1962, Ayatullah Sayyid Abulqasim Kashani, seorang ulama dan pejuang Iran, meninggal dunia. Beliau di usia muda telah berhasil meraih derajat mujtahid di hauzah ilmiah Najaf. Kemudian, bersama-sama dengan para ulama Irak lainnya, Ayatullah Kashani aktif berjuang melawan imperialisme Inggris di Irak, sehingga beliaupun diusir keluar dari negara itu. Di Iran, Ayatullah Kashani juga terus aktif dalam menentang masuknya infiltrasi Inggris di Iran sehingga oleh pemerintah, beliau dipenjara selama beberapa tahun. Keluar dari penjara, rakyat kota Teheran memilih beliau menjadi anggota parlemen. Berkat dukungan beliau, parlemen akhirnya menasionalisasi minyak Iran dan mengangkat Dokter Musadeq sebagai perdana menteri. Ketika Doktor Musadeq digulingkan oleh Qawam Sataneh yang merupakan perpanjangan tangan Inggris, Ayatullah Kashani memimpin demonstrasi 30 ribu warga Iran. Raja Iran, yaitu Syah Pahlevi, melihat posisinya terancam sehingga ia menyetujui pengunduran diri Qawam Sataneh dan Musadeq kembali diangkat sebagai perdana menteri. Namun, pada tahun 1954, AS mendalangi kudeta terhadap Doktor Musadeq dan pemerintahan Iran kembali dikuasai orang-orang pro-Barat.

14 Maret

Albert Einstein Lahir

14 Maret tahun 1879, Albert Einstein terlahir ke dunia di kota Ulm, Jerman. Einstein menuntut ilmu fisika di sekolah politeknik Swiss. Kemudian ia bekerja di asisten teknik di Kantor Paten Swiss. Di sela-sela waktu luangnya, Einstein menghasilkan berbagai karya ilmiah penting dan akhirnya ia meraih gelar professor. Pada tahun 1933, Einstein hijrah ke AS dan menjadi warga negara AS.

Di antara teori yang dikemukakan Einstein adalah Teori Relativitas yang menyatakan bahwa “waktu dan ruang” tidak bersifat mutlak. Teori Einstein lainnya yang terpenting adalah hubungan antara energi dan massa, yang dirumuskan dengan E=mc Teori inilah yang menjadi dasar pengembangan senjata nuklir. Karya-karya Einstein di antaranya berjudul “Special Theory of Relativity” dan “Evolution of Physics”. Karya non-sains Einstein di antaranya berjudul “About Zionism” dan “My Philosophy”.

  • Perang Dien Bien Phu Meletus

14 Maret tahun 1954, meletuslah perang besar di Dien Bien Phu, Vietnam, yang mengubah nasib kolonial Perancis di Indocina. Dalam Perang Dunia II, Jepang menduduki Indocina dan mengusir rezim kolonial di wilayah itu. Setelah perang berakhir, tentara Perancis masih tetap bercokol di Indocina dan merestorasi kekuasaan mereka. Namun demikian, pendudukan Jepang memberi kesempatan kepada rakyat Vietnam untuk mengkonsolidasi kekuatan dan melakukan perlawanan terhadap Perancis. Perang di Bien Dien Phu ini berhasil mengakhiri masa penjajahan Perancis.

  • Tentara Zionis Memulai Invasi ke Libanon

14 Maret 1978, tentara Zionis dengan dalih adanya aksi militer yang dilakukan warga Palestina di pinggiran Tel Aviv, melakukan invasi ke wilayah Libanon. Dalam invasi yang membunuh sejumlah besar warga sipil Libanon dan Palestina ini, tentara Zionis menduduki kawasan selatan Libanon hingga sungai Lithani. Alasan utama Israel menduduki kawasan itu adalah karena ingin menguasai sumber air dari sungai tersebut. Menyusul invasi Israel ini, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi tahun 425 yang memerintahkan agar Zionis keluar dari Libanon Selatan. Selain itu, DK PBB juga mengirimkan pasukan 4000 orang untuk menjaga perdamaian di kawasan tersebut. Pada tahun 1982, sekali lagi Israel menginvasi dan menduduki Libanon selatan. Namun pada tahun 2000, perlawanan rakyat Libanon di bawah pimpinan pasukan Hizbullah berhasil mengusir keluar tentara Zionis.

  • Pemilu Parlemen Iran Pertama Diselenggarakan

14 Maret 1980, pemilu parlemen pertama setelah terbentuknya Republik Islam Iran diselenggarakan. Pemilu ini terselenggara di sela-sela berbagai aksi provokasi dan propaganda negara-negara Barat yang menentang berdirinya Republik Islam di Iran. Parlemen Iran terdiri dari 290 orang dan mazhab-mazhab minoritas, seperti Kristen, Katolik, Yahudi, Zoroaster, berhak mengirimkan minimalnya satu wakil dalam parlemen.

  • Pengeboman Dalam Shalat Jumat Tehran

14 Maret 1985, ketika shalat Jumat di kota Tehrean tengah berlangsung, sebuah bom meledak sehingga membunuh dan melukai sejumlah peserta sholat Jumat itu. Bersamaan dengan terjadinya ledakan tersebut, beberapa pesawat tempur Irak terbang di atas udara Teheran. Namun demikian, Ayatullah Khamenei yang saat itu menjadi khatib, tetap melanjutkan khutbah beliau dan sholat Jumat pun juga tetap dilanjutkan hingga selesai.

  • Ibnu Haitsam Lahir

22 Muharam tahun 354 Hijriah, Abu Ali Hasan bin Haitsam Bashri, yang terkenal dengan nama Ibnu Haitsam, seorang ilmuwan terkemuka muslim, terlahir ke dunia di kota Basrah, Irak. Ibnu Haistam menguasai ilmu fisika, matematika, teknik sipil, logika, dan astronomi, dan dia mengahsilkan banyak karya penulisan di bidang-bidang tersebut. Ibnu Haitsam banyak memberi pengaruh dalam perkembangan keilmuan Islam dan dunia. Para ilmuwan Eropa banyak melakukan penelitian atas karya-karya Ibnu Haitsam, di antaranya Roger Bacon, seorang ilmuwan Inggris abad ke-13, yang dalam penelitiannya mengenai penggunaan matematika dalam ilmu alam, banyak menggunakan hasil-hasil eksperimen Ibnu Haitsam. Karya penulisan Ibnu Haitsam yang terpenting berjuudul “Al-Manazir” yang terdiri dari 7 makalah mengenai keistimewaan cahaya. Terjemahan kitab ini dalam bahasa Latin pada abad pertengahan memberi pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Barat . Ibnu Haitsam meninggal dunia tahun 430 di Kairo.

15 Maret

  • Julius Caesar Terbunuh

15 Maret tahun 44 Sebelum Masehi, Julius Caesar, pemimpin Republik Roma, tewas terbunuh di tangan dua pembantu dekatnya, Marcus Brutus dan Cassius Longinus. Julius Caesar adalah seorang pemimpin yang diktator. Namun, kebijakan land reforms-nya membuat Julius populer di tengah rakyat Roma. Selain itu, ia melakukan berbagai program ambisius dalam kerajaannya, di antaranya pembuatan kalender Masehi yang hingga kini masih dipergunakan dan rencana untuk melakukan ekspansi dari Eropa tengah hingga ke timur. Sebagian pihak yang tidak menyukai kepemimpinan Julius Caesar akhirnya mengadakan konspirasi untuk membunuhnya dengan tujuan untuk memperbaiki Republik Roma. Namun, tujuan ini tidak tercapai karena keturunan Julius bernama Oktavian merebut kekuasaan dan merubah bentuk pemerintahan Roma menjadi sebuah kekaisaran dan ia mengangkat diri sebagai kaisar dengan nama Kaisar Agustinus.

  • Parvin Eteshami Lahir

15 Maret tahun 1907, Parvin Eteshami, seorang penyair kontemporer terkemuka Iran, terlahir ke dunia. Ayahnya adalah seorang penulis dan penerjemah ternama, bernama Yusuf Etesham-mulk. Sejak kecil, Parvin telah mempelajari sastra Persia dan Arab dari ayahnya. Dia pun bersama ayahnya melakukan perjalanan ke berbagai kota di dalam dan luar negeri sehingga memperoleh pengalaman yang memperkaya syair-syairnya. Karya-karya syair Parvin umumnya berisi perenungan relijius serta masalah-masalah sosial dan moral. Penyair besar Iran ini meninggal dunia tahun 1942 dalam usia 35 tahun.

  • Kota Halabche Diserang Dengan Senjata Kimia

15 Maret tahun 1988, rezim Baath Irak di bawah pimpinan Sadam Husein dengan mengirimkan puluhan pesawat tempur, membombardir kota Halabche dengan senjata kimia. Pengeboman ini dilakukan setelah munculnya gerakan-gerakan separatis dari penghuni kota Halabche yaitu warga Irak dari suku Kurdi yang telah lama menderita direpresi oleh Rezim Sadam. Warga kota itu berniat untuk menggabungkan diri dengan Republik Islam Iran yang baru berdiri. Rezim Sdadam saat itu juga tengah kewalahan menghadapi perlawanan bangsa Iran dalam Perang Irak-Iran yang meletus akibat invasi Irak ke Iran. Akibat pengeboman dengan bahan kimia yang disuplai oleh negara-negara Barat itu, lebih dari 5000 warga kota Halabche tewas.

  • Wilayah Taba Dibebaskan

15 Maret 1989, wilayah Taba yang terletak di timur laut Mesir, setelah bertahun-tahun diduduki oleh rezim Zionis, akhirnya berhasil dibebaskan. Pada tahun 1978, Zionis menduduki Gurun Sinai, yang termasuk di antaranya kawasan Taba. Setelah ditandantanganinya perjanjian Camp David pada tahun 1987, Tel Aviv bersedia mengembalikan Gurun Sinai kepada Mesir. Namun, tentara Zionis masih tetap bercokol di kawasan strategis Taba di utara Teluk Aqabah. Setelah diadakan berbagai perundingan dan mendapatkan tekanan internasional, akhirnya Zionis pada tahun 1989 bersedia mundur dari Taba.

  • Allamah Mulla Mahdi Naraqi Wafat

23 Muharam tahun 1209 Hijriah, Allamah Mulla Mahdi Naraqi, seorang cendikiawan besar muslim, meninggal dunia. Beliau menyelesaikan pendidikan dasarnya di Iran dan kemudian melanjutkan menuntut ilmu di kota Najaf, Irak. Setelah berhasil menguasai berbagai bidang ilmu agama, Allamah Naraqi mengabdikan diri di bidang pengajaran, penelitian, dan penulisan buku. Karya Allamah Naraqi yang terpenting berjudul “Jami’us-Saadat” yang berisi pembahasan masalah akhlak. Karya beliau lainnya berjudul “Aniisul Muwahhidin” yang berisi masalah ushuluddin.

16 Maret

  • Aldo Moro Diculik

16 Maret tahun 1978, Aldo Moro, Perdana Menteri Italia, diculik oleh kelompok Brigade Merah. Aldo Moro adalah seorang tokoh berpengaruh di Italia dan menjadi ketua Partai Demokrat Kristen yang menguasai Italia. Pada masa kepemimpinannya sebagai perdana menteri, Aldo Moro banyak mengusahakan terjadinya rekonsiliasi antara Partai Kristen dengan Partai Komunis. Sementara itu, kelompok radikal komunis Brigade Merah yang dibentuk tahun 1969, selalu berjuang untuk mengadakan sebuah revolusi di Italia dan memisahkan Italia dari aliansi Barat. Kelompok Brigade Merah menculik Aldo Moro dengan meminta tebusan dibebaskannya beberapa anggota mereka yang tengah dipenjara. Setelah 55 hari diculik, Aldo Moro dibunuh dan hingga kini, berbagai masalah seputar penculikannya masih menjadi misteri.

Pembunuhan Massal di Vietnam Selatan oleh Tentara AS

16 Maret tahun 1968, tentara AS membunuh massal antara 200 hingga 500 warga desa My Lai 4, di bagian utara Vietnam selatan. Desa My Lai 4 terletak di kawasan yang banyak disusupi oleh gerilyawan Vietkong dan banyak tentara AS yang terbunuh di kawasan itu. Pada hari itu, Letnan L. Calley dan pasukannya datang ke desa itu untuk melancarkan operasi pencarian dan penghancuran. Namun, yang mereka temukan di desa itu hanyalah perempuan, anak-anak, dan lelaki tua. Para tentara AS itu kemudian melampiaskan kemarahan mereka dengan membunuhi warga desa yang tidak bersenjata tersebut. Pembunuhan itu berhenti setelah seorang pilot bernama Hugh Thompson mendaratkan helikopternya di antara pasukan AS dan warga desa. Peristiwa ini semula ditutup-tutupi, namun setahun kemudian terbongkar dan investigasi militer pun dilaksanakan. Letnan Calley dijatuhi hukuman seumur hidup, namun akhirnya diampuni dan hanya mendekam di penjara selama beberapa tahun.

  • Reagan Mengirim Pasukan ke Honduras

16 Maret tahun 1988, dalam lanjutan usahanya untuk menekan pemerintahan Sandinista yang berhaluan komunis di Nikaragua, Presiden AS, Ronald Reagan, mengirimkan 3000 pasukannya ke Honduras dengan alasan bahwa tentara Nikaragua telah melintasi perbatasan Honduras. Sejak menjadi presiden di tahun 1981, Reagan menggunakan berbagai cara untuk menggulingkan pemerintahan Sandinista, di antaranya dengan menggunakan tekanan ekonomi dan diplomatik serta mengeluarkan jutaan dolar dalam program bernama “Contra”, untuk mendukung gerakan anti Sandinista. Untuk mendanai program Contra ini, AS bahkan secara ilegal menjual senjata ke Iran. Skandal inilah yang kemudian disebut Iran-Contra.

  • Peraih Nobel Sastra Pertama Lahir

16 Maret 1839, Rene Armand Sully Prudhomme, seorang penyair Perancis yang merupakan pemenang Nobel pertama di bidang sastra, terlahir ke dunia. Awalnya, Prudhomme ingin menjadi seorang insinyur, namun karena menderita penyakit mata, ia terpaksa berhenti kuliah di institut politeknek. Ia kemudian mempelajari sastra dan bergabung dalam sebuah kelompok pelajar yang mendorongnya untuk menulis puisi. Karya puisi pertamanya dirilis tahun 1865, berjudul “Bait dan Puisi”, dan berhasil menciptakan reputasi yang positif. Pada tahun 1881, Sully Prudhomme diangkat sebagai anggota Akademi Perancis dan tahun 1901, dia menerima hadiah Nobel. Sully Prudhomme meninggal dunia tahun 1907.

  • Agha Muhammad Shah Wafat

24 Muharam tahun 1354 Hijriah, Agha Muhammad Shah, seorang penyair dan penulis drama muslim terkemuka di India, meninggal dunia. Agha Muhammad dilahirkan pada tahun 1296 Hijriah di kota Banares India dan memulai pendidikannya dengan belajar membaca dan menghapal Al-Quran. Ia kemudian memplelajari bahasa Arab dan Persia. Setelah itu, Agha Muhammad Shah mulai menulis syair dan naskah drama. Karya drama pertamanya berjudul Cahaya Cinta dan selama hidupnya, Agha Muhammad Shah menulis 36 naskah drama.

17 Maret

de Broglie Meninggal
17 Maret tahun 1987, Prince Louis-Victor de Broglie seorang imuwan fisika asal Perancis, meninggal dunia dalam usia 95 tahun. Awalnya, de Broglie menuntut ilmu di bidang sastra dan kemudian mempelajari fisika. Dia kemudian melakukan berbagai penelitian di bidang kuantum dan pada tahun 1924, de Broglie menyampaikan tesisnya berjudul “Penelitian Atas Teori Kuantum” di Fakultas Sains, Universitas Paris, sehingga meraih gelar doktor.
Antara tahun 1930 hingga 1950, Louis de Broglie meneliti berbagai aspek gelombang mekanik. Penelitiannya itu disimpulkannya pada tahun 1951 dengan nama teori “pecahan ganda”. Pada tahun 1929, dia dianugerahi Nobel bidang fisika untuk penemuannya atas gelombang alami elektron.

  • Lukisan Van Gogh Dijual

17 Maret tahun 1901, lukisan-lukisan karya pelukis Belanda, Vincent van Gogh, ditampilkan di sebuah galeri di Paris. Ke- 71 lukisan yang dipamerkan itu memiliki kekhasan dalam sapuan kuas yang tebal dan warna yang ekspresif sehingga menciptakan sensasi besar di dunia seni. Sebelas tahun sebelumnya, Van Gogh bunuh diri tanpa mengetahui bahwa lukisan-lukisannya kelak akan terjual sangat mahal. Selama hidupnya, van Gogh hanya berhasil menjual satu lukisan sehingga ia hidup dalam kemiskinan di tempat tinggalnya di luar kota Paris. Pada tahun tahun 1987, salah satu lukisannya berjudul Sunflowers terjual dengan harga hampir mendekati 40 juta dolar di balai lelang Christie.

  • Baitul Maqdis Dikuasai Pasukan Muslim

17 Maret tahun 636, menyusul kekalahan tentara Romawi, akhirnya Baitul Maqdis berhasil dikuasai oleh pasukan muslim. Perang pertama kaum muslimin melawan tentara Roma dimulai pada masa Khalifah Umar Bin Khatab. Saat itu, pasukan Roma mengalami kekalahan dan bagian Palestina selatan direbut kaum muslimin. Kemudian, imperium Romawi mengirimkan sejumlah besar tentara ke Palestina namun kembali mengalami kekalahan. Bahkan, wilayah Damaskus juga berhasil direbut kaum muslimin. Sejak itu, Palestina dan Damaskus menjadi bagian dari wilayah imperium Islam. Sejak tahun 1097, kaum Kristen memulai perang Salib dan berusaha merebut Baitul Maqdis. Kota ini berkali-kali berpindah tangan dari kaum muslim dan kaum kristen, sampai akhirnya tahun 1250, Salahudin Al-Ayyubi merebut Palestina dan sejak itu terus berada di tangan kaum muslimin. Pada masa PD I, Palestina dijajah Inggris dan sejak tahun 1948, kawasan ini dijajah oleh Rezim Zionis.

  • Imam Sajjad Gugur Syahid

25 Muharam tahun 95 Hijriah, Imam Ali Zainal Abidin a.s., imam ke-empat kaum muslimin dan generasi kedua keturunan Rasulullah SAWW, gugur syahid. Imam Ali Zainal Abidin a.s. adalah putra dari Imam Husain a.s, cucu Rasulullah. Beliau dikenal amat rajin beribadah dan bersujud di hadapan Allah, sehingga dijuluki As-Sajjad. Imam Sajjad lahir tahun 38 Hijriah di Madinah. Pada tahun 63 Hijriah, Imam Sajjad turut menyertai ayah beliau yang berjuang melawan kezaliman pemerintahan Yazid, di Padang Karbala. Atas kehendak Allah, saat itu beliau jatuh sakit sehingga tidak bisa ikut bertempur. Setelah Imam Husain gugur syahid, tampuk imamah diemban oleh Imam Sajjad.

  • Koran Pertama Iran Terbit

25 Muharam tahun 1253 Hijriah, koran pertama di Iran diterbitkan dengan nama Kaqhaz-e Akhbar. Suratkabar ini diterbitkan oleh Mirza Salih Shirazi dan disebarluaskan di Teheran. Suratkabar Kaqhaz-e Akhbar terbit sebulan sekali dan berisi berita-berita tentang berbagai kota di Iran, Arab, dan Turki. Satu-satunya edisi yang masih tersisa dari koran ini disimpan di musium Britania.

18 Maret

  • Penjajahan Spanyol di Kolombia Dimulai

18 Maret tahun 1510 dimulailah penjajahan Spanyol atas Kolombia. Kawasan Kolombia ditemukan oleh seorang petualang Spanyol pada tahun 1499. Selama menjajah Kolombia, orang-orang Spanyol menguras kekayaan alam negara itu. Pada tahun 1781, rakyat kolombia mulai bangkit berjuang melawan Spanyol. Kemudian, Napoleon dari Perancis datang menjajah Spanyol hingga kekuatan bangsa ini melemah dan sebaliknya, perjuangan bangsa Kolombia semakin meningkat di bawah pimpinan Simon Bolivier. Pada tahun 1819, bangsa Kolombia berhasil meraih kemerdekaannya.

  • Geno Bergabung Ke Swiss

18 Maret 1815, negara bagian Geno bergabung ke negara Swiss dan menjadi negara bagian ke-25 atau terakhir di Swiss.Swiss adalah negara berbentuk konfederasi. Pada abad ke 15, Swiss meruapakan salah satu negara yang kuat di Eropa namun secara bertahap kehilangan kekuatannya. Setelah bergabungnya 9 negara bagian tambahan, termasuk Geno, diadakan konferensi Paris yang salah satu isinya memberikan posisi netral untuk selama-lamanya kepada Swiss. Hingga kini, Swiss masih terus mempertahankn posisi netralnya. Bahkan dalam PD I dan PD II pun, Swiss sama sekali tidak memihak kubu manapun. Swiss terletak di Eropa tengah, memiliki luas 41.000 kilometer persegi, dan berpenduduk hampir 7 juta orang.

  • Rudolph Diesel Lahir

18 Maret 1858, Rudolph Diesel, seorang inventor Jerman yang berhasil menciptakan motor diesel, terlahir ke dunia. Diesel banyak melakukan penelitian di bidang mekanik sampai akhirnya ia berhasil menciptakan sebuah sistem motor yang tidak memerlukan tenaga listrik, menggunakan bahan bakar yang sederhana dan murah, namun menghasilkan tenaga yang lebih besar. Sistem motor ini kemudian diberi nama sesuai nama penemunya, yaitu motor diesel. Motor diesel memacu perkembangan yang pesat dalam dunia industri dan hingga kini, meskipun ilmu dan teknologi sudah berkembang pesat, motor diesel tetap digunakan dalam perindustrian.

  • Perjanjian Damai FLN-Perancis Ditandatangani

18 Maret 1962, ditandatanganinya perjanjian antara Front pembebasan nasional Aljazair (FLN) dengan pemerintah Perancis, untuk menghentikan perang Aljazair yang telah berlangsung tujuh tahun. Perjanjian ini sekaligus menandai berakhirnya 130 tahun penjajahan Perancis di Aljazair. FLN didirikan pada bulan Oktober 1954 oleh para pemuda muslim Aljazair dengan tujuan untuk mengorganisasi perjuangan bersenjata mereka melawan Perancis. Pemerintah Perancis mengirimkan ratusan ribu tentara untuk menghentikan perlawanan FLN, namun tetap tidak berhasil. Akhirnya, Perancis dan FLN bersedia menandatangani perjanjian tahun 1962, yang berisi

janji dari Perancis untuk melenggarakan referendum yang akan menentukan nasib bangsa Aljazair. Dalam perang Aljazair itu, lebih dari 100.000 kaum muslim gugur sementara korban di pihak Perancis sekitar 10.000 orang.

  • Syaikh Abdullah Tastari Meninggal

26 Muharam 1023 Hijriah, Syaikh Abdullah Tastari, seorang ulama terkemuka Iran, meninggal dunia. Beliau menuntut ilmu-ilmu agama dari ulama-ulama terkemuka pada zaman itu sampai akhirnya mencapai derajat mujtahid. Beliau kemudian mengajar di hauzah ilmiah kota Isfahan dan di antara murid-murid beliau yang kelak menjadi ulama besar adalah Allamah Majlisi Awwal dan Mirza Muhammad Naini. Syaikh Abdullah Tastari juga meninggalkan banyak karya penulisan, di antaranya berjudul “Khaasul Quran” dan “Jaami’ul Fawaid”.

19 Maret

  • Publius Vergilius Maro Meninggal

19 Maret tahun 19 sebelum Masehi, Publius Vergilius Maro atau yang lebih dikenal dengan nama Virgil, seorang penyair besar Roma, meninggal dunia. Dia dilahirkan di kawasan utara Italia pada tahun 70 Sebelum Masehi. Kemudian ia menuntut ilmu di Cremona and Mediolanum, di kota Milan dan selanjutnya pergi ke Roma untuk belajar matematika, kedokteran, dan retorika. Virgil dikenal atas karya epiknya yang berjudul Aeneid. Epik ini berisi petualangan Aeneas yang mencari tanah air baru dan peperangan yang dilakukannya untuk menemukan sebuah kota. Karya itu tidak berhasil diselesaikan Virgil karena ia meninggal dunia akibat penyakit.

  • Sir Walter Haworth Lahir

19 Maret 1883, Sir Walter Haworth, seorang ahli kimia Inggris, terlahir ke dunia. Pada tahun 1903, ia diterima di jurusan kimia pada Universitas Manchester dan berhasil lulus tiga tahun berikutnya dengan penghargaan utama. Setelah itu, Haworth melakukan berbagai penelitian sampai akhirnya meraih gelar doktor. Hasil-hasil penelitian Haworth banyak memberikan sumbangan terhadap dunia ilmu kimia, di antaranya pengenalan terhadap struktur gula. Makalah ilmiah Haworth diantaranya berjudul “Studi Lanjutan Atas Kimia Karbohidrat” dan pada tahun 1929 ia menerbitkan buku berjudul The Constitution of Sugars.

  • Nasionalisasi Minyak Iran

19 Maret 1951, Parlemen dan Senat Iran mengesahkan UU nasionalisasi minyak Iran. Pengesahan UU ini merupakan kemenangan perjuangan rakyat Iran yang dipimpin para ulama yang beberapa waktu sebelumnya mengadakan berbagai demonstrasi penentangan atas imperialisme asing di negara mereka. Selain mengesahkan UU ini, parlemen juga mengangkat Doktor Musadeq sebagai Perdana Menteri Iran yang bertugas melaksanakan UU tersebut. Atas disahkannya UU Nasionalisasi Mintak Iran ini, negara-negara Barat mengembargo pembelian minyak dari Iran. Inggris yang menguasai industri perminyakan di Iran bahkan mengadukan masalah ini ke Pengadilan Den Haag namun kalah dalam pengadilan. Dengan dukungan rakyat, pemerintah Iran tetap melaksanakan UU tersebut dan tanggal 18 Juni 1952, perusahaan-perusahaan minyak milik Inggris secara penuh diambil alih oleh bangsa Iran.

  • UUD Baru Jerman Timur Disahkan

19 Maret 1949, Dewan Rakyat di kawasan Jerman bagian timur yang diduduki oleh Soviet pasca PD II, mengesahkan UUD baru yang sekaligus menandai ditetapkannya pemisahan Jerman. Status Jerman menjadi sumber perseteruan antara AS dan Uni Soviet bahkan sebelum PD II berakhir. Soviet menginginkan agar Jerman dilucuti persenjataannya, sedangkan AS yang mulai melihat Soviet sebagai saingan, memiliki niat untuk menjadikan Jerman yang memiliki persenjataan lengkap, sebagai sebuah negara pro-Barat. Ketika akhirnya PD berakhir bulan Mei 1945, tentara Rusia menduduki sebagian besar kawasan Jerman, termasuk Berlin. Setelah diadakan negoisasi antara AS, Rusia, Inggris, dan Perancis, disetujui pembagian daerah pendudukan antara AS dan Rusia. Kota Berlin pun dibelah dua, bagian timur yang diduduki Soviet dan bagian Barat diduduki AS.

  • Ayatullah Hani Meninggal

27 Muharam 1306 Hijriah, Ayatullah Haji Mula Ali Kani, seorang ulama besar muslim, meinggal dunia di kota Teheran. Beliau menuntut ilmu dari berbagai ulama terkemuka di hauzah ilmiah kota Najaf, di antaranya Syaikh Murtadha Ansari, sampai akhirnya mencapai derajat mujtahid. Kemudian, Ayatullah Kani kembali ke Iran dan menjadi salah seorang ulama yang aktif berjuang melawan kezaliman pemerintah. Beliau juga menulis banyak buku, di antaranya berjudul “Al-Qadha wa Syahadat”.

20 Maret

  • Isaac Newton Meninggal

20 Maret tahun 1727, Isaac Newton, seorang fisikawan terkemuka abad ke-18, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Dia dilahirkan pada tahun 1643 dan menuntut ilmu di Universitas Cambrige. Pada usia 24 tahun, Newton telah berhasil menyusun hukum dasar mekanik. Teori yang paling terkenal dikemukakan Newton adalah teori gravitasi. Newton juga berhasil menemukan konsep spektrum cahaya. Newton pulalah yang pertama kali menemukan bahwa cahaya putih ternyata merupakan gabungan dari spektrum yang terdiri dari warna-warni pelangi.

  • Tunisia Merdeka

20 Maret 1956, Tunisia, sebuah negara di pesisir Afrika utara, meraih kemerdekaannya. Tunisia secara berganti-ganti diduduki oleh bangsa Phoenix, Cartage, dan Romawi. Pada abad ke-7 Tunisia dikuasai bangsa Arab. Pada tahun 1574, Tunisia dikuasai oleh imperium Ottoman dan sejak tahun 1881, menjadi protektorat Perancis. Gerakan kemerdekaan bangsa Tunisia dimulai sejak berakhirnya PD I, namun baru mencapai hasilnya ketika Perancis melemah saat berakhirnya PD II. Setelah merdeka, Habib Bourguiba yang merupakan pemimpin perjuangan kemerdekaan Tunisia, terpilih jadi presiden. Bourguiba memerintah selama tiga dekade dengan despotik.

  • Invasi AS-Inggris ke Irak Dimulai

20 Maret 2003, dengan dalih memerangi terorisme dan pemberantasan senjata pembunuh massal, AS dan Inggris memulai invasi mereka ke Irak. Aksi ini dilakukan tanpa persetujuan PBB dan mendapat penentangan yang luas dari dunia internasional. Pada tanggal 8 April 2003, kota Bagdad berhasil diduduki oleh pasukan koalisi AS-Inggris ini. Namun, meskipun rezim Saddam telah terguling dan senjata pembunuh massal di Irak tidak ditemukan, pasukan AS dan Inggris tetap bercokol di negeri 1001 malam itu hingga kini.

  • Serangan Gas Sarin di Tokyo

20 Maret 1995, pada pagi hari yang sibuk di kota Tokyo, lima orang anggota sekte Aum Shinrikyo menaiki kereta bawah tanah dan melepaskan gas sarin ke udara. Akibat keracunan gas ini, 12 penumpang kereta bawah tanah tewas dan 5500 lainnya dilarikan ke rumah sakit. Sebagian dari korban yang berhasil diselamatkan menderita kerusakan permanaen di mata, paru-paru dan sistem pencernaan mereka. Polisi Jepang kemudian menyerang dan menangkapi anggota Sekte Aum Shinrikyo yang sejak tahun 1994 telah dicurigasi atas serangan gas sarin yang membunuh 7 orang dan pembunuhan atas beberapa tokoh politik. Sekte Aum Shinrikyo adalah sekte yang menggabungkan ajaran Buda dan filosofi Kristen. Shoko Asahara, pemimpin sekte ini mengekspolitasi kekosongan spirirual yang diderita kaum muda Jepang akibat kemajuan ekonomi yang sangat tinggi. Pada tahun 1989, sekte Aum telah mampu mengumpulkan 40.000 pengikut dan memiliki akses lebih dari 1 juta dolar.

  • Bagdad Dikuasai Hulagu Khan

28 Muharam 656 Hijriah, kota Bagdad yang saat itu menjadi ibu kota pemerintahan Dinasti Abbasiah, ditaklukkan oleh Hulagu Khan, pemimpin bangsa Mongol. Dalam penaklukan itu, Khalifah Mu’tasham tewas dan menandai berakhirnya 500 tahun masa pemerintahan Dinasti Abbasiah. Dalam serangan itu, pasukan Mongol melakukan pembunuhan massal dan penghancuran terhadap rumah-rumah dan bangunan penting di kota Bagdad. Sebelum menaklukkan Bagdad, pasukan Mongol juga menyerang sebagian kawasan di Iran dan melakukan pembunuhan massal terhadap rakyat Iran.

21 Maret

Joseph Baron Fourier lahir

21 Maret tahun 1768, Joseph Baron Fourier, seorang matematikawan sekaligus fisikawan terkenal Perancis terlahir ke dunia. Kehebatannya di bidang matematika menyebabkan, Fourier diundang menjadi guru besar di bidang matematika di Universitas Perancis sejak universitas itu didirikan. Penemuannya di bidang studi matematika juga menandai sejarah baru dunia matematika. Ia berhasil menemukan sebuah formula bilangan yang diberi nama dengan namanya sendiri, yaitu “Formula Fourier”. Melalui formula ini, ia berhasil mengidentifikasi seluruh varian bilangan nyata. Fourier meninggal dunia pada tahun 1850.

Perang PLO Melawan Israel

21 Maret 1968, terjadi perang hebat antara para gerilyawan yang tergabung ke dalam Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dengan tentara Zionis Israel. PLO adalah gerakan perjuangan bersenjata rakyat Palestina yang didirikan tiga tahun sebelumnya, yaitu tahun 1965. Sistem organisasi yang rapi serta isu merebut kemerdekaan dari tangan Israel, membuat organisasi ini dengan cepat memperoleh simpati para pemuda Palestina. Inilah yang membuat Tel Aviv sangat mengkhawatirkan organisasi ini. Karena itu, pada tanggal tersebut, tentara Israel yang dilengkapi dengan peralatan perang yang canggih menyerang markas PLO yang saat itu berada di Kamp Pengungsi Karamah yang berada di perbatasan Jordania. Dalam perang itu, gerilyawan PLO berhasil menghabisi nyawa sekitar 1.230 tentara Zionis. Tank-tank baja milik tentara Zionis juga banyak yang dihancurkan atau direbut.

Peristiwa ini membuat PLO semakin poluler dan diperhitungkan di dunia. Akan tetapi, pada tahun 1991, pemimpin PLO Yaser Arafat memutuskan untuk mengubah haluan gerakan dari perjuangan militer menjadi perjuangan diplomatis. Arafat berharap perundingan-perundingan bisa menjadi cara terbaik guna memperoleh kembali hak-hak bangsa Palestina yang sudah dirampas. Hanya saja, harapan itu ternyata tinggal angan-angan. Perubahan haluan perjuangan PLO tersebut malah semakin memberikan peluang bagi Zionis Israel untuk melakukan berbagai kesewenang-wenangan di tanah Palestina. Akibatnya, popularitas Arafat dan PLO semakin menurun.

Namibia Merdeka

21 Maret 1990, Namibia memperoleh kemerdekaannya dari kekuasaan Afrika Selatan, dan hari ini dijadikan hari Nasional Namibia. Sejarah kolonialisme di Namibia bermula pada abad ke-19. Saat itu, negera-negara seperti Jerman, Inggris, dan Portugis memperebutkan Namibia yang kaya hasil bumi itu. Jerman yang berhasil menang dalam perebutan ini, menamai Namibia sebagai Afrika Barat Daya. Setelah PD I yang menimpakan kekalahan kepada Jerman dan didirikannya Liga Bangsa-bangsa, Namibia diserahkan ke bawah protektorat Inggris dan disatukan dengan Afrika Selatan. Sistem pemerintahan apartheid yang diterapkan oleh Afsel menimbulkan kemiskinan dan keterbelakangan di tengah rakyat Namibia. Sejak tahun 1960, mereka bangkit berjuang menentang pemerintahan rasialis Afsel. Namun, atas dukungan negara-negara Barat, kekuasaan Afsel atas Namibia terus berlangsung hingga tahun 1990, ketika Namibia meraih kemerdekaan penuh.

22 Maret

Jamaika Dijajah Spanyol

22 Maret tahun 1509, Jamaika jatuh ke dalam penjajahan Spanyol. Pulau Jamaika yang terletak di lautan Karibia dan di selatan Kuba ini ditemukan oleh petualang Spayol, Christopher Columbus pada tahun 1494. Lima belas tahun kemudian, karena Spanyol melihat strategisnya kawasan Karibia untuk perdagangan, negara ini pun menginvasi dan menduduki Jamaika. Beberapa tahun kemudian, Jamaika direbut Inggris dan negara ini menjajah Jamaika hingga abad ke-18. Pada abad ke-18 itu, sebagian besar penduduk pribumi Jamaika, yaitu bangsa Indian, telah tewas terbunuh, sedangkan populasi budak asal Afrika semakin membengkak. Pada tahun 1865, kaum negro mulai memberontak dari pemerintah Inggris. Pada tahun 1953, Inggris memberikan hak otonomi penuh kepada Jamaika dan pada tahun 1962, negara ini meraih kemerdekaannya.

FIFA Didirikan

22 Maret 1881, Persatuan Sepakbola Internasional didirikan dengan tujuan untuk mengawasi pertandingan-pertandingan sepakbola di antara negara-negara dunia. Sebelum dibentuknya organisasi ini, pertandingan sepakbola hanya dilakukan di dalam negeri dan bersifat tidak resmi. Organisasi itu kini berubah nama menjadi Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). Selain untuk mengatur pertandingan antara tim-tim nasional dari negara-negara dunia, FIFA juga bertugas menetapkan hukum atau peraturan pertandingan resmi internasional. Pertandingan sepakbola internasional pertama yang diselenggarakan FIFA berlangsung tahun 1901 antara Inggris dan Jerman.

Liga Arab Dibentuk

22 Maret 1945, Liga Arab didirikan atas proposal Raja Faruk dari Mesir. Organisasi ini berdiri dengan penandatanganan perjanjian antara Mesir, Suriah, Irak, Yaman, dan Arab Saudi yang dilaksanakan di kota Kairo Mesir. Tujuan didirikannya Liga Arab adalah untuk melindungi wilayah dan kemerdekaan negara-negara Arab dan mempererat kerjasama ekonomi dan budaya. Pada tahun 1962, dalam sebuah KTT, para kepala negara Liga Arab menandatangani perjanjian untuk mendirikan komando militer bersama. Namun, komando militer bersama ini pada prakteknya sama sekali tidak berfungsi dan tidak memberikan bantuan apapun kepada negara-negara Arab yang maju dalam perang melawan Zionis.

Yordania Merdeka

22 Maret 1946, Yordania meraih kemerdekaannya. Pada awal masa penaklukan yang dilakukan kaum muslim, Yordania menjadi bagian dari kekhalifahan Muslim. Pada pertengahan abad ke-16, Yordania dikuasai oleh imperium Ottoman. Menyusul PD I dan keruntuhan imperium Ottoman, Inggris menguasai Yordania, Irak, dan Palestina. Pada tahun 1946, Inggris menyerahkan kemerdekaan Yordania dan Inggris mengangkat sekutunya dalam melawan Ottoman, Emir Abdullah, sebagai raja Yordania.

Permulaan Tindakan Represif Syah secara Fisik

22 Maret 1963, dalam lanjutan tindakan represif Syah melawan kekuatan-kekuatan revolusi, antek-antek Rezim Syah mulai menggunakan cara-cara fisik. Saat itu, bertepatan dengan peringatan syahadah Imam As-Shadiq a.s. Karena khawatir akan berubah menjadi gerakan perlawanan revolusi, para petugas keamanan membubarkan acara peringatan itu yang dipusatkan di Madrasah Faizhiah, Qom dengan cara-cara yang sangat beringas. Sebagian dari peserta acara peringatan yang mencoba memprotes langsung dibawa ke atas atap bangunan dan dilemparkan ke tanah. Sejumlah orang gugur syahid dalam peristiwa tersebut. Ini adalah awal mula tindakan represif secara fisik yang kemudian malah semakin mengobarkan api revolusi Islam di bawah pimpinan Imam Khomeini.

Ellen Glasgow Lahir

22 Maret 1873, Ellen Anderson Glasgow, seorang novelis terkenal AS, terlahir ke dunia di Virginia. Sejak masa mudanya, Ellen telah meminati bidang filsafat dan sastra Inggris. Pada usia 24 tahun, ia telah menerbitkan novel pertamanya yang berjudul The Descendant. Sepanjang hidupnya, Ellen Glasgow menerbitkan 20 novel, sebuah kumpulan puisi, sebuah kumpulan cerita, dan sebuah buku kritik sastra. Kepopuleran Glasgow terlihat dari keberhasilannya menjadi best-seller selama lima kali. Pada tahun 1942, ia menerima hadiah penghargaan sastra Pulitzer, atas karya novel terakhirnya berjudul In This Our Life.

23 Maret

Gerakan Fasisme Dimulai

23 Maret tahun 1919, gerakan fasisme di Italia didirikan oleh Benito Mussolini. Fasisme adalah sebuah gerakan politik otoritarian yang dikembangkan di Italia dan beberapa negara Eropa lainnya sebagai reaksi atas perubahan politik dan sosial yang diakibatkan oleh PD I serta meluasnya sosialisme dan komunisme. Nama fasisme berasal dari kata “fasces” yaitu simbol kekuasaan Romawi kuno yang terdiri dari seikat tangkai dan sebuah kapak. Partai Fasis Italia berkembang dengan cepat dan hingga tahun 1921, telah memiliki 300.000 anggota. Pada tahun itu pula, partai ini berhasil menghantarkan 35 anggotanya sebagai anggota parlemen. Pada tahun 1922, Musolini diangkat sebagai perdana menteri Italia. Pemerintahan berideologi fasis bersifat nasionalis ekstrim, melakukan teror, menciptakan budaya takut, militerisme, hegemoni, penjinakan ideologi tertentu, merepresi para oposan, serta amat bergantung pada kharisma seorang pemimpin. Ideologi serupa diterapkan Adolf Hitler di Jerman. Ideologi ini telah menyeret umat manusia dalam perang besar yaitu PD II.

UUD Baru Pakistan Disahkan

23 Maret 1956, UUD baru Pakistan disahkan dan bersamaan dengan ini, sistem pemerintahan di Pakistan berubah dari sistem Gubernur Jenderal menjadi sistem republik.

WMO Didirikan

23 Maret 1950, didirikanlah The World Meteorological Organization atau WMO, yaitu sebuah organisasi metereologi dunia di bawah naungan PBB. WMO beranggotakan 187 negara dan teritorial. WMO memainkan peranan internasional untuk memonitor dan melindungi lingkungan melalui berbagai programnya, seperti program pengawasan cuaca dan iklim dunia serta program hidrologi dan sumber air. Hari berdirinya WMO, yaitu tanggal 23 Maret, dijadikan Hari Meterologi Sedunia.

Perang Shiffin Meletus

1 Shafar tahun 37 Hijriah, Perang Shiffin meletus. Perang ini terjadi antara pasukan Imam Ali a.s. melawan pasukan Muawiyah bin Abi Sufyan. Setelah wafatnya Khalifah Utsman bin Affan, rakyat Madinah membaiat Imam Ali a.s. dan mengangkat beliau sebagai khalifah. Namun, Muawiyah, seorang Gubernur di Damaskus, menolak menerima kepemimpinan Imam Ali dan melakukan perlawanan bersenjata. Awalnya, Imam Ali berusaha melakukan perundingan demi mencegah pertumpahan darah di antara sesama muslim. Namun, Muawiyah tetap membangkang dan pecahlah perang di sebuah daerah bernama Shiffin di tepi sungai Furat, Irak. Ketika pasukan Imam Ali hampir mencapai kemenangan, penasehat Muawiyah bernama Amr bin Ash memerintahkan pasukannya agar menancapkan Al-Quran di tombak mereka dan menyerukan gencatan senjata atas nama Al-Quran. Imam Ali yang memahami tipuan ini memerintahkan pasukannya agar terus bertempur, namun sebagian kelompok menolak. Kelompok ini kemudian dikenal sebagai kelompok Khawarij. Atas desakan kelompok Khawarij pula, perang dihentikan dan diadakan perundingan antara kedua pihak. Dalam perundingan ini, delegasi Muawiyah melakukan tipuan. Akibatnya, kekhalifahan kaum muslimin direbut dari tangan Imam Ali dan jatuh ke tangan Muawiyah.

Kafilah Karbala Tiba di Damaskus

1 Shafar tahun 61 Hijriah, kafilah Karbala tiba di Damaskus, ibu kota pemerintahan Yazid bin Muawiyah. Dua puluh hari sebelumnya, tanggal 10 Muharram, Imam Husain a.s. beserta 72 anggota kafilah beliau bertempur di Padang Karbala melawan pasukan Yazid yang berjumlah ribuan orang. Imam Husain a.s. dan beberapa kerabat serta sahabat setia beliau gugur syahid dalam pertempuran ini. Sisa rombongan yang terdiri dari kaum perempuan, anak-anak, dan Imam Ali Zainal Abidin yang saat itu sedang sakit, ditawan oleh pasukan Yazid dan digiring ke Damaskus. Di hadapan khlayak Damaskus, Imam Zainal Abidin dan Sayyidah Zainab menyampaikan kejadian Karbala dan membongkar perilaku keji pasukan Yazid. Untuk mengelakkan kemarahan rakyatnya, Yazid mengingkari telah memerintahkan pembunuhan terhadap Imam Husain a.s. dan melemparkan kesalahan kepada komandan pasukannya, Ubaidillah bin Ziyad. Yazid juga terpaksa membebaskan kafilah Karbala untuk kembali ke Madinah.

24 Maret

Robert Koch Menemukan Penyebab TBC

24 Maret tahun 1882, bakteri penyebab TBC berhasil ditemukan oleh Robert Koch, seorang dokter dan peneliti asal Jerman. Bakteri jenis basil ini kemudian dinamakan Basil Koch, sesuai dengan nama penemunya. Dalam usahanya meneliti penyakit TBC, Robert Koch menghabiskan waktu lebih dari sepuluh tahun, termasuk penelitian di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Indonesia selama satu setengah tahun. Pada tahun 1905, Koch dianugerahi hadiah Nobel bidang kedokteran. Penyakit TBC sendiri adalah sebuah penyakit infeksi bakteri pada paru-paru yang sangat menular.

Frederich Engels Lahir

184 tahun yang lalu, tanggal 24 Maret 1820, Frederich Engles, seorang filsuf Jerman dan sahabat dekat Karl Marx, terlahir ke dunia. Engles adalah seorang pengusaha kaya, namun memiliki kecenderungan untuk berpikir sosialis. Pertemuan Engles dengan Karl Marx melahirkan diskusi-diskusi dan pemikiran sosialis yang radikal. Mereka berdua kemudian menyusun Manifesto Komunis pada tahun 1848 yang berisi penentangan terhadap sistem pemerintahan borjuis. Engles meninggal dunia tahun 1895.

Jendral Muhammad Arsyad Meraih Kekuasaan

22 tahun yang lalu, tanggal 24 Maret 1982, melalui sebuah kudeta damai, Jenderal Muhammad Ershad menggulingkan pemerintahan Abdul Satar di Bangladesh dan meraih kekuasaan di negara ini. Republik Bangladesh diproklamasikan tahun 1971 dan Mujibur Rahman diangkat sebagai Perdana Menteri. Pada tahun 1975, Mujibur Rahman dibunuh dalam sebuah kudeta militer dan digantikan oleh Mayjen Zia-ur Rahman. Enam tahun berikutnya, Zia-ura Rahman juga terbunuh dalam kudeta dan posisinya digantikan oleh wakil presiden, Abdul Satar. Situasi politik yang kacau saat itu dimanfaatkan oleh Jendral Muhammad Ershad untuk melakukan kudeta dan merebut kekuasaan. Pada tahun 1990, menyusul semakin meningkatnya protes dan penentangan dari rakyatnya, Jenderal Ershad mengundurkan diri dari jabatannya.

Zaid bin Ali bin Husain Syahid

1304 tahun yang lalu, tanggal 2 Shafar tahun 121 Hijriah, Zaid bin Ali bin Husain, putra Imam Sajjad a.s., gugur syahid dalam pertempuran melawan kezaliman yang dilakukan oleh rezim Bani Umayyah. Kebangkitan Zaid bin Ali ini merupakan salah satu dari beberapa kebangkitan yang muncul setelah Kebangkitan Karbala. Kebangkitan lainnya adalah Kebangkitan Tawabin dan kebangkitan Mukhtar Tsaqafi. Semua perjuangan ini memiliki tujuan yang sama yaitu menebus darah Imam Husain yang telah ditumpahkan oleh rezim zalim Bani Umayyah dan menggulingkan pemerintahan kejam itu.

Abu Hayan Gharnati

680 tahun yang lalu, tanggal 2 Shafar tahun 745 Hijriah, Abu Hayan Gharnati, seorang penyair dan sastrawan muslim terkemuka Mesir meninggal dunia. Abu Hayan dilahirkan pada tahun 654 Hijriah di Andalausia dan untuk menuntut ilmu, ia melakukan perjalanan ke berbagai negara. Pada tahun 679, Abu Hayan pergi ke Mesir dan hingga akhir usianya ia tinggal di negara itu untuk belajar, mengajar, dan menyusun buku. Abu Hayan menguasai berbagai bidang ilmu seperti ilmu Al-Quran, hadis, dan fiqih, namun ia lebih terkenal atas kemampuannya di bidang ilmu nahwu atau tata bahasa Arab. Di akhir hidupnya, Abu Hayan menderita kebutaan. Ia meninggalkan berbagai karya penulisan di antaranya berjudul “Tadzkiratun-Nuhaah”.

Ibnu Duraihim Meninggal

663 tahun yang lalu, tanggal 2 Shafar tahun 762 Hijriah, Ibnu Duraihim, seorang matematikawan dan ahli astronomi muslim, meninggal dunia. Ibnu Duraihim menuntut ilmu di bidang Al-Quran, fiqih, dan hadis di Mesir dan kemudian pergi ke Damaskus untuk mengajar di negeri itu. Di antara karya-karya Ibnu Duraihim yang masih tersisa berjudul “Fi Madhir-Rasul.”

25 Maret

Dimulainya Kekuasaan Dinasti Bourbon di Prancis

25 Maret tahun 1589, Raja Henry IV naik ke tampuk kekuasaan di Prancis mengawali pemerintahan dinasti Bourbon. Sebelumnya, silsilah keturunan Valois berkuasa di Prancis dari tahun 1328 hingga 1589. Setelah berkuasa selama 200 tahun, dinasti Bourbon harus rela menyerahkan kekuasaan kepada Napoleon Bonaparte. Raja Louise XVI yang merupakan penguasa terakhir Bourbon dihukum mati empat tahun setelah kemenangan revolusi Prancis.

Yunani Merdeka

25 Maret 1830, Yunani berhasil merebut kemerdekaannya dari imperium Ottoman. Selanjutnya, hari ini diseut sebagai hari nasional Yunani. Yunani merupakan salah satu pusat peradaban kuno. Seribu tahun sebelum kelahiran Al-Masih, Yunani telah memiliki tatanan kota dan negara yang rapi. Salah satu kota penting Yunani dalam sejarah adalah kota Athena dan Sparta. Namun pada tahun 338 sebelum masehi, Macedonia menguasai negeri ini. Satu abad kemudian, Yunani secara resmi menjadi bagian dari imperium Rumawi.

Sejak tahun 1456 hingga empat abad kemudian, Yunani jatuh ke tangan imperium Ottoman. Berkat dukungan sejumlah negeri di Eropa antara lain Prancis, Rusia, dan Inggris, bangsa Yunani melakukan pemberontakan untuk memisahkan diri dari pemerintahan Ottoman yang berbasis di Turki. Pemberontakan itu membuahkan kemerdekaan bagi Yunani. Pada abad ke-19, negeri ini menjadi ajang peperangan antar negara dan perang saudara. Tahun 1973, dengan dihapuskannya sistem kerajaan di negara ini, bentrokan dan perang saudara di Yunani berakhir. Yunani termasuk negara Balkan dengan luas wilayah 132 ribu kilometer persegi. Negara ini bertetangga dengan Turki, Bulgaria, Albania dan Macedonia.

MEE Berdiri

25 Maret 1957, para delegasi negara-negara Eropa menandatangani kesepakatan pembentukan organisasi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) di Roma. Dengan dibentuknya MEE, negara-negara Eropa mengikat kerjasama ekonomi yang lebih erat dengan menghapuskan tarif pajak serta memberikan kebebasan perdagangan, penanaman modal, dan pertukaran tenaga kerja antar negara anggota. MEE adalah langkah awal dari Uni Eropa yang dibentuk tahun 1992.

AS Tarik Pasukan dari Somalia

25 Maret 1994, AS terpaksa menarik pasukannya dari Somalia setelah menanggung kekalahan yang tak terduga. Setelah tumbangnya rezim Muhammad Siad Barrah, kesepakatan untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi di Somalia membentur jalan buntu yang kemudian berlanjut dengan pecahnya perang saudara. Desembar tahun 1992, untuk melindungi kepentingannya, AS mengirimkan pasukan ke negara itu sebagai bagian dari pasukan PBB. Namun tanpa diduga, pasukan AS mendapatkan perlawanan sengit dari orang-orang Somalia. Ratusan warga Somalia tewas, sementara tentara AS yang terbunuh berjumlah 100 orang. Melihat posisinya yang kian terjepit, AS memutuskan untuk mundur dari negara itu.

Kelahiran Imam Muhammad Al-Baqir

3 Shafar tahun 57 hijriyyah, menurut sebuah riwayat, Imam Muhammad Al-Baqir terlahir ke dunia. Beliau memiliki keluasan ilmu dan kemampuan yang tinggi dalam memilah-milah ilmu sehingga mendapat julukan Al-Baqir yang berarti si pemilah ilmu. Imam Baqir hidup di masa-masa akhir kekuasaan bani Umayyah. Kelonggaran yang didapatkan dari situasi politik saat itu, beliau manfaatkan untuk mengajarkan ilmu-ilmu agama yang diwarisinya dari rasulullah. Imam Al-Baqir wafat tahun 114 hijriyyah.

Mirza Shah Abadi WafaT

3 Shafar tahun 1363 hijriyah, Ayatullah Mirza Muhammad Ali Shah Abadi, seorang faqih dan ilmuan besar Islam meninggal dunia di kota Tehran pada usia 77 tahun. Ayatullah Shah Abadi dikenal sebagai guru besar di bidang Ifran dan Filsafat. Diantara murid-muridnya yang terkenal adalah Imam Khomeini r.a. pemimpin besar revolusi Islam Iran. Ayatullah Shah Abadi meninggalkan banyak karya tulis diantaranya; Al-Qur’an wa Al-Itrah, Al-Insan wa Al-Khatharat serta Miftah Al-Sa’adah.

26 Maret

Beethoven Meninggal Dunia

26 Maret 1827, Ludwig Van Beethoven musisi besar dunia asal Jerman meninggal dunia. Masa kecil dan masa remaja bagi Beethoven yang lahir di Bonn tahun 1770, adalah masa-masa hidup yang paling sulit. Meski demikian, dia memperoleh kesempatan berguru pada komposer dan musisi besar zaman itu, Wolfgang Amadeus Mozart dan Franz Joseph Haydn. Sejak usia muda, Beethoven mengalami gangguan pendengaran. Di usianya yang ke-49 Beethoven tuli secara total. Namun, justeru di masa-masa itulah Beethoven menciptakan banyak karya besarnya termasuk sembilan simfoni yang merupakan simfoni musik klasik paling terkenal.

Penandatanganan Perjanjian Brussel

26 Maret tahun 1948, perjanjian Brussel yang merupakan perjanjian pertahanan dan politik pertama negara-negara Eropa pasca perang dunia kedua ditandatangani. Perjanjian ini ditandatangani oleh delegasi utusan Belgia, Prancis, Belanda, Inggris dan Luxemburg yang isinya kesepakatan untuk membela negara anggota perjanjian ini yang menjadi sasaran serangan militer. Meski sudah 50 tahun berlalu, perjanjian ini masih mengikat semua pihak. Dengan bergabungnya AS dan beberapa negara Eropa lainnya, perjanjian ini berubah nama menjadi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Perjuangan Rakyat Kenya Bergolak

26 Maret tahun 1952, kelompok nasionalis Kenya di bawah kepemimpinan Jomo Kenyatta melakukan pemberontakan melawan kolonialis Inggris. Antara perang dunia pertama dan kedua, Kenya mengalami pergolakan hebat. Setelah perang dunia kedua usai, rakyat Kenya berupaya merebut kemerdekaannya. Undang-undang yang diterapkan oleh kolonial Inggris yang membatasi hak-hak rakyat Kenya khususnya terhadap suku Kikuyu melahirkan gerakan perlawanan dengan dibentuknya kelompok Mau Mau. Kelompok Mau mau yang bersenjata, membantai banyak orang Inggris. Akhirnya perlawanan rakyat Kenya membuahkan kemerdekaan untuk negeri ini. Kenya dengan luas wilayah 582.646 kilometer persegi terletak di wilayah timur benua Afrika.

Bangladesh Memisahkan Diri

26 Maret 1971, menyusul pergolakan politik dalam skala besar, Pakistan timur yang kini bernama Bangladesh memisahkan diri dari Pakistan dan mengumumkan kemerdekaannya. Sebelumnya, tahun 1947, Pakistan memisahkan diri dari India. Namun kebijakan diskriminatif yang dijalankan oleh pemerintah pusat di Islamabad terhadap warga suku Bangla yang merupakan 98 persen dari seluruh penduduk di wilayah Pakistan Timur melahirkan ketidakpuasan umum. Sebelumnya warga Pakistan Timur mengajukan tuntutan otonomi untuk wilayah mereka. Tetapi lambat laun tuntutan itu berubah menjadi gerakan pemisahan diri dari Pakistan.

Untuk memadamkan pergolakan rakyat tentara Pakistan menduduki kota Dakka. Pasukan India campur tangan dengan memihak warga Pakistan Timur, akhirnya, pasukan Pakistan terpaksa meninggalkan kota Dakka dan Pakistan Timur memproklamasikan kemerdekaan dengan mengubah nama menjadi Bangladesh. Najiburrahman pemimpin Pakistan Timur menjadi presiden pertama Bangladesh. Tetapi tak lama, Najiburrahman terbunuh dalam sebuah kudeta. Bangladesh dengan luas wilayah 144 ribu kilometer persegi terletak di timur laut anak benua India dan bertetangga dengan India dan Myanmar.

27 Maret

Kelahiran Fahrenheit

27 Maret tahun 1686, Gabriel Daniel Fahrenheit kimiawan terkenal Jerman terlahir ke dunia. Fahrenheit yang asli warga kota pelabuhan Danzig memulai penelitiannya sejak usia dini. Akhirnya, pada tahun 1714, Fahrenheit berhasil menciptakan Thermometer mercury yang berfungsi mengukur suhu udara. Ilmuan ini juga menciptakan system pengukur suhu udara yang kemudian diberi nama Fahrenheit. Berdasarkan system ini, air membeku pada suhu 32 derajat dan mendidih pada suhu 212 derajat Fahrenheit. Fahrenheit meninggal dunia pada tahun 1736.

Kelahiran Penemu Sinar X

27 Maret tahun 1845, Wilhelm Conrad Rontgen, matematikawan dan ahli Fisika terkenal Jerman lahir ke dunia. Rontgen banyak melakukan kajian dan penelitian yang berhubungan dengan sinar. Akhirnya pada tahun 1895, saat melakukan sebuah penelitian di laboratoriumnya, secara tak sengaja ia menemukan sebuah sinar yang dapat menembus berbagai benda yang tak ditembus oleh cahaya biasa. Karena misterius, sinar ini diberinama Sinar X. Pada tahun 1901, Rontgen menerima hadiah Nobel untuk Fisika. Wilhelm Conrad Rontgen meninggal pada tahun 1923 di Munich, Jerman.

Perang Antara Prancis dan Jerman berakhir

27 Maret tahun 1915, perang antara Prancis dan Jerman yang terjadi pada saat berkecamuknya perang dunia pertama, berakhir tanpa hasil yang jelas. Perang ini merupakan salah satu perang yang paling banyak menelan korban jiwa. 48 ribu tentara Prancis dan 36 ribu serdadu Jerman tewas dalam perang tersebut. Pertempuran ini terjadi di kawasan Prancis Tengah bernama Champagne.

Ibnu Yunus Dilahirkan

5 Shafar tahun 551 hijriyah, Kamaluddin Abu Imran yang dikenal dengan sebutan Ibnu Yunus, seorang faqih, tabib, dan matematikawan muslim terlahir ke dunia di kota Mosul Irak. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar agama, Ibnu Yunus menggeluti bidang matematika hingga berhasil menguasai ilmu ini. Ibnu Yunus dikenal sebagai salah seorang ulama dan ilmuan besar saat itu. Selain menguasai berbagai ilmu keislaman, Ibnu Yunus juga mendalami taurat dan injil. Tak jarang umat Yahudi dan Nasrani yang mendatanginya untuk menanyakan pemahaman ayat-ayat dalam kitab suci mereka. Ibnu Yunus banyak meninggalkan karya tulis diantaranya; “Asraar Al-Sulthaniyah”, yang membahas tentang ilmu perbintangan, dan sebuah kitab di bidang ilmu matematika berjudul “Syarh Al-A’mal Al-Handasiyah”.

Ayatullah Maksumi Wafat

5 Shafar tahun 1372 hijriyah, Ayatullah Muhammad Ali Maksumi, seorang faqih dan ulama kenamaan Iran wafat di kota Bahbahan. Beliau lahir pada tahun 1288 hijriyah dan mulai menggeluti ilmu agama sejak usia dini. Untuk melanjutkan pendidikannya, beliau pergi ke kota Najaf, Irak dan tinggal di sana beberapa tahun lamanya, sampai berhasil mencapai derajat mujtahid. Ayatullah Maksumi juga dikenal sebagai pejuang yang membela agama dan umat Islam dengan jiwa dan raga. Beliau meninggalkan banyak karya tulis diantaranya; penjelasan untuk kitab-kitab rujukan hauzah ilmiah seperti “Jawahir Al-Kalam,” “ Syarh Lum’ah” dan “Najatul Ibad”.

28 Maret

Kebangkitan Nasional Rakyat Belanda

28 Maret 1572, rakyat Belanda memulai gerakan perlawanan secara nasional terhadap raja sekaligus penguasa militer Spanyol yang menduduki kawasan mereka, yaitu Raja Philip II. Sebelumnya, yaitu tahun 1566, kaum protestan Balanda pernah melakukan perlawanan serupa. Akan tetapi, karena tidak adanya kepemimpinan yang efektif, perlawanan tersebut bisa ditumpas habis oleh tentara Spanyol. Pada tahun 1572, kesadaran nasional rakyat Belanda mendorong mereka melakukan perlawanan secara menyeluruh. Akhirnya, rakyat Belanda berhasil meraih kemerdekaan dari pendudukan Spanyol empat tahun berikutnya, yaitu tahun 1576.

James Watt Lahir

28 Maret 1736, James Watt, seorang ilmuwan dan inventor Inggris terlahir ke dunia di kota Grink, sebuah kawasan di utara Inggris. Sejak muda, Watt sudah memiliki minat yang sangat besar di bidang riset ilmu-ilmu fisika. Sumbangsih Watt terhadap dunia ilmu pengatahuan yang kemudian menjadi awal revolusi industri di dunia adalah penemuannya atas energi uap. Dengan penemuan energi ini, industri dunia mengalami percepatan yang hebat, karena orang kemudian mampu mengoperasikan lokomotif, kapal laut, dan industri-industri dengan menggunakan energi uap hasil penemuan Watt.

Kelompok Pro-monarki Spanyol Merebut Kekuasaaan

28 Maret 1939, kelompok pro-monarki Spanyol di bawah pimpinan Jenderal Fransesco Franco berhasil mengalahkan kelompok pro-republik yang sempat berkuasa beberapa tahun di negeri matador itu. Kemenangan kelompok pro-monarki itu ditandai dengan jatuhnya Madrid, ibu kota Spanyol, ke tangan mereka. Kemenangan jenderal Franco ini mengmbalikan sistem kerajaan di Spanyol sekaligus mengawali masa panjang diktatorisme di negara itu.

Sebelumnya, kelompok pro-republik menguasai Spanyol ketika mereka berhasil memaksa Raja Alfonso XIII mengundurkan diri dari jabatannya sebagai raja. Akan tetapi, masa kekuasaan kaum republikan ini berbarengan dengan krisis keamanan dalam negeri Spanyol. Hal inilah yang mendorong Jenderal Franco untuk tampil memimpin kelompok militer merebut kekuasaan dengan dalih untuk mengembalikan situasi keamanan di Spanyol. Saat itu, Jenderal Franco mendapatkan bantuan dari Nazi Jerman dan Fasis Italia. Kelompok republikan sendiri mendapatkan bantuan dari negara-negara sekutu. Akhirnya, perang saudara berakhir dengan kemenangan Jenderal Franco yang kemudian mengangkat dirinya sebagai penguasa Spanyol. Franco berkuasa dengan menggunakan politik tangan besi di Spanyol selama 36 tahun.

Quthbuddin Syirazi Lahir

6 Shafar tahun 634 hijriah, Quthbuddin Mahmud Syirazi, seorang astronom dan ilmuwan kedokteran dunia Islam terkenal terlahir di kota Syiraz, sebuah kawasan di selatan Iran. Ia mulai tertarik mempelajari ilmu-ilmu kedokteran sejak usia muda. Kemudian, bersamaan dengan kematian ayahnya yang juga seorang dokter, Syirazi berhasil menyelesaikan pendidikan dasarnya di bidang kedokteran. Ia kemudian bekerja di sebuah rumah sakit di kota kelahirannya. Selama sepuluh tahun bekerja, Syirazi banyak menyempatkan waktunya untuk menelaah sejumlah kitab kedokteran klasik karya Ibnu Sina serta kitab-kitab filsafat dan keilmuan karya para ilmuwan terkenal masa itu. Setelah itu, ia mulai tertarik untuk mengembangkan pengetahuannya dengan cara belajar kepada sejumlah ilmuwan ternama zaman itu, seperti Khaja Nashiruddin Thusi, serta melakukan kunjungan ke sejumlah kawasan ilmu lainnya di Iran dan kawasan sekitar Timur Tengah. Di antara karya penulisannya yang paling terkenal adalah kitab berjudul “Jami’ul Ushul” dan “Nihayatul Idrak fi Dirayatil Aflak”. Quthbuddin Syirazi meninggal dunia pada tahun 710 Hijriah.

29 Maret

Kaum Protestan Perancis Memperoleh Kemenangan

29 Maret tahun 1573, Raja Perancis Charles IX mengeluarkan sebuah undang-undang bersejarah yang berisikan kebebasan kaum Protestan negara itu untuk menjalankan ajaran agama sesuai dengan keyakinan kelompok mereka. Keputusan itu menyusul kemenangan yang diperoleh kaum Protestan atas kelompok Katolik dalam perang keempat yang terjadi antara kedua kelompok Kristen itu yang telah selama hampir setahun, yaitu sejak tanggal 15 Juli tahun 1572. Perang yang terkenal dengan nama La Rochelle itu berakhir dengan kemenangan kaum Protestan.

Imperium Ottoman Kalahkan Polandia

29 Maret tahun 1676, tentara imperium Ottoman berhasil mengalahkan tentara Polandia. Dengan kemenangan itu, sebagian wilayah Ukraina yang sebelumnya berada di bawah kekuasaan Polandia dikuasai oleh Imperium Ottoman. Perang antara keduanya berawal dari pemberontakan orang-orang Kazhakstan terhadap pemerintahan Polandia. Imperium Ottoman memberikan dukungan penuh atas pemberontakan itu dan akhirnya pecahlah perang kedua negara pada tahun 1671. Selama perang, Imperium Ottoman sempat menderita kekalahan. Akan tetapi, pada tahun 1676, tentara Ottoman berhasil menebus kekalahannya itu.

Imam Musa Al-Kazhim Lahir

7 Shafar tahun 128 hijriah, Imam Musa Al-Kazhim, salah seorang keturunan Rasulullah SAWW terlahir ke dunia. Beliau lahir dan dibesarkan di bawah kasih sayang ayahnya yang mulia, yaitu Imam Ja’far Ash-Shadiq a.s. Pada usianya yang ke-35 tahun, ayahandanya menggapai kesyahidan, dan Imam Musa menggantikan posisi Imam Ja’far sebagai imam atau pemimpin ummat Islam. Imam Al-Kazhim terlahir saat kekuasaan Bani Umayyah atas kaum muslimin tengah mengalami keruntuhan untuk kemudian digantikan oleh Khilafah Bani Abbasiah. Selama hidupnya, beliau sempat menyaksikan lima khalifah Abbasiah yang datang silih berganti memegang tampuk kekuasaan. Kelimanya tercatat dalam sejarah sebagai diktator dan penumpas kelompok Ahlul Bait. Imam Musa sendiri gugur pada usia 55 tahun di tangan Khalifah Harun Al-Rasyid.

Selama hidupnya, Imam Musa dikenal sebagai seorang pemimpin ummat yang memiliki banyak kelebihan. Ia adalah seorang yang berilmu tinggi dengan jumlah murid yang sangat banyak. Imam Al-Kazhim juga dikenal dengan kedermawanan dan sifat pemaafnya. Dengan segera, keistimewaan imam ketujuh dalam madzhab Ahlul Bait ini menarik perhatian ummat Islam yang berada di bawah represi Khilafah Abbasiah. Situasi ini sangat mengundang kekhawatiran elite politik Bani Abbasiah. Untuk itu, Imam Musa kemudian dipenjarakan dengan tuduhan membahayakan keamanan negara. Di penjara itulah Imam diracun dan menggapai kesyahidan. Berikut ini adalah salah satu ucapan Imam Musa yang terkenal.

“Amal terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah mengerjakan shalat, berbuat baik kepada orang tua, serta meninggalkan sifat hasud dan takabur”

Mirza Abadi Terlahir ke Dunia

7 Shafar 1308 Hijriah, Mirza Muhamad Ali Habib Abadi, dikenal dengan nama samaran Muallim, seorang penyair dan penulis buku terkenal asal Iran terlahir di kota Isfahan, sebuah kawasan di Iran tengah. Muallim sejak usia muda telah menunjukkan minat dan bakatnya di bidang sastra, matematika, al-jabar, dan astronomi. Akan tetapi, dari semua bidang yang digelutinya, bakat di bidang sastra terlihat sangat menonjol. Ia sejak muda sudah menulis sejumlah bait syair terkenal. Awalnya, ia menggunakan nama samaran Azad. Di kemudian hari, nama samarannya diubah menjadi Muallim. Mirza Abadi juga di akhir hidupnya sempat menulis sejumlah buku tentang biografi para ulama dan tokoh pada zamannya. Di antara karya penulisannya yang terkenal adalah “Makarimul Atsar” dan “Maqamat Ma’nawi”.

30 Maret

Penandatanganan Perjanjian Paris

30 Maret tahun 1856, ditandatangani perjanjian Paris yang mengakhiri perang besar antara Rusia di satu pihak melawan pasukan sekutu di pihak lain yang terdiri dari Perancis,Inggris, Ottoman, Austria, dan Prusia. Perang itu sendiri dimulai sejak dua tahun sebelumnya setelah Ottoman, Perancis dan Inggris mengadakan perjanjian Konstantinopel dan bertekad memerangi Rusia karena kekaisaran itu dianggap gagal menangani maslah-masalah di kawasan Balkan. Salah satu kesepakatan penting dari Perjanjian Paris adalah terbentuknya sebuah negara merdeka bernama Rumania.

Pulau Alaska Dijual

30 Maret tahun 1867, Pulau Alaska yang terletak di barat laut Kanada dijual oleh pemerintah Rusia kepada AS dengan harga hanya 7.200.000 dolar AS. Saat itu, motivasi Moskow untuk menjual pulau yang berdekatan dengan kutub utara tersebut adalah untuk menutupi masalah ekonomi yang dihadapi oleh Rusia. Pulau Alaska memiliki luas 1.500.000 kilometer² dan termasuk kawasan yang hingga kini memiliki kekayaan alam sangat besar seperti minyak dan emas. Alaska juga kawasan yang memberikan sumbangan sangat besar kepada perekonomian AS di bidang industri perikanan. Saat ini, Alaska adalah negara bagian ke-49 AS.

Ayatullah Boroujerdi Wafat

30 Maret tahun 1961, Ayatullah Al-Uzhma Sayid Husein Thabathabai Boroujerdi, seorang ulama ternama asal Iran meninggal dunia. Beliau mempelajari ilmu-ilmu keagamaan di kota Najaf Al-Asyraf yang saat itu merupakan salah satu pusat keilmuan di dunia Islam. Setelah selesai menamatkan masa belajarnya, Ayatullah Boroujerdi kembali ke Iran. Awalnya ia datang ke Masyhad. Kemudian, aktivitas keilmuan dan budayanya ia lanjutkan di kota Qom. Setibanya di kota Qom, beliau melakukan banyak pembenahan dalam sistem pembelajaran hauzah ilmiah di kota itu. Ayatullah Boroujerdi juga semasa hidupnya dikenal sebagai seorang tokoh pemersatu ummat Islam lewat upaya kerasnya yang tiada henti melakukan berbagai pendekatan terhadap kelompok-kelompok Ahlus Sunnah. Ayatullah Boroujerdi juga adalah seorang guru yang sangat hebat. Salah seorang murid beliau yang kemudian menjadi salah satu tokoh Islam terbesar abad 20 adalah Imam Khomeini.

Salman Al-Farisi Meninggal Dunia

8 Shafar tahun 35 Hijriah, Salman Al-Farisi, salah seorang sahabat besar Rasulullah SAWW meninggal dunia. Salman adalah orang Iran pertama yang memeluk agama Islam. Selama mendampingi Rasulullah SAWW, Salman dikenal karena ketinggian ilmunya, kesetiaannya kepada Islam, serta sifat-sifatnya sangat mulia. Karena semua keistimewaannya itu, Salman bahkan diakui oleh Rasulullah sebagai bagian dari Ahlul Bait atau keluarga Nabi.

Saat perang Ahzab digelar, peranan Salman dalam mempertahankan kota Madinah dicatat oleh para sejarawan ketika memberikan ide pembuatan parit di sekeliling kota Madinah. Parit inilah yang menjadi benteng pelindung kota dari pasukan gabungan musyrikin yang jumlahnya mencapai 10.000 orang itu.

Setelah Rasulullah SAWW wafat, Salman tetap menunjukkan loyalitasnya kepada Ahlul Bait Nabi. Ia adalah sahabat setia Imam Ali a.s. dalam suka dan duka. Saat Imam Ali dibaiat sebagai khalifah, Salman mendapat tugas sebagai salah satu gubernur utusan Imam Ali.

Sumber : http://www2.irib.ir/worldservice/melayuRADIO/kal_sejarah/maret/

About these ads

February 1, 2009 - Posted by | HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, POLITIK DUNIA, SEJARAH DAN KEBUDAYAAN | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: