falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

10 KESALAHAN TERBODOH DALAM BISNIS WEB..!!

Dalam membuat atau mengelola sebuah web, tidak jarang kita melakukan berbagai kesalahan. Beberapa kesalahan tersebut bisa disebabkan oleh klien, desainer web, manager IT atau siapapun yang berhubungan dengan prosesnya, dan intinya adalah semua kesalahan itu disebabkan oleh human error. Inilah 10 kesalahan yang mungkin dianggap terbodoh:

10. Salah mengeja Domain
Seorang desainer web pada sebuah agency diminta oleh kliennya untuk mendaftarkan domain webnya terlebih dahulu dengan nama CarTuneCentral.com (ini adalah pengejaan dalam pikiran sang desainer). Dengan segera sang desainer memeriksa domain tersebut, yang ternyata tersedia dan ia langsung membelinya. Tidak lama kemudian atasannya memanggilnya karena ia baru saja ditelepon oleh klien yang sama dan sangat marah karena ternyata yang diinginkannya adalah domain CartoonCentral.com. Domain ini ternyata sudah dimiliki orang lain dan desainer tersebut menjadi bahan tertawaan agency selama berbulan-bulan. Jadi jangan pernah lupa untuk menanyakan pengejaan domain klien anda terlebih dahulu.

9. Membiarkan Domain Sampai Kadaluarsa
Sebuah perusahaan yang sangat besar pernah melakukan kesalahan ini. Hanya sebulan setelah peluncuran situsnya, perusahaan tersebut membiarkan domainnya kadaluarsa. Situsnya kemudian offline selama 2 hari. Suatu keteledoran yang fatal akibatnya jika dibiarkan terjadi.

8. Memperlihatkan Statistik Situs ke Publik
Salah satu platform manajamen situs web yang paling banyak digunakan oleh perusahaan hosting menyimpan statistik situs dalam sebuah folder yang dinamakan /statistics/. Anda bisa memproteksinya dengan password, tetapi setting defaultnya membiarkan folder ini untuk bisa diakses oleh siapa saja. Tidak sedikit webmaster yang lalai atau lupa untuk memproteksinya sehingga seluruh data lalulintas situsnya dapat dilihat oleh umum, jadi jangan lupa untuk memproteksinya.

7. Mempublikasikan Informasi Rahasia Perusahaan
Beberapa perusahaan sudah pernah melakukan kesalahan ini. Salah satu yang terbesar adalah AOL, yang mempublikasikan laporan data pencarian di tahun 2006 yang berisi data-data pribadi dari ribuan pelanggan AOL. Walaupun laporan ini langsung dicabut dari internet dalam beberapa hari tapi sayangnya laporan tersebut sudah terkopi dan tersebar di internet. Tragedi ini berakhir dengan pengunduran diri Chief Technical Officer AOL. Berhati-hatilah dengan data yang akan anda masukkan ke situs klien, tanyakanlah semua data terlebih dahulu dan pilahlah mana informasi yang harus dimasukkan dan mana yang tidak.

6. Membuat Halaman 404 Error Yang Mengesalkan
Ada sebuah kasus dimana suatu tim desainer web membuat sebuah pesan error yang bertuliskan: “404 Error. You’ve obviously typed in the wrong URL. Either that or the page you are looking for no longer exists. ” (404 error. Anda pasti telah memasukkan URL yang salah. Atau halaman yang anda cari sudah tidak ada lagi). Tidak ada permintaan maaf, tidak ada rekomendasi atau saran, isinya hanya sebuah pesan mengesalkan yang menuduh pengunjung sebagai orang bodoh. Jangan lakukan kesalahan ini, karena pengunjung akan segera menyesal karena telah mencoba mengunjungi situs anda.

5. Meng-offline-kan Site Untuk Maintenance
Masih ada situs-situs besar yang dikelola oleh banyak orang pintar dan masih meng-offline-kan situs mereka untuk maintenance secara reguler. Jika suatu mesin pencari mencoba mengindeks suatu situs ketika situs tersebut offline maka mereka akan mengasumsikan bahwa halaman yang telah diindeks sebelumnya telah kadaluarsa dan menurunkan mereka dari indeks pencarian. Tentu saja anda tidak ingin hal ini terjadi, lagipula bukankah tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah situs duplikat demi kepentingan maintenance?

4. Membeli Dot Biz Ketika Dot Com Sebenarnya Tersedia
Beberapa tahun lalu beredar rumor bahwa situs dot biz akan menjadi sesuatu yang sangat populer dan semua orang berlomba-lomba untuk membeli situs dot biz ketimbang dot com. Tetapi lihatlah kenyataannya sekarang.

3. Membiarkan Keluhan Pelanggan Terpampang di Situs Dalam Waktu Yang Lama
Halaman Customer Feedback dapat menjadi pedang bermata dua,karena jika halaman ini terisi dengan kesaksian dari pelanggan yang puas maka halaman ini akan menjadi alat promosi yang bagus. Tetapi sebaliknya jika terisi dengan berbagai keluhan pelanggan maka reputasi perusahaan anda atau klien anda akan jatuh. Oleh karena itu sering-seringlah memeriksa halaman ini dan tangani segera keluhan pelanggan yang masuk.

2. Mematikan Situs Untuk Liburan Panjang
Ini adalah kasus yang benar-benar terjadi. Seorang klien membayar pengelola situsnya 5.000 USD untuk mengoptimalkan situsnya di mesin pencari. Dan sebulan kemudian ia memutuskan untuk meng-offline-kan situsnya selama 3 bulan untuk liburan Natal tanpa memberitahukan sang pengelola dan mengganti seluruh situsnya hanya dengan sebuah halaman yang bertuliskan “closed until after Christmas”. Lalu lintas situsnya langsung menurun dengan tajam dan demikian juga dengan peringkat pencariannya. Dan respon bodoh sang pemilik situs kepada pengelolanya adalah “Kenapa kau tidak memberitahu saya kalau hal ini bisa terjadi?”

1. Mempromosikan Sebuah Nama Domain Yang Tidak Anda Miliki
Inilah kesalahan yang menduduki peringkat pertama dari daftar kesalahan terbodoh ini. University of Newcastle telah menghabiskan ribuan dollar untuk iklan televisi di Australia demi memasarkan situs baru mereka yaitu GradSchool Dot Com. Hanya saja ada satu masalah penting, yaitu domain mereka yang sebenarnya adalah Gradschool.com.au! Mereka bahkan tidak memiliki Gradschool.com! Kesalahan ini entah disadari atau tidak oleh pihak universitas karena sampai saat ini mereka dengan senangnya terus mempromosikan brand mereka sebagai Gradschool.com pada semua alat promosi mereka dan bahkan pada domain.com.au mereka. Tidak bisa dibayangkan berapa banyak calon mahasiswa yang tersesat ketika mencari situs ini.

http://main.man3malang.com/udaramaya.com

January 3, 2009 - Posted by | HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: