falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “TRADISI UNIK TAHUN BARU DI BEBERAPA NEGARA”.

Merayakan tahun baru di berbagai negara di belahan dunia ternyata tidak selalu dengan bunyi petasan dan tiupan terompet di setiap jalan protokol seperti di Jakarta. Ada beberapa negara lain yang memiliki kebiasaan unik saat merayakan pergantian tahun. Mari kita ‘intip’ kebiasaan-kebiasaan menarik tersebut.

BRAZIL

Lemanja, adalah dewa laut yang terkenal dalam legenda negara ini.
Sehingga untuk menghargai dewa Lemanja, maka pada tengah malam disetiap tanggal 1 Januari dengan berbaju putih bersih orang-orang Brazil berbondong-bondong menuju pantai.
Mereka menaburkan bunga di laut, mengubur mangga, pepaya dan semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan mereka terhadap sang dewa.

JERMAN

Menurut kepercayaan orang Jerman, jika mereka makan sisa hidangan pesta perayaan New Year’s Eve di tanggal 1 Januari, dipercaya mereka tidak akan kekurangan pangan selama setahun penuh.
Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajikan di hari istimewa ini ialah ikan mas. Yang unik, duri ikan mas tersebut akan dibagikan kepada para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm di tahun itu.

YUNANI

Menurut orang Yunani buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan.
Pada setiap tanggal 1 Januari, mereka , menebarkan biji buah delima ke arah pintu rumah, toko atau perkantoran.

ITALIA

Di Naples, salah satu kota di Italia ada suatu kebiasaan untuk melemparkan barang-barang yang sudah usang atau tidak terpakai lagi ke luar jendela tepat pada pukul 24:00 di tanggal 31 Desember.
Sehingga apabila Anda berjalan-jalan di Naples pada tanggal 1 Januari, jangan heran apabila banyak peralatan dapur, lemari es dan barang-barang rongsokan lainnya tersebar di jalanan.

SPANYOL

Ketika jam berdenting pada tengah malam tepat tanggal 31 Desember, orang-orang Spanyol biasanya makan anggur dan berdoa. Jumlah anggur yang dimakan hanya 12 biji, dengan maksud untuk 12 harapan pada setiap 12 bulan di tahun yang akan datang.

JEPANG Di setiap tahun baru, orang Jepang biasanya menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan awetan yaitu telur ikan (sebagai simbol kemakmuran), ikan sardin asap (biasa disebut tatsukuri, yang berarti tanah yang subur) dan manisan tumbuhan laut (yang merupakan simbol perayaan).

KOREA

Orang Korea mempunyai sapaan akrab di setiap tahun baru “Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?”. Menurut kepercayaan orang Korea, apabila pada malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau thuck gook, maka mereka tidak akan menjadi tua di tahun itu.

Dari berbagai sumber

January 12, 2009 - Posted by | HARUSNYA ANDA KETAHUI, YANG ANEH UNIK DAN MENARIK | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: