falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “DATA DAN FAKTA SEORANG (CRISTIANO RONALDO)”.

Informasi pribadi Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro

  • Nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
  • Tanggal lahir 5 Februari 1985 (umur 23)
  • Tempat lahir Funchal, Madeira, Portugal
  • Tinggi 1.84 m (6 ft 0 in)
  • Posisi bermain Sayap kanan, Penyerang

Informasi klub

  • Klub saat ini Manchester United F.C.

  • Nomor 7

Klub junior

  • CF Andorinha
  • CD Nacional
  • Sporting CP


Klub senior


Tahun Klub Tampil (Gol)

  • 2001–2003 ( Sporting CP ) ( 25 (3)
  • 2003– ( Manchester United ) (180 (74)

Tim nasional

  • 2003– Portugal ( 61 (21)

catatan

1 Penampilan dan gol di klub senior
hanya dihitung dari liga domestik dan
akurat per 22:14, 14 Januari 2009 (UTC).

2 Penampilan dan gol di tim nasional
akurat per 18:32, 26 Desember 2008 (UTC).

DATA DAN FAKTA

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (lahir di Funchal, Portugal, 5 Februari 1985; umur 23 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Portugal. Ia saat ini membela klub Manchester United, bermain sebagai sayap kiri. Ia mulai dipanggil ke tim nasional sepak bola Portugal sejak tahun 2003.

Ronaldo Lahir di Madeira, Portugal, anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana Cátia. Liliana Bekerja sebagai penyanyi dengan nama panggung “Ronalda” di Portugal.Nama kedua yang diberikan kepada Cristiano (“Ronaldo”) relatif langka di Portugal.

Ronaldo adalah pemain sepak bola yang dapat bermain dengan kedua kakinya, yang membuat dia dapat bermain di mana saja: kanan, kiri atau melalui tengah. Ini mengakibatkan Ronaldo dan rekannya sesama pemain sepak bola di Manchester United Ryan Giggs dapat saling bertukar posisi.

Ronaldo memiliki kemampuan teknik yang hebat.Di samping gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya.

Masa Kecil

Cristiano sejak kecil merupakan kesayangan keluarganya, dia selalu mendapat dukungan dari keluarganya dalam segala hal.dia dikenal anak yang selalu ingin menang. Di sekolahnya dia menggemari sepak bola, dia selalu punya akal agar dapat bermain bola. Jika dia tidak menemukan bola, maka ia akan membuat bola dari gulungan kaos kaki teman-temannya.

Karir

Sporting Lisbon (1999-2003)

Manchester United (2003–sekarang)

Mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Eropa Tahun 2008

Mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Dunia versi FIFPRO

Mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2008

catatan lain

Cristiano Ronaldo termasuk pemain revolusioner yang memberi warna baru di sepak bola. Lihat saja olah bolanya. Meski posisi naturalnya gelandang sayap, bintang Manchester United ini mudah mencetak gol layaknya striker.

MU menggaetnya dari Sporting Lisbon pada awal musim 2003-04 dengan tebusan 12,24 juta pounds (sekitar Rp221,291 miliar). Pemincunya MU baru saja beruji coba dengan Sporting. Di pesawat sekembali dari Portugal, sejumlah pemain MU yang terpesona kepadanya mendesak manajer Sir Alex Ferguson untuk merekrut Ronaldo.

Keputusan Ferguson meluluskan permintaan para pemainnya tidak sia-sia. Di MU, Ronaldo berkembang menjadi pemain yang istimewa. Pada musim pertama dia sudah mengundang decak kagum. Salah satunya karena mencetak satu dari tiga gol MU di final Piala FA melawan Milwall.

Musim 2004-05, Ronaldo makin berkembang. Permainannya lebih efektif. Ronaldo tidak lagi gemar pamer olah bola yang atraktif belaka. Ini mengantarnya mendapatkan penghargaan FIFPro Special Young Player of the Year 2005.

Koleksi gelarnya bertambah lagi di musim 2005-06. Ronaldo mengantar MU meraih gelar juara Piala Liga Inggris, setelah mengalahkan Wigan Athletic 4-0. Lagi-lagi Ronaldo menyumbang satu gol di partai final.

Menjelang musim 2006-07, Piala Dunia 2006 bergulir. Di ajang tersebut, Ronaldo menjadi sorotan karena dianggap memperovokasi wasit untuk mengeluarkan rekan setimnya, Wayne Rooney dalam partai Inggris versus Portugal. Kejadian ini sempat membuat Ronaldo dicemooh fans dan dikabarkan akan pindah dari MU.

Kenyataan yang terjadi bertolak belakang. Ronaldo bertahan di MU, meski mendapat tekanan besar. Hebatnya dia membuktikan dirinya bintang sejati. Begitu tertekan, penampilannya melonjak drastis. Ronaldo berkembang menjadi pemain produktif. Faktanya, 17 gol dicetaknya di musim 2006-07. Gol-gol itu berperan besar mengantar MU menjuarai Premier League.

Namun Ronaldo tidak mau berhenti. Di musim 2007-08, dia kembali memperlihatkan dirinya mampu tampil lebih baik. Terbukti jumlah golnya di Premier League di musim lalu sudah terlampaui. Jika terus seperti ini, tidak aneh jika suatu saat Ronaldo akan menjadi pemain terbaik di dunia.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Cristiano_Ronaldo dan tambahan lain dari berbagai sumber

January 19, 2009 - Posted by | DUNIA OLAH RAGA, TOKOH-TOKOH | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: