falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “DATA DAN FAKTA SEORANG (FRANCK RIBERY)”.

Informasi pribadi Franck Ribéry Nama panggilan :

Scarface (“Si Codet”),

The Magician (Sang Pesulap), FerraRibery

  • Tanggal lahir 7 April 1983 (umur 25)
  • Tempat lahir Boulogne-sur-Mer, Perancis
  • Tinggi 175 cm
  • Posisi bermain Gelandang Menyerang

Informasi klub

Klub saat ini Bayern Muenchen

Klub senior

Tahun Klub Tampil (Gol)

  • 2001-2002 ( US Boulogne ) ( 24 (5)
  • 2002-2003 ( Olympique Alès ) ( 18 (1)
  • 2003-2004 ( Stade Brestois 29 ) ( 35 (3)
  • 2004 ( FC Metz ) ( 20 (2)
  • 2005 ( Galatasaray ) ( 14 (0)
  • 2005-2007 ( Olympique Marseille ) ( 54 (12)
  • 2007- ( Bayern Muenchen ) ( 4 (1)

Tim nasional

  • 2006 – Perancis 19 (2)

catatan

1 Penampilan dan gol di klub senior
hanya dihitung dari liga domestik dan
akurat per 2 September 2007.

2 Penampilan dan gol di tim nasional
akurat per 2 September 2007.

Data dan fakta

Franck Ribéry (lahir pada tanggal 7 April 1983, di Boulogne-sur-Mer) adalah seorang pemain sepak bola Perancis yang bermain untuk Olympique Marseille pada posisi tengah menyerang atau sayap kiri dan kanan, dan baru-baru ini dinobatkan oleh beberapa media Perancis sebagai penerus dari pemain legenda Zinedine Zidane, karena penampilannya yang terus membaik. Pada usia mudanya dia mengalami kecelakaan sehingga meninggalkan bekas di bagian kanan muka dan dahinya. Ribery kini bermain bagi FC Bayern Muenchen dengan mengenakan nomor punggung 7

Ribéry memeluk agama Islam dan menjadi Muslim setelah menikah dengan istrinya yang keturunan Maroko.

Kesuksesan Bayern Muenchen di musim ini tak terlepas dari campur tangan seorang Franck Ribery. Performa bagusnya di lini tengah membuat The Bavarian tak kesulitan membuahkan kemenangan.

Namun performa seperti itu sudah tampak sejak usia remaja. Semua itu didapatnya setelah mengalami pahit manisnya sebagai seorang pesepakbola.

Inilah sepuluh hal yang paling menarik mengenai Franck Ribery:

10. Franck Ribery adalah nama awalnya saat lahir dan besar di Boulogne-sur-Mer, Prancis 7 April 25 tahun silam. Setelah menjadi muslim, dia menambahkan nama Bilal di tengah namanya itu, menjadi Franck Bilal Ribery.

9. Ribery memulai karir profesionalnya di US Boulogne di musim 2001/02, setelah dua musim masuk dalam tim junior.

8. Empat tahunnya di dunia sepakbola profesional, Ribery kerap berganti-ganti klub. Selain US Boulogne, tiga tim Ribery lain adalah Olympique Ales, Stade Brestois dan FC Metz.

7. Galatasaray Turki menjadi tim asing pertama Ribery. Namun di klub Turki ini perjalanan karirnya tidak berjalan lama karena di pertengahan musim Ribery memutus kontraknya setelah tidak digaji selama empat bulan, dan kemudian hijrah ke Olympique Marseille.

6. Transfer Ribery dari Galatasaray ke Marseille dinilai bermasalah hingga akhirnya kasus tersebut dibawa ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS). Setelah proses panjang pengadilan, Ribery tetap diklaim sah menjadi milik Marseille oleh FIFA.

5. Ribery mendapat caps pertamanya bersama Prancis saat Les Bleus menang 1-0 atas Meksiko pada 27 Mei 2006. Di laga tersebut, ia masuk menggantikan David Trezeguet di menit 74.

4. Ribery identik dengan luka sayat di wajahnya. Bekas luka itu didapatnya saat terlibat dalam kecelakaan kala dia masih berusia dua tahun. Ribery mendapat 100 jahitan lebih di bagian kanan wajahnya.

3. Wahiba adalah istri Ribery, ibu dari dua putri yang merupakan buah hati mereka, Hizya dan Shakinez. Karena Wahiba-lah Ribery berganti keyakinan.

2. Ribery merupakan mualaf yang taat. Selain menjalankan ibadah secara rutin, dia juga selalu berdoa dengan khusyuk sesaat sebelum pertandingan dengan mengangkat tangannya.

1. Ribery termasuk pesepakbola sukses. Di usianya yang baru 25 tahun, dia sudah mengoleksi berbagai gelar, antara lain satu gelar Fortis Piala Turki bersama Galatasaray di musim 2004/05, Piala Intertoto bersama Maeseille di tahun 2005, Piala Liga Jerman bersama Bayern Muenchen di tahun 2007, Piala Jerman dan Bundesliga Jerman di tahun 2008, Penghargaan Pemain Terbaik Prancis di tahun 2007 dan 2008, juga Pesepakbola Jerman terbaik di tahun 2008.

Sumber :

January 19, 2009 - Posted by | DUNIA OLAH RAGA, TOKOH-TOKOH | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: