falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI (2)”.

INILAH HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI :

1. BUKU RAHASIA PENGOBATAN

Boerhaave, seorang dokter Belanda dan penulis buku “Elementa hemiae”, meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul “The Onliest and The eepest Secrets of The Medical Art” (Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan).

Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yang telah mengeluarkan uang senilai $ 20.000 dalam emas membawa pulang buku itu.Saat segel dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100‚ halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, cuma terdapat tulisan pendek: “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”

2. JUMLAH KONSUMSI DONAT

Diperkirakan jumlah Donat yang telah dimakan oleh orang Amerika mencapai 10 milyar, dimana penghasil donat terbanyak diklaim oleh Dunkin Donuts yang menyatakan menjual 4 Juta donat setiap harinya.

3. BAHASA SANSEKERTA

Bahasa sanskrit (sansekerta) termasuk dalam bahasa tertua di dunia yang masih ada dan digunakan, belum bisa dipastikan dari mana asal mulanya, namun menurut penelitian bahasa sanskrit berasal dari Indus (perbatasan Pakistan-India) sekitar 2000 tahun sebelum masehi.

Bahasa sanskrit dahulu kala digunakan oleh masyarakat golongan tertentu seperti Brahma, orang terpelajar dan raja-raja. Bahasa sanskrit sangat kental pengaruhnya dalam kitab-kitab kuno di wilayah asia, bahkan di kitab-kitab kuno Indonesia, sehingga tidak heran banyak kosakata bahasa Indonesia mirip dengan kosa kata bahasa sansekerta.

4. NEGARA PENGKONSUMSI BIR TERBESAR DI DUNIA

Penduduk Negara manakah yang paling banyak mengkonsumsi minum bir per kapita pertahun ? Dengan rekor 160 liter bir yang diminum tiap orang per tahun, maka negara czech adalah negara yang memiliki penduduk paling banyak menghabiskan bir perkapita per tahun. Rekor ini hanya bisa disaingi oleh penduduk Jerman yang hanya menghabiskan bir 127 liter pertahunnya.

5. PENEMU PERTAMA BENUA AMERIKA

Siapa yang mendahului Columbus menemukan benua Amerika ? Admiral Zheng He(Cheng Ho), 70 tahun lebih awal tiba di Amerika dibandingkan Colombus.

Penjelajahannya hingga mencapai benua Amerika mengambil waktu antara tahun 1421 dan 1423. Membawa armada 100 kapal dan sekitar 28,000 anak buah kapal. Armada kapal Zheng He berlayar menyusuri jalur selatan melewati Afrika dan sampai ke Amerika.

6. SIAPAKAH UNCLE SAM (PAMAN SAM)..?

Siapakah ‘Paman Sam (Uncle Sam)’ yang menjadi salah satu ikon bangsa Amerika ?

Dia adalah Samuel Wilson seorang pebisnis dari Troy, New York, yang mensuplai daging untuk angkatan darat Amerika pada perang 1812. Kotak-kotak tersebut diberi label US, orang-orang menyebutnya United State padahal itu kepanjangan dari ‘Uncle Sam’

‘Uncle Sam’ menjadi terkenal setelah kartunis James Montgomery Flagg pada tahun 1916 menjadikannya ikon poster untuk merekrut tentara menghadapi perang dunia I, poster itu menggambarkan ‘Uncle Sam’ menunjuk tangannya dengan tulisan besar dibawahnya
“I Want You!”

7. ASAL MULA PALANG MERAH

Seorang pebisnis swiss yang pada tahun 1859 yang mengadakan lawatan bisnis ke Italia terkejut bukan kepalang ketika meyaksikan lebih dari 9000 orang terluka akibat perang Austria dan Perancis tanpa perawatan apapun.

Setelah ia pulang ke Geneva, dia membuat buku dengan judul ‘A Memory of Solferino’, yang laris manis dan mengilhami Perkumpulan Amal Geneva bersama henry dunant mengadakan Komite Internasional Palang Merah February 1863. Dan sejak itulah palang merah menyebar keseluruh dunia.

8. VERSI ALPHA DAN BETA

Mengapa sesuatu yang baru selalu disebut versi beta ? Ceritanya tahun 1960 IBM mencoba sebuah mesin yang disebut Alpha (abjad pertama dari alfabet) dab Beta (abjad kedua dari alfabet) sebagai sistem operasinya.

Lama kelamaan maknanya berubah, produk apapun yang diluncurkan sering disebut Alpha jika itu diluncurkan pertama kali dan biasanya untuk kalangan internal, sedangkan setelah diperbaiki versi selanjutnya disebut Beta yang biasanya diluncurkan untuk umum namun terbatas

Sekarang banyak orang yang memburu produk-produk versi beta, selain biasanya gratis, jika versi beta produk tanpa cacat berarti para pemburu versi beta termasuk pengguna pertama dan ada kebanggaan tersendiri sebagai pengguna pertama.

Dari berbagai sumber

Advertisements

January 23, 2009 - Posted by | HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, TAHUKAH ANDA | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: