falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI (4)”.

INILAH HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI :

1. LAMPU LALU LINTAS PERTAMA

Lampu lalu lintas pertama kali ada di persimpangan London,tahun 1868, berisi gas yang diselubungi kurungan warna merah,dan hijau. Kemudian pada tahun 1920 ada yang lebih modern,diciptakan oleh Garrett Augustus Morgan di Detroit Amerika Serikat untuk signal kereta api yang selanjutnya ia patenkan dan kita gunakan hingga kini.

2. FAKTA SIDIK JARI

Sidik jari manusia merupakan bukti materi yang amat penting.
Tak ada sidik jari yang identik di dunia ini sekalipun diantara dua saudara kembar. Dalam dunia sains pernah dikemukakan, jika ada 5 juta orang di bumi, kemungkinan munculnya dua sidik jari manusia yang sama baru akan terjadi lagi 300 tahun kemudian.

3. JUMLAH UANG LOTERE YANG TIDAK DI KLAIM

Berapakah jumlah total uang yang seharusnya menjadi milik para pemenang lotere di Amerika Serikat namun tidak di klaim atau tidak diambil ? Sekitar 44 Milyar US dollar, uang yang tidak di klaim tersebut oleh pemerintah AS disalurkan ke untuk kepentingan masyarakat seperti pembangunan sarana transportasi, pendidikan dan kesehatan.

4. UNIVERSITAS TERTUA

Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir adalalah universitas paling tua di dunia, seumur dengan kota Kairo itu sendiri yang didirikan tahun 969 Masehi. Al-azhar di tahun 975 Masehi merupakan pioner dari sistem pelajaran yang maju dimana kurikulumnya pada saat itu sudah mengajarkan hirarki yang jelas antara pengajar tetap maupun profesor tamu, selain itu sudah adanya pelajaran/gelar Teknik dan Pengobatan.

Eropa sendiri baru memiliki universitas tahun 1088 di Bologna, Italia dan Amerika baru memiliki universitas tahun 1636 yaitu Harvard yang didirikan di Cambridge, Massachusetts, tidak lama setelah penjajahan Inggris tiba di Massachusetts Amerika.

5. PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS

Menurut perkiraan British Council, Setengah penduduk dunia diperkirakan akan mampu berbahasa Inggris sepuluh tahun mendatang. 2 Triliun Manusia penghuni dunia diharapkan akan segera belajar bahasa Inggris dan tiga miliar lainnya akan segera mampu berbicara dalam bahasa ini.

6. ASAL MULA PAYUNG DI TEMUKAN

Bagi kita tampaknya wajar saja untuk memakai payung saat hujan. Tapi sebenarnya payung tidak diciptakan sebagai perlindungan terhadap hujan. Mulanya digunakan untuk melindungi diri dari panas matahri.

Tidak ada yang siapa yang pertama kali menciptakan payung, tapi payung sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Mungkin orang Cina yang pertama kali menggunakannya, pada abad kesebelas sebelum Masehi.

Kita tahu bahwa payung digunakakan oleh bangsa Mesir kuno dan Babilonia sebagai pelindung dari panas matahari. Dan ada hal aneh ynga berhubungan dengan penggunaan ini, payung menjadi simbol kehormatan dan otoritas. Di Timur Jauh pada jaman kuno, payung hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan atau bagi para pejabat tinggi.

Di Eropa, orang Yunani adalah yang pertama kali menggunakan payung sebagai pelindung dari Matahari. Dan payung menjadi umum di Yunani kuno. Tapi kono orang pertama yang menggunakan payung sebagai pelindung dari hujan adalah orang Romawi kuno.

Pada Abad Pertengahan, penggunaan payung bisa dikatakan lenyap.Kemudian muncul lagi di Italia pada akhir abad keenambelas. Dan sekali lagi dianggap sebagai simbol kekuasaan dan otoritas. Pada tahun 1680, payung muncul di Perancis, dan kemudian di Inggris.

Pada abad kedelapan belas, payung digunakan pada waktu hujan hampir di seluruh Eropa. Payung tidak banyak berubah dalam gayanya selama masa ini, walaupun memang menjadi lebih ringan. Baru pada abad keduapuluh payung wanita mulai dibuat dalam berbagai warna.

Dari berbagai sumber

January 23, 2009 - Posted by | FAKTA ATAU MITOS, HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, TAHUKAH ANDA, YANG ANEH UNIK DAN MENARIK | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: