falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM KITA KETAHUI (3)”.

INILAH HAL-HAL YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI :

1. WARNA MOBIL SILVER DAN KESELAMATAN

Mobil berwarna silver ternyata terbukti jarang terlibat kecelakaan dibandingkan warna-warna lain, demikian hasil penelitian University of Auckland di Selandia Baru yang dilaporkan British Medical Journal. Dalam laporan hasil penelitian ini, pengendara mobil berwarna coklat, hitam atau hijau terbukti yang paling besar persentasenya mendapati kecelakaan. Penelitian difokuskan pada 571 kecelakaan antara 1998 sampai 1999.

Masih menurut artikel tersebut, dibandingkan mobil berwarna putih (warna paling popular di Eropa dan sejumlah negara maju lainnya) pengendara mobil silver punya kemungkinan separuh lebih kecil mendapati kecelakaan. Penelitian sebelumnya menunjukkan mobil berwarna terang memang lebih jarang terlibat kecelakaan.

2. KASUS BUNUH DIRI DAN PEMBUNUHAN

Di Amerika kasus orang bunuh diri lebih banyak dari kasus pembunuhan. Aksi bunuh diri di Amerika Serikat terjadi setiap 2 jam 2,5 menit, ada 734.000 kasus percobaan bunuh setiap tahunnya di Amerika, dan yang paling banyak melakukan aksi bunuh diri berusia antara 10 hingga 14 tahun.

3. ASAL MULA ISTILAH HORSE POWER

Dari James Watt sang penemu mesin uap, yang pada saat itu dia gunakan istilah tersebut untuk meyakinkan orang-orang untuk membeli mesin uap ciptaannya.

James Watt membandingan mesin ciptaanya dengan kuda poni yang menarik pedati berisi batubara yang selalu lewat di bengkel tempat dia bekerja. Meskipun banyak yang menolak model perhitungan James Watt, namun hingga kini istilah tenaga kuda tetap dipakai sebagai perbandingan keperkasaan sebuah mesin.

4. HAMBURGER

Hamburger menjadi makanan terkenal ternyata melalui perjalanan yang sangat panjang. Pada tahun 1200 tentara Jengis Khan meramu semacam makan dari daging kambing yang diselipkan di bawah sadel kuda, ketika Mongol menjajah Rusia makanan ini kemudian dikenal oleh penduduk Rusia sebagai Tartar Steak (orang Rusia menyebut bangsa Mongol sebagai bangsa Tartar). Sekitar tahun 1600-an Rusia melakukan perdagangan dengan orang-orang di pelabuhan Hamburg Jerman dan Tartar steak dibawa sebagai bagian dari muhibah perdagangan tersebut.

“Hamburg steak” kemudian terkenal sekitar tahun 1800-an ketika para pelaut Jerman menjelajah tanah harapan, Amerika. Tak lama kemudian “Hamburger steak” muncul di daftar menu dari New York’s Delmonico’s restaurant tahun 1820-1830.

Akhirnya makanan rehat tentara Mongol dengan nama Jerman menjadi menu utama makanan siap saji di restoran-restoran maupun rumah-rumah Amerika, Hamburger.

5. FAKTA TENTANG “SOS”.

Tanda bahaya dalam keadaan darurat adalah SOS. Banyak yang mengatakan, SOS adalah singkatan “Save Our Soul”. Tetapi ini sebenarnya keliru. SOS bukanlah singkatan.

Huruf SOS dipilih karena tanda ini dapat dengan mudah diingat bila dituliskan dalam kode Morse (alfabet yang digunakan pada telegraf). Dengan kode morse, tanda SOS terbentuk dari tiga titik tiga garis dan tiga titik.

Tanda SOS pertama kali digunakan oleh kapal legendaris “Titanic” saat menjelang ajalnya. Namun sayangnya tanda SOS saat itu belum dikenal luas. Tidak heran pada saat musibah Titanic, kapal-kapal di sekitarnya terlambat merespon dan memberi bantuan.

Sebagai alternatif lain dari SOS adalah “Mayday”, yang biasanya diucapkan lewat hubungan komunikasi radio.
Kata “Mayday” berasal dari kata : “m’aidez” – bahasa Perancis yang berarti “Tolong Saya”.

6. KAPAL TANKER TERBESAR DI DUNIA

Kapal tanker terbesar di dunia, Jahre Viking dengan lebar 69 meter dan panjang 458 meter, 77 meter lebih panjang dari Empire State Building New York. Bisa membawa minyak bumi sekitar 14 juta barel yang bisa menghidupi seluruh kendaraan bermesin di muka bumi ini selama 2 minggu

7. FAKTA TENTANG SELAI KACANG SKIPPY

Selai kacang skippy (Skippy Peanut Butter) terjual 3 stoples setiap 1 detik. Warga Amerika minimal mengkonsumsi 1,5 Kg selai kacang Skippy setiap tahunnya.

Pabrik selai kacang Skippy memproduksi hingga 400.000.000 ton selai kacang setahunnya dengan lebih dari 90.000.000 stoplesb yang terjual rata-rata setahun, jika stoples-stoples itu
dijajarkan di muka bumi maka cukup mengelilingi sebanyak 1,3 kali.

8. FAKTA AIR DAN RASA PEDAS

Kenapa minum air tidak mengurangi rasa pedas di lidah kita ? Seperti pelajaran di sekolah dasar, minyak dan air tak bisa bersatu, makanan pedas adalah berminyak, sehingga seberapa banyak kita minum air, tetap rasanya pedasnya tak kan hilang. Cobalah minum susu, karena susu memiliki substansi yang dinamakan “casein” yang bisa ‘mencuci’ lidah kita dari minyak.

Selain itu anda bisa mencoba roti tawar atau alkohol, tapi siapa yang mau mencoba lidah kita yang kepedesan disiram alkohol, alih-alih mau menghilangkan pedas justru mabuk yang didapat.

Dari berbagai sumber

Advertisements

January 23, 2009 - Posted by | FAKTA ATAU MITOS, HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, TAHUKAH ANDA, YANG ANEH UNIK DAN MENARIK | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: