falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “6 JENIS PENYAKIT SEKSUAL MENULAR (PMS) YANG SERING TERJADI”.

Dari berbagai macam jenis penyakit menular seksual (PMS), ada enam jenis PMS yang paling sering dialami oleh umumnya masyarakat di Indonesia.

Diantaranya adalah Infeksi Jamur, Syphilis, Vaginistis Bisul Pada Alat Kelamin Kutu Kelamin dan Kutu Di Bawah Kulit. Keenam jenis PMS ini sangat patut dihindari oleh pasangan bercinta, umumnya masyarakat luas.

Itulah sebabnya, hubungan seks yang sehat sangatlah diperlukan guna menghindari PMS yang kerap menghantui setiap pasangan seksual. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut.

1. Infeksi Jamur

Infeksi Jamur ini disebabkan oleh jamur. Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit lelaki yang tidak disunat. Pada perempuan, akan keluar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal. Namun, dapat disembuhkan dengan krim anti jamur

2. Syphilis

Syphilis disebabkan oleh bakteria. Lesi muncul antara tiga minggu sampai tiga bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini. Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit.

Luka ini akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagian tubuh lain. Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin. Sedangkan pada perempuan, lesi dapat tersembunyi pada vagina

3. Vaginistis

Vaginistis yakni infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan. Ini disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur.

Ini juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina. Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop. Pada umumnya, dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

4. Bisul Pada Alat Kelamin

Bisul Pada Alat Kelamin disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV). Ia muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit tersebut.

Pada umumnya, tidak dapat terlihat pada perempuan karena terletak di dalam vagina, atau pada lelaki karena terlalu kecil. Ini dapat diuji dengan lapisan cuka.

Ini bisa berakibat serius pada perempuan, karena dapat menyebabkan kanker cervix. Bisul pada kelamin ini bisa disembuhkan, perempuan harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim.

5. Kutu Kelamin

Kutu Kelamin sangatlah kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwarna kelabu kecoklatan dan menetap pada rambut kemaluan. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin

6. Kutu Di Bawah Kulit

Kutu Di Bawah Kulit lebih mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit. Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh.

Dapat diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh. Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat saja menetap pada kain-kain tersebut.

Sumber : http://www.perempuan.com/

January 25, 2009 - Posted by | ARTIKEL KESEHATAN, HARUSNYA ANDA KETAHUI, INFO KELUARGA, INFO REMAJA DAN PERCINTAAN, INFO SEXOLOGY | , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: