falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MELIHAT “SIFAT DAN KEPRIBADIAN BERDASARKAN CARA MEMBERSIHKAN RUMAH”.

Cara anda membersihkan rumah dapat mencerminkan gaya anda sebagai orangtua. Pendekatan anda dalam membersihkan rumah mencerminkan kepribadian dan didikan yang anda terima. Jadi bagi kaum lelaki sebaiknya anda simak beberapa gabungan kedua faktor ini mampu mempengaruhi cara pasangan anda dalam membesarkan atau mengasuh anak-anak anda berdua nantinya.

Apabila pasangan anda membersihkan rumah dengan dasar sesuai kebutuhan, bukan karena segera membersihkannya. Fokus pada daerah yang paling sering dilalui dan menjaga rumah tetap rapi tapi tidak sampai mengkilap kecuali saat ada tamu. Maka hal ini menandakan bahwa dia adalah teman bermain. Biasanya dia tidak akan membersihkan dapur jika anak mengajaknya main scrabble atau jalan-jalan di taman.

Dia akan menggunakan kesempatan yang ada untuk menghibur anak-anaknya. Tetapi dia tidak mudah marah, kecewa atau risau dan mengasuh anak dengan pendekatan yang sama seperti dia membersihkan rumah. Hal ini mengakibatkan dia tidak ribut atau jengkel jika ruangan berantakan atau orang lupa mengucapkan terima kasih. Dia akan lebih senang melihat anak melakukan sesuatu yang baik dan memuji mereka. Sebagai akibatnya, gaya dia dalam mengasuh anak membangkitkan perilaku terbaik dari anak dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Sikapnya yang positif dalam memandang kegagalan (lihat semua yang anda pelajari saat berusaha keras untuk memenangkan regunya) membuat anak-anak lebih berani mengambil resiko. Studi ini mengaitkan sifat ini dengan kreativitas dan sukses. Kelemahannya adalah terkadang ragu saat harus mendisiplinkan anak karena dia tidak ingin dianggap orangtua yang jahat. Jangan khawatir karena semua anak perlu aturan dan batasan-batasan. Pada kenyataan studi menunjukkan, larangan atau kata tidak yang wajar dan masuk akal justru membuat anak merasa lebih disayang.

Bila pasangan anda lebih senang memberikan ruang demi ruang, seperti Senin membersihkan dapur, Selasa, membersihkan ruang tamu dan seterusnya. Biasanya dia akan merasa tidak jalan apabila tidak menaati jadwal dan tidak pernah mengerjakan tugas apapun tanpa membuat perencanaan. Hal ini menandakan bahwa dia adalah seorang pemimpin.

Jika dia ingin menyelesaikan sesuatu, minta tolong orang yang sibuk, sangat cocok untuknya karena dia mengetahui menggunakan waktu secara efisien. Dia juga juga mencoba mengajarkan ketrampilan ini kepada anak. Sama seperti orang berprestasi tinggi yang mereka banggakan dan teladani, mereka cenderung terlibat dalam segala sesuatu. Mulai dari sport hingga menjadi pemandu. Pengalaman-pengalaman ini akan berguna bagi mereka saat memasuki dunia kerja. Jika krisis tidak terduga dan mendadak muncul menghambar rencana A, coba tarik nafas dalam dan ikuti arus atau terima saja. Dengan begitu dia akan lebih rileks, begitu juga anak-anak.

Tapi apabila dia merasa sulit untuk tenang saat masih banyak piring kotor di dapur dan selalu menyediakan banyak waktu untuk membersihkan rumah apabila memungkinkan. Menggosok bagian yang jarang dilihat orang dengan membersihkan bagian yang sering dilihat maka menandakan bahwa dia adalah seorang guru. Sama seperti tidak satu pun sudut di dalam rumahnya yang luput dari perhatiannya, tidak satu pun aspek dari hidup anak yang tidak diperhatikannya. Mulai dari hal-hal sepele hingga hal-hal penting.

Biasanya dia akan menjelaskan secara rinci apa saja yang harus dilakukannya untuk menjaga keselamatan diri. Dia akan selalu memberikan 100% perhatian dan waktunya. Sikapnya yang tidak terima hal-hal yang tidak masuk akal mengajari anak-anak taat pada peraturan dan respek pada otoritas. Sikap seperti ini membantu anak-anak berprestasi baik di sekolah dan dalam hidup.

Dia memang memiliki standar tinggi untuk rumah dan anak. Untuk memastikan anak memenuhi standarnya maka berilah mereka cukup banyak waktu senggang untuk menekuni minat-minat mereka. Dengan cara ini, mereka akan memiliki kecukupan energi untuk mengejar impian-impian mereka. Jadi anda bisa mengenali apakah pasangan anda memang seseorang yang tepat untuk anda jadikan pasangan hidup anda.

Sumber : http://www.perempuan.com/

January 27, 2009 - Posted by | ARTIKEL PSIKOLOGI, INFO KELUARGA, INFO REMAJA DAN PERCINTAAN, MELIHAT SIFAT DAN KEPRIBADIAN | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: