falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “PARA TOKOH-TOKOH HEBAT DI BALIK DUNIA PENERBANGAN.”

Setelah temuan Wright bersaudara, tercatat banyak nama yang kemudian memajukan dunia penerbangan. Dibawah ini adalah tokoh-tokoh hebat di dunia penerbangan. Bukan sebagai pilot, tetapi sebagai pionir dari dunia penerbangan.

Anthony Herman Gerard Fokker

Siapa kira, putra pemilik perkebunan kopi di Blitar, Jawa Timur, ini jadi tokoh penerbangan termasyur. Tahun 1930 saja, 65 persen dari transportasi dunia dilayani pesawat Fokker, pabrik yang didirikannya 22 Februari 1912 dari modal menyelundupkan 400 mesin dan 120 pesawat D.VII ke Belanda dari Jerman.Termasuk pesawat Fokker Triplane “Richtoffen Circus” D.VII, salah satu maha karyanya dari 250 jenis pesawat yang dibuatnya antara kedua perang dunia. Fokker dilahirkan di Blitar, 6 April 1890.Perusahaan Fokker yang didirikannya sempat merajai industri pesawat. Namun karena terbelit utang Fokker gulung tikar 15 Maret 1996. Fokker wafat tahun 1939 di New York, akibat penyakit meningitis tulang belakang yang dideritanya.

Andrei Nikolaevich Tupolev (1888-1972)

Spesialis perancang pembom dan pesawat airlines asal Rusia. Pernah dipenjara semasa kekuasaan Stalin, lantaran dianggap pernah merancang pemburu Bf-110 milik Nazi. Salah satu karya legendarisnya adalah Tu-16 Badger yang dibuat pada tahun 1957 dan masih dipakai sampai saat ini. Selain itu masih ada lagi Tu-144. Saingan Concorde ini, merupakan jet penumpang supersonik pertama di dunia yang terbang.

Baharuddin Jusuf Habibie

Pria inilah insan penerbangan paling populer di Indonesia. Pernah jadi Dirut IPTN, Wakil Presiden dan Presiden RI. Tokoh utama IPTN yang di masa mudanya sering berkirim surat kepada Nurtanio ini, meraih gelar Doktor dari Rheinisch-Westfaelische Technische Hochschule, Aachen, Jerman Barat (1965). Keinginannya mensejajarkan Indonesia dengan negara maju, membuatnya sebagai orang paling penting dibalik proyek CN-235, N250, dan N2130. Kala di Jerman, Habibie menghasilkan, antaranya, pembangkit bertekanan tinggi dari bagian reaktor atom untuk Atom Center Julich. Juga pernah menjadi wakil presiden direktur Messerschmitt Bolkow-Blohm. Kelahiran Parepare, 25 Juni 1936 ini, turut mendesain proyek satelit, rudal, dan pesawat militer Tornado dan Airbus A300

Clyde V Cessna

Berawal dari kunjungannya ke sebuah pertunjukan udara di tahun 1911, petani asal Kansas ini membeli sebuah Bleriot. Bermodalkan pesawat inilah Cessna (1880-1954) membuat pesawat bersayap tinggi tunggal. Model A, begitu ia menyebut, yang kemudian diproduksi secara massal dari pabriknya di Wichita, tahun 1927. Ironisnya, karena beberapa tekanan pada tahun 1935, Cessna dipaksa menjual usahanya kepada keponakannya, Dwane Wallace. Cessna kembali ke pertanian. Walau begitu, namanya masih dipakai pesawat kini. oleh perusahaan yang telah memproduksi lebih dari 178.000.

Donald Wills Douglas (1892-1981)

Setelah membantu Martin mewujudkan pesawat pembomnya tahun 1917, Douglas membuat pabrik pesawat terbang sendiri tahun 1920. Tak lama kemudian, Ia mendapat pesanan dari AL dan AD Amerika. Tahun 1933 merupakan zaman keemasan Douglas dengan munculnya DC-1, DC-2, danDC-3. Sayangnya, tahun 1966 perusahaan ini mencapai titik nadirnya, hingga harus menggabungkan diri dengan McDonnell menjadi McDonnell Douglas dan kini bagian dari Boeing.

James McDonnell (1899-1980)

Walau besar di Arkansas, James sebenarnya bernenek moyang Skotlandia. Pertama kali mendisain pesawat tahun 1929. Setelah membuat rancangan untuk Martin, pada tahun 1939, James mendirikan pabrik pesawat di St. Louis. Tuan Mac tidak pernah membayangkan kalau 27 tahun kemudian, Ia dapat bergabung dengan raksasa Douglas.

Edouard Nieuport (1875-1911),

Rancang pertama jenius asal Perancis (1875-1911) ini, adalah pesawat militer generasi pertama Bleriot. Hasil karya lainya yang cukup berhasil semasa PD I adalah pemburu Nieuport, pesawat pertama melakukan formasi to loop the loop, tahun 1912. Nieuport wafat tahun 1911.

Glenn Hammond Curtiss (1878-1930),

Awalnya adalah perancang sepeda kelahiran Kauka Lake Amerika, 21 Mei 1878. Sejak tahun 1908, Ia mulai beralih ke perancangan pesawat terbang. Karya pertamanya June Bug, diselesaikannya tahun itu juga. Karyanya yang melegenda adalah Curtiss P-40 Warhawk. Curtiss wafat tahun 1930. Tahun ini juga Curtiss terbang untuk terakhir kalinya dengan pesawat Curtiss Condor.

Howard Hughes (1905-1976),

Walau berbasis bintang layar lebar, bukan berarti milyuner Amerika ini tak tertarik dengan pesawat. Pada tahun 1935, Hughes membuat pesawat untuk adu kecepatan. Rekor yang dipecahkan pesawat buatannya, 600 kilometer per jam. Hughes makin kondang dengan rancangan yang spektakuler, si tambun Hercules, berbobot 180 ton dan berhasil mengudara pada tanggal 2 November 1947 dan lebih dikenal dengan sebutan Spruce Goose.

Leroy R. Grummann (1895-1982)

Insinyur asal Amerika dengan pemikiran cemerlang ini mengawali karirnya dengan bekerja pada Grover Loening. Tapi lantaran usaha Loening bangkrut, Grumman terpaksa membuka jasa perbaikan pesawat kecil-kecilan pada Januari 1930. Proyek pertamanya membetulkan sebuah pesawat amfibi, memicu perusahaannya menjadi salah satu penghasil pesawat besar di dunia. Grumman memimpin hingga tahun 1966.

Nurtanio Pringgoadisuryo

Pria bertubuh kecil kelahiran Kandangan, Kalimantan, 3 Desember 1923 ini, dikenal sebagai perintis industri penerbangan Indonesia. Bersama Wiweko Soepono, Nurtanio membuat pesawat layang Zogling NWG (Nurtanio-Wiweko-Glider) tahun 1947.Pembuat pertama pesawat all metal dan fighter Indonesia ini yang dinamainya Sikumbang, di susul Kunang-kunang (mesin VW) dan Belalang, juga membuat Gelatik (aslinya Wilga) serta mempersiapkan produksi F-27. Cita-citanya besar : keliling dunia dengan pesawat buatan bangsanya.Untuk itu, disiapkanya pesawat Arev (Api Revolusi), dari bekas rongsokan Super Aero buatan Cekoslovakia yang tergeletak di Kemayoran. Karena dedikasinya yang tinggi, setelah Nurtanio gugur dalam penerbangan uji coba Arev, 21 Maret 1966, namanya diabadikan menjadi Industri Pesawat Terbang Nurtanio (sekarang IPT-Nusantara).

Oleg K. Antonov (1906-1984),

Ahli perancang pesawat transport Rusia ini mengawali rancangannya dengan An-2 Colt, transport bi-plane bermesin tunggal dengan kemampuan gliding. 20.000 jenis ini diproduksinya sejak 1945. TNI AU pada era 60-an pernah memiliki hasil karyanya, yaitu An-12 Cub, pesaing Hercules asal Rusia. Pada tahun 1977, Antonov mendisain sebuah pesawat transpor terbesar di dunia, An-124 Ruslan.

Ramli Sumardi

Karena kepeduliaan Ramli lah, hingga hari ini, pecinta pesawat Indonesia masih bisa menyaksikan pesawat-pesawat yang pernah ada di tanah air. Sebuah museum hidup pesawat terbang bernama Amerta Dirgantara Mandala, didirikan marsekal muda purnawirawan ini di komplek Lanud Kalijati.Koleksi museumnya hingga saat ini, Piper Cub L-4J, Cessna 180, T-6G dan AT-16 Harvard, Grumman Goose, Lockheed 12, Dornier DO-28, Cessna 207, PZL-104 Gelatik. Ramli wafat 23 Januari 1986, setelah Dornier yang dikemudikan jatuh dekat Jatiluhur.

Reginald Joseph Mitchell

Tak banyak yang mengenal pria kelahiran Staffordshire, Inggris 20 Mei 1895. Mitchell bergabung dengan pabrik Supermarine pada tahun 1917. Tiga tahun kemudian, menjadi kepala perencanaan di pabrik pesawat Inggris itu.Hasil rancangannya yang paling spektakuler, Supermarine Spitfire, yang dibuatnya tahun 1935. Sayangnya Mitchell tak dapat menikmati kehebatan karyanya, lantaran keburu wafat pada 11 Juni 1937.

Sir Geoffrey de Havilland (1882-1965)

Perancang pesawat kelahiran Inggris tahun 1882 ini, menjadi kondang setelah bergabung dengan Aircraft Manufacturing Company (Airco) tahun 1914. Hasil karyanya selama PD I adalah D.H 1 dan D.H 2, serta pembom bersayap ganda D.H 4.Setelah PD I, de Havilland mendirikan pabrik pesawat.Rancangannya pesawat-pesawat angkut ringan. Karyanya yang cukup terkenal semasa PD II adalah D.H. 98 Mosquito. Sedangkan Comet 1, yang juga merupakan hasil karyanya, adalah jet penumpang pertama di dunia. Sir Geoffrey wafat pada tahun 1965.

Sir Henry Royce (1863-1933) dan Charles S. Rolls (1877-1910)

Boleh dibilang, kedua orang ini adalah maestro di bidang permesinan pesawat. Siapa tak kenal mesin legendaris Rolls-Royce Merlin. Charles pernah menyeberang Selat Inggris bolak-balik tahun 1910 dengan pesawat bersayap ganda Wright buatan Perancis.

William Boeing

Namanya cukup populer sebagai pendiri pabrik pesawat Boeing, gurita industri penerbangan baik sipil maupun militer. Lahir di Detroit, Michigan, Amerika pada 1 Oktober 1881. Setelah lulus dari Yale University, Boeing mendirikan sebuah industri pesawat dibantu Glenn Martin, 1916, dan memimpin sampai tahun 1934, sebelum akhirnya pindah ke bidang usaha lain.Rancangan pertamanya sebuah seaplane B&W yang terbang pada tahun itu juga. Produk Boeing yang cukup spektakuler pada PD II adalah B-29 Superfortress, pembom strategis pertama didunia. Sementera Jumbo B-747, pesawat penumpang terpopuler yang lahir pada akhir era 60-an. William wafat pada tahun 1956, setelah melihat perusahaannya memasuki era jet.

Wiweko Soepono

Banyak predikat disandangnya. Bapak two man cockpit Airbus, orang pertama terbang solo menyeberangi Samudera Pasifik menggunakan Beechcraft H-18, bapak aeromodeling, hingga pemegang 10 pilot license.Dari heli Hiller 360 sampai Airbus A300.Ketika memimpin Garuda, Wiweko menjadikan flag carrier itu kedua terbesar di belahan bumi Selatan, setelah Japan Air Lines, dengan 79 armada jet. Marsekal muda purnawirawan kelahiran Blitar, 76 tahun lalu, membangun pesawat layang NWG jenis Zogling bersama Nurtanio.

Puncak kreativitasnya tentu ketika membuat pesawat RI-X WEL (Wiweko Experimental Light-plane) bermesin sepeda motor Harley Davidson 750 cc, tahun 1948.

Willy Messerschmitt (1898-1985)

Merupakan salah satu perancang pesawat termashur asal Jerman. Pertama kali mendisain pesawat tahun 1921, itupun berupa glider. Tapi tak disangka, empat belas tahun kemudian Willy berhasil menciptakan Bf-109, pemburu Jerman paling legendaris. Belum lagi pemburu bermesin ganda Bf-110 atau si “kilat dari surga” (lightning from heaven) Me 262, pemburu bermesin jet.

Wernher Von Braun, Dr (1912-1977)

Pelopor peroketan Jerman. Dibawah pengawasannyalah program V-2 (A-4) diwujudkan. Ditandai dengan keberhasilan peluncuran perdana roket balistik pertama didunia itu pada tanggal 3 Oktober 1942.Setelah PD II berakhir, Braun ‘diboyong’ ke Amerika dan mengembangkan ilmu luar angkasa di negeri Paman Sam itu yang mengantarkan AS ke Bulan dengan roket Saturn V.

Yum Soemarsono (1916-1999)

Sebenarnya Indonesia kaya dengan “orang aneh”. Ada yang jatuh hingga 13 kali, contohnya. Yum, semisal lagi, dikenal sebagai satu-satunya penerbang helikopter bertangan satu. Lengan kirinya ditebas rotor heli buatannya sendiri. Namun yang mestinya harus dilebihkan, dialah Bapak Helikopter Indonesia.

Dia desain dan terbangkan sendiri empat helikopter dari tahun 1948-1964. Heli pertama bermesin BMW diberinya nama RI-H. Tapi dihancurkan P-40 Kittyhawk Belanda. Lalu dibuatnya lagi heli YSH (Yum, Soeharto, Hatmodjo) tahun 1950. Heli ketiga yang dibuatnya tahun 1953 dijuluki Soemarkopter.

Anak desa kelahiran Soko, Purworejo, 10 April 1916 ini, akhirnya membuat heli keempat dan dijuluki Bung Karno, Kepik. Di hari uji coba, 22 Maret 1964, lengan kiri Yum disambar rotor. Walau berlengan satu, “keajaiban” Yum tak pudar.

Dibuatnyalah throttle collective devise (TCD) untuk tangan kirinya agar bisa menerbangkan heli Bell 47G da 47J2A. Dengan TCD, Yum seperti menyatu dengan Bell 47J2 bekas TNI AL yang direnovasinya.Helikopter ini dinamainya Si Walet.Alat ciptaannya inilah yang membuat decak kagum pecinta helikopter Perancis, ketika didemonstrasikannya pada Bell 47G tahun 1990 lalu. Yum yang pantas disejajarkan dengan Igor Sikorsky, wafat tanggal 5 Maret 1999.

Alexander Yakovlev (1906-sekarang)

Boleh jadi merupakan desainer pesawat paling senior yang masih ada. Pertama terlibat dalam dunia penerbangan pada tahun 1923, saat membuat pesawat glider. Pesawat bermesin pertama dibuatnya tahun 1927 dengan nama AIR-1.Sejak saat itu Yak banyak berkiprah dalam pembuatan pesawat latih dan olah-raga.Namanya mencuat setelah Ia menciptakan pesawat pemburu Yak-1. Sebanyak 37.000 lawan dari Me 109 ini pernah dibuat selama PD II.

Saat ini rancangannya lebih identik dengan pesawat berkemampuan terbang V/STOL. Sebut saja Yak-38 Forger atau yang terakhir adalah Yak 141 Freestyle.

Artyom Ivanovich Mikoyan (1905-1970) dan Mikhail Iosifovich Guryevich(1892-1976)

Dua orang yang disebut sebagai legenda Rusia. Mikoyan yang anak seorang tukang kayu ini, pertama kali ikut mendesain pesawat pada jenis Polikarpov I-153. Keahliannya ditempa berdasarkan pengalaman. Sedangkan Guryevich, boleh dibilang sebagai ahli pemikir, filsafat dan matematika.

Pertama kali terlibat dalam dunia penerbangan, ketika dirinya dikirim ke Amerika untuk mempelajari DC-3, pada tahun 1937. Keduanya bertemu saat Biro Desain Eksperimental (OKB) pada tahun 1939.Mikoyan sebagai orang pertama dan Guryevich sebagai orang kedua.Desain pertamanya adalah MiG-1, pemburu untuk ketinggian tinggi.

Sejak saat itu rancangan-rancangannya yang spektakulerpun bermunculan, sebut saja MiG-15 sampai MiG-29 (Dinasti MiG). Mikoyan wafat pada tahun 1970 setelah menderita kerusakan pada klep jantungnya.

Marcel Dassault (1892)

Terlahir bernama Marcel Bloch, putera seorang dokter di Perancis. Sejak umur 13 tahun Ia tertarik dengan permainan dari listrik. Lulus sarjana aeronautik Perancis pada umur 21 tahun, namun Tentara Nazi Jerman keburu masuk. Bloch-pun lebih memilih masuk kamp tawanan Wuchenwald yang terkenal seram ketimbang bekerja sama dengan Luftwaffe.

Sejak dalam kamp tawanan itu, Bloch berganti nama menjadi Dassault. Selepas PD II, pertama kali Dassault merancang pesawat adalah generasi Mystere, penempur pertama Perancis yang mampu menembus kecepatan suara.Keajaiban rancangannya muncul saat ia mulai menggarap dinasti Mirage pada tahun 1952. Pada tahun 1986, giliran Serge Dassault, anaknya, naik menjadi pucuk pimpinan Dassault Aviation sampai sekarang.

Sumber : http://www.angkasa-online.com/10/04/tokoh/tokoh1.htm

February 1, 2009 - Posted by | HARUSNYA ANDA KETAHUI, ILMU PENGETAHUAN UMUM, TOKOH-TOKOH | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: