falahluqmanulhakiem

Mencoba berbagi, agar senantiasa berarti

MENGENAL “HAL-HAL SEPUTAR PERTANYAAN TENTANG CINTA (3).”

Benarkah ada tipe cinta yang berbeda?
Segitiga cinta dari Robert Stenberg
Enam warna cinta dari John Allan Lee
Kuis: tentukan tipe cintamu

Benarkah ada tipe cinta yang berbeda?

Apa cinta yang Anda rasakan? Boleh jadi bergelora dan penuh hasrat. Namun orang lain mungkin merasakan cinta tidak seperti Anda. Mereka tidak bergelora dalam merasakan cinta. Nah, sejak dulu para ahli menyadari perbedaan itu dan telah mencoba menyingkapkan perbedaan-perbedaan cinta yang dialami manusia.

Banyak ahli membedakan adanya 2 tipe cinta yang berbeda, yakni cinta yang penuh hasrat (passionate love) dan cinta yang penuh keintiman (companionate love). Keduanya berbeda dalam intensitas emosi yang dialami. Cinta yang penuh hasrat ditandai adanya intensitas emosi yang tinggi, dan penuh gelora. Sedangkan cinta yang penuh keintiman kurang adanya intensitas emosi, namun adanya kelekatan, keintiman dan komitmen tinggi terhadap cinta.

Sebagian ahli menemukan bahwa cinta tidak hanya terpolarisasi dalam 2 kutub berbeda seperti di atas. Berdasarkan penelitian, mereka mengidentifikasi tipe-tipe cinta yang lain, yang harus dibedakan menjadi tipe cinta tersendiri. Salah satu peneliti cinta, yakni ahli psikologi Robert Sternberg, berhasil mengidentifikasi suatu model cinta yang disebut segitiga cinta atau ‘triangle of love’. Menurutnya, cinta memiliki tiga dimensi utama, yakni hasrat (passion), keintiman/kedekatan (intimacy), dan komitmen (commitment). Peneliti lain menemukan hal yang tidak jauh berbeda. John Allan Lee, seorang antropolog, berhasil mengidentifikasi bahwa cinta terdiri dari 6 jenis yang berbeda. Identifikasinya dikenal dengan sebutan enam warna cinta atau ‘six color of love’. Lee membedakan ada tiga cinta primer, yakni eros, ludus, dan storge, serta tiga jenis cinta sekunder, yakni mania, pragma, dan agape. Sementara itu Clyde Hendrick & Susan Hendrick juga berhasil mengidentifikasi enam tipe cinta berbeda, yaitu passionate love, game-playing love, friendship love, practical love, dependent love, dan selfless love.

Selain ketiga tipologi cinta di atas, masih ada pembagian tipe-tipe cinta yang berbeda. Hampir setiap kebudayaan memiliki pembagian tersendiri. Misalnya ada yang membagi cinta dalam 4 jenis, yakni tipe cinta api, cinta air, cinta udara, dan cinta tanah. Ada juga yang membaginya berdasarkan mitologi binatang , misalnya cinta anjing, cinta merpati, dan lainnya. Pendek kata, cinta memang memiliki tipe-tipe.

Buku ini hanya akan membahas tipologi cinta menurut Robert Sternberg yakni segitiga cinta dan enam warna cinta dari John Allan Lee. Keduanya dibahas di sini karena keduanya merupakan tipologi yang paling banyak digunakan di dunia akademik, oleh karena itu cukup teruji kebenarannya.

Segitiga cinta dari Robert Sternberg

Menurut tipologi ini, cinta memiliki tiga dimensi, yakni hasrat (passion), keintiman/kedekatan (intimacy), dan komitmen (commitment). Dimensi hasrat (passion) memfokuskan pada intensnya perasaan dan keterbangkitan yang muncul dari daya tarik fisik dan daya tarik seksual. Mereka yang mengalami jenis cinta ini mengalami ketertarikan fisik yang nyata, selalu memikirkan yang dicintai sepanjang waktu, melakukan kontak mata yang intens bila bertemu, mengalami perasaan indah terlambung ke awan, mengagumi dan terpesona dengan pasangan, detak jantung meningkat bila berjumpa, mengalami perasaan sejahtera, ingin selalu bersama yang dicintai, memiliki energi besar untuk melakukan sesuatu demi pasangan, merasa memiliki kesamaan dalam banyak hal, dan merasa sangat berbahagia.

Dimensi keintiman (intimacy) menekankan pada kedekatan perasaan antara dua orang dan kekuatan yang mengikat mereka untuk bersama. Sebuah hubungan akan mencapai keintiman emosional manakala kedua pihak saling mengerti, terbuka, dan saling mendukung, dan bisa berbicara apapun tanpa merasa takut ditolak. Mereka mampu untuk saling memaafkan dan menerima, khususnya ketika mereka tidak sependapat atau berbuat kesalahan.

Dimensi komitmen (commitment) diartikan sebagai keputusan untuk tetap bersama seorang pasangan dalam hidupnya. Komitmen berarti pula mencurahkan perhatian, melakukan sesuatu yang menjaga suatu hubungan tetap langgeng, dan melindungi hubungan itu dari bahaya, dan memperbaikinya bila hubungan itu dalam keadaan kritis.

  • Kombinasi dari tiga dimensi cinta utama, menghasilkan adanya 8 tipe cinta berbeda. Satu tipe adalah nonlove, berarti tidak ada cinta. Kebanyakan hubungan antar manusia merupakan nonlove, misalnya antara guru dan murid, antara penumpang dan sopit taksi, antara pembeli dan penjual, dan sebagainya. Oleh karena itu sebenarnya hanya ada 7 tipe cinta yang benar-benar mengandung cinta.
    Liking (intimacy). Hubungan secara esensial dimaknai sebagai persahabatan. Tipe cinta ini mengandung kehangatan, keintiman, kedekatan, dan emosi positif lainnya, akan tetapi kurang adanya hasrat (passion) dan commitment.
    Infatuation (Passion). Dalam tipe cinta ini ‘cinta pada pandangan pertama’ menjadi cerita yang paling menonjol. Daya tarik satu sama lain sangat kelihatan dan menggetarkan. Gelora dan hasrat sangat tampak.
    Empty love (Commitment). Dalam cinta ini, antar pasangan memiliki komitmen untuk saling setia dan setia pula terhadap hubungan itu. Akan tetapi mereka kurang memiliki keterhubungan emosi yang dalam dan tidak pula memiliki hasrat yang mendalam.
    Romantic love (Intimacy + passion). Pasangan memiliki rasa dekat dan keterhubungan serta daya tarik fisik yang kuat. Mereka memiliki hasrat yang menyala dan memiliki kedekatan emosional. Mereka yang memiliki tpe cinta ini tidak memiliki komitmen untuk setia terhadap hubungan dan terhadap pasangan.
    Companionate love (intimacy + commitment). Dalam hubungan cinta tipe ini terdapat persahabatan yang stabil dan jangka panjang. Mereka yang memiliki tipe cinta ini memiliki kedekatan emosional yang tinggi, berkeputusan untuk mencintai pasangan, dan komitmen untuk selamanya dalam hubungan itu. Tipe hubungan ini sering disebut ‘persahabatan terbaik, dimana tidak ada ketertarikan seksual ataupun kalau ada dalam pernikahan jangka panjang daya tarik seksual akan memudar dan tidak diangggap penting.
    Fatuous love (passion + commitment). Hubungannya penuh gelora dan hangat. Akan tetapi biasanya hubungan seperti ini tidak stabil dan berisiko cepat berakhir.
    Consummate love (intimacy + passion + commitment). Ini adalah cinta yang lengkap dimana setiap orang ingin mencapainya. Dalam tipe cinta ini terdapat hasrat, terdapat keintiman, dan sekaligus terdapat komitmen. Inilah tipe cinta yang diidealkan.

Enam warna cinta dari John Allan Lee

John Allan Lee adalah seorang antropolog yang banyak mempelajari cinta. Ia mengemukakan bahwa cinta memiliki 3 jenis cinta yang utama dan 3 jenis cinta sekunder. Tiga jenis cinta primer adalah eros, ludus, dan storge. Sedangkan tiga jenis cinta sekunder adalah mania, pragma, dan agape. Tipe cinta sekunder merupakan perpaduan antara tipe-tipe cinta primer. Tipe cinta mania merupakan perpaduan antara tipe cinta eros dan tipe cinta ludus. Tipe cinta pragma adalah tipe cinta sebagai hasil perpaduan tipe cinta ludus dan storge. Sedangkan tipe cinta agape adalah perpaduan tipe cinta eros dan tipe cinta storge.

  • Berikut adalah ciri-ciri masing-masing tipe cinta, baik tipe cinta primer maupun tipe cinta sekunder.
    1. Tipe cinta primer eros.
    Daya tarik fisik dan emosional yang kuat, komitmen terhadap yang dicintai
    Penuh gairah akan cintanya
    Cinta pada orang yang diidealkan
    Cinta pada pandangan pertama, berdasarkan daya tarik fisik dan keterbangkitan fisik.

2. Tipe cinta primer ludus
Cinta dianggap sebagai suatu permainan (game-playing Love)
Tidak ada komitmen terhadap cinta dan pasangan
Tidak pernah ada kecemburuan yang sesungguhnya.
Tanpa adanya komitmen dan kecemburuan, maka cinta terbebas dari kecemasan dan selalu menyenangkan. Bagi mereka hal inilah yang dinilai sebagai cinta yang sesungguhnya.
Dapat mencintai lebih dari satu orang pada saat bersamaan
Dapat dengan mudah mencintai seseorang lalu beralih ke yang lainnya.

3. Tipe cinta primer storge
Perasaan yang ada kurang berkobar-kobar tetapi mengandung afeksi yang dalam.
Komitmen kuat terhadap hubungan yang telah dibuat
Lebih sebagai hubungan persahabatan yang membutuhkan kepercayaan satu sama lain sepanjang waktu untuk membangunnya.

4. Tipe cinta sekunder mania (kombinasi eros dan ludus)
Cinta yang obsesif, sangat intens, penuh kecemasan, dan posesif.
Orang yang dicintai dipikirkan terus menerus
Ada kebutuhan yang sangat besar untuk dicintai
Ada kebutuhan untuk menjamin cinta akan terus bertahan sampai kapanpun

5. Tipe cinta sekunder pragma (kombinasi ludus dan storge)
Cinta dipandang sebagai sesuatu yang realistik dan praktis.
Dalam menemukan yang dicintai dilihat kesamaan demografi dan kualitas kepribadian yang dibutuhkan untuk kecocokan dan lebih dari itu untuk keberlanjutan hubungan.

6. Tipe cinta sekunder agape (kombinasi eros dan storge)
Penuh perhatian pada yang dicintai tanpa adanya kepentingan pribadi.
Cinta dilihat sebagai sesuatu yang intens dan penuh persahabatan.
Mereka menambahkan kualitas cinta dengan keinginan saling menolong (altruisme), dimana kebutuhan yang dicintai didahulukan daripada kebutuhan-kebutuhannya sendiri

Kuis Cinta

Silakan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan seakurat mungkin. Jika Anda tidak sedang memiliki pasangan atau kekasih, jawab pertanyaan berikut dengan orang yang paling baru menghiasi pikiran Anda. Jika tidak, jawablah berdasarkan perkiraan respons Anda terhadap pernyataan-pernyataan yang ada.

Skala
Sangat setuju
Setuju
netral
tidak setuju
sangat tidak setuju

Skoring
Skor cintamu bisa Kamu peroleh dengan memberikan nilai berdasarkan skala di atas pada setiap item. Jumlahkan dan bagi 7. Nilai terkecil yang Kamu dapat dalam satu jenis cinta berarti itulah jenis cinta yang Kamu miliki. Bisa jadi Kamu khas memiliki salah satu jenis cinta yang ada namun bisa juga kombinasi dari tipe-tipe.

Eros
Pasangan saya dan saya saling tertarik segera setelah pertama kali berjumpa
Percintaan kami sangat intens dan memuaskan
Pasangan saya dan saya bisa dengan cepat saling terlibat secara emosional
Pasangan saya dan saya sungguh-sungguh saling mengerti satu sama lain
Pasangan saya dan saya memiliki fisik yang benar-benar sangat sesuai satu sama lain seperti campuran kimia.
Saya merasa bahwa pasangan saya sangatlah berarti, dan saya sangat berarti baginya.
Pasangan saya memenuhi standar ideal saya akan sebuah kecantikan/ketampanan.

Ludus
Saya berusaha menjaga agar pasangan sedikitpun tak ragu akan kesetiaan saya terhadapnya
Saya dapat dengan mudah melakukan selingkuh terhadap pasangan saya
Bila pasangan saya terlalu tergantung pada saya, saya akan sedikit mundur
Saya menikmati percintaan saya dengan beberapa pasangan saya
Saya percaya bahwa pasangan saya tidak akan mengetahui kalau saya menyakitinya.
Saya kadang-kadang harus menjaga pasangan saya agar tidak menemukan cinta saya yang lain.
Pasangan saya akan terganggu bila ia tahu tentang beberapa hal yang pernah saya lakukan bersama orang lain.

Storge
Sangat sulit untuk mengatakan bahwa persahabatan saya dengannya mulai beralih menjadi cinta
Saya ingin selalu menjadi sahabat bagi pasangan saya
Cinta kami didasari persahabatan yang dalam, bukan atas dasar emosi mistis yang misterius.
Untuk menjadi terlihat nyata, cinta kami memerlukan sejenak perhatian.
Cinta kami adalah cinta yang paling baik karena tumbuh setelah melalui persahabatan yang panjang.
Persahabatan kami secara perlahan berubah menjadi cinta.
Hubungan cinta kami adalah yang paling memuaskan karena dibangun dari persahabatan yang baik.

Pragma
Saya memikirkan apa yang pasangan saya akan lakukan dalam hidupnya sebelum saya memiliki komitmen terhadapnya.
Saya telah berusaha merencanakan hidup saya secara hati-hati sebelum memilih pasangan.
Menurut saya, pasangan cinta yang terbaik adalah yang memiliki latar belakang yang sama.
Sebelum melibatkan diri secara mendalam dengan pasangan saya, saya berusaha membayangkan kecocokan latar belakang keturunannya dengan latar belakang saya dalam rangka kemungkinan pemilikan anak
Bagi saya, pertimbangan utama memilih pasangan adalah persetujuan keluarga saya.
Bagi saya, faktor penting dalam memilih pasangan adalah apakah ia akan menjadi orangtua yang baik atau tidak.
Bagi saya, salah satu pertimbangan dalam memilih pasangan adalah bagaimana ia akan dapat membantu karier saya.

Mania
Ketika terjadi sesuatu yang tidak benar antara saya dan pasangan saya, perut saya mengalami gangguan
Bila pasangan saya dan saya bertengkar, saya merasa tertekan sekali bahkan kadang saya berpikir untuk bunuh diri
Kadangkala saya mendapatkan kesenangan yang luar biasa dalam merasakan cinta terhadap pasangan saya yang membuat saya tidak dapat tidur
Semenjak saya jatuh cinta terhadap pasangan saya, saya mengalami gangguan konsentrasi dan berbagai hal lainnya.
Ketika pasangan saya tidak membalas perhatian yang saya berikan padanya, saya merasa sakit.
Saya tidak dapat bersantai bila saya tahu/mengira bahwa pasangan saya sedang bersama orang lain
Bila pasangan saya mengabaikan saya untuk beberapa waktu, saya kadang-kadang merasa melakukan tindakan bodoh untuk mendapatkan perhatiannya kembali.

Agape
Saya berusaha selalu membantu pasangan saya melalui waktu-waktu yang sulit baginya.
Saya biasanya berkeinginan untuk mengorbankan keinginan saya demi pasangan saya agar mencapai apa yang diinginkannya.
Bila pasangan saya marah terhadap saya, saya tetap mencintainya sepenuhnya dan tanpa syarat.
Apapun yang saya miliki adalah milik pasangan saya untuk digunakannya, bilamana ia memilihnya.
Saya lebih suka saya yang menderita daripada pasangan saya yang menderita.
Saya tidak dapat berbahagia kecuali jika saya memberikan kebahagiaan pada pasangan saya sebelum saya sendiri.
Saya akan menanggung segala sesuatunya demi pasangan saya.

Sumber : http://psikologi-online.com

March 6, 2009 - Posted by | ARTIKEL PSIKOLOGI, INFO KELUARGA, INFO REMAJA DAN PERCINTAAN | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: